Strategi produk adalah suatu kemampuan tertentu dalam kustomisasi produk atau jasa yang sudah ada. Fase terpenting dalam strategi produk adalah fase pemilihan dan pengembangan produk atau jasa.
Fase pemilihan produk adalah proses memilih produk atau jasa yang layak untuk didistribusikan kepada pelanggan atau klien.
Fase pengembangan produk adalah proses menghubungkan keputusan produk dengan arus kas, dinamika pasar, siklus hidup produk, dan kemampuan organisasi.
Sedangkan e-commerce adalah istilah untuk semua jenis bisnis atau transaksi komersial yang melibatkan transfer informasi di internet. E-commerce memungkinkan konsumen untuk menukar barang dan jasa secara elektronik tanpa hambatan waktu atau jarak. Selama kurun waktu lima tahun terakhir, e-commerce mengalami perkembangan yang sangat pesat dan diprediksi akan terus berlanjut. Bahkan tidak lama lagi, jenis perdagangan “konvensional” akan ditinggalkan dan beralih ke jenis perdagangan “elektronik”.
Menurut sebuah penelitian oleh Forrester Research, kira-kira seperlima dari total penjualan ritel akan dilakukan secara online pada 2021 di Asia Pasifik, dengan 78% berasal dari smartphone, naik dari 63% di tahun 2016.
Grafik di atas menambahkan informasi bahwa ritel online melalui smartphone akan tumbuh sebesar 15,6%, mencapai $1 triliun pada tahun 2020, naik dari $539 miliar pada tahun 2016.
Bagaimana tidak? Kita hidup di dunia di mana kita lebih sering berkomunikasi satu sama lain melalui smartphone daripada bertatapan muka. Untuk tetap berhubungan, belanja, memanggil taksi, atau memesan makanan semuanya dimulai dan diakhiri dengan smartphone. Maka tidak heran jika e-commerce mencapai nilai investasi hingga sembilan digit dollar.
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa e-commerce merupakan bentuk strategi produk dari bisnis ritel virtual yang menjanjikan dan sudah menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat modern.
http://www.networksolutions.com/education/what-is-ecommerce/
https://blog.lemonstand.com/just-how-big-is-the-ecommerce-market-youll-never-guess/
https://yourstory.com/2017/02/e-commerce-forrester-research/