Bagaimana cara Apple memahami kebutuhan penggunanya?

manajemen_produk
kebutuhan_pengguna

(rizka amalia zp) #1

Apple merupakan salah satu perusahaan dengan tingkat kesetiaan pelanggan yang sangat tinggi. Walaupun tidak semua produk Apple memiliki track record yang bagus dari sisi kualitas, pelanggan setia Apple seakan - akan memaklumi hal tersebut dan tetap setia untuk memilih menggunakan produk -produk Apple.

Lalu apa yang sebenarnya dilakukan Apple dalam memahami kebutuhan penggunanya sehingga seakan - akan (bagi pengguna setianya) produk Apple adalah pilihan terbaik?


(Rizka Amalia Zeny Putri) #2

Menurut majalah Forbes, keberhasilan Apple dalam memahami kebutuhan pelanggannya dipengaruhi oleh kemampuan luar biasa Apple dalam meraih kepercayaan dari pelanggannya. Kepercayaan ini dapat diraih salah satunya dengan memberikan pelanggan “pandangan” atas prinsip-prinsip yang dianut oleh Apple, bukan sekedar memberikan gambaran mengenai apa yang “dilakukan” oleh Apple. Hal yang dilakukan secara terus menerus oleh Steve Jobs ini menimbulkan adanya koneksi emosional yang tinggi antara Apple dengan para penggunanya.

Para pengguna Apple memahami segala usaha dan gairah yang dimiliki oleh Apple dalam membangun produknya, oleh karena itu para pelanggan pun tidak ragu untuk tetap setia memilih Apple sebagai pilihannya dan tidak mudah “tergoda” untuk mencoba menggunakan jasa dari perusahaan lain yang menawarkan produk yang sama bahkan dengan harga yang lebih murah.

Pendapat lain yang disampaikan Marvin J. Strauss, seorang Kepala Divisi Pengalaman Pengguna di reamaze.com, ada beberpa faktor yang membuat Apple dapat dikatakan menjadi yang terbaik dalam hal memahami penggunanya, hal-hal tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Empati
    Ketika suatu perusahaan memiliki empati kepada para calon penggunanya (atau pengguna lamanya), maka perusahaan akan benar-benar memahami bahwa ia harus memberikan “lebih” kepada pengguna dibandingkan apa yang ditawarkan bahkan diberikan perusahaan lain kepada pengguna

  2. Fokus
    Agar dapat melakukan pekerjaan yang baik atas hal-hal yang telah diputuskan untuk dilakukan oleh perusahaan, anda harus bisa mengeliminasi semua kesempatan-kesempatan yang tidak terlalu penting.

  3. Branding
    Mungkin saja anda memiliki produk terbaik dengan kualitas terbaik dan perangkat lunak paling efektif. Namun jika hal tersebut ditampilkan begitu saja kepada pengguna, maka pengguna hanya akan menerimanya begitu saja. Tetapi jika anda menyampaikannya kepada pengguna dengan cara yang kreatif dan profesional, maka kualitas yang anda harapkan untuk dilihat oleh pengguna akan benar-benar sampai kepada mereka.

Ketiga hal tersebut menurutnya merupakan 3 pilar utama dari keberhasilan utama Apple menciptakan banyak sekali pelanggan yang setia kepada produk-produknya.

Referensi Forbes
Pendapat Marvin J. Strauss