Bagaimana cara ampuh membunuh rasa malas?

Rasa malas merupakan hal yang paling tidak disukai. Jika sudah rasa malas menyerang, maka manusia akan mengalami kemunduran. Tidak ada lagi yang namanya semangat dalam berjuang. Dan rasa semangat itu menyerang siapa saja dan kapan saja. Bisa jadi tiga jam yang lalu Anda rajin, namun setengah menit kemudian, tiba-tiba rasa malas menyerang.

Bagaimana cara ampuh membunuh rasa malas ?

Berikut ini beberapa tips serius untuk kalian yang ingin menghilangkan rasa malas berlebihan, yaitu :

  1. Buatlah target
    Membuat target ngga perlu yang muluk-muluk ya guys, seperti misalnya apa yang pengen banget kalian selesaikan di esok hari (tugas sekolah untuk 2 hari lagi, bikin cerpen, bikin artikel atau gambar anime yang kalian suka). Namun menyelesaikan tugas-tugas itu jangan cuman biar selesai aja, buatlah target kapan dia harus selesai dan kalian bisa beralih pada kesibukan lainnya. Karena suatu tugas kalau tidak diberikan target penyelesaian, maka akan senantiasa terus menumpuk dan kalian akan pusing saat semuanya harus selesai secara bersamaan.

  2. Jangan menunda-nunda
    Sesungguhnya, pekerjaan akan lebih dekat dengan kata “selesai” ketika anda mengerjakannya mulai dari saat pekerjaan itu diberikan. Analogi tersebut mendorong kita untuk tidak lagi menunda-nunda pekerjaan (tugas, pekerjaan rumah, les, pekerjaan kuliah dan sebagainya). Menunda identic dengan kata meremehkan atau mengulur waktu karena sulit, padahal kenyataannya adalah pekerjaan tersebut akan menjadi jauh lebih sulit ketika pekerjaan tersebut lebih dekat dengan waktu deadline pengumpulan tugas/ pekerjaan karena terlalu lama ditunda.

  3. Buatlah daftar dan jadwal harian milikmu
    Terkadang seseorang merasakan malas yang berlebihan karena pada kesehariannya tidak terdapat pekerjaan atau tanggung jawab yang harus segera diselesaikan. Hal ini lah yang akhirnya memicu timbulnya rasa malas. Rasa malas berlebih merupakan penyakit yang berbahaya karena dapat mendarah daging loh guys. Semakin sering kalian bermalas-malasan, semakin melekat juga sifat tersebut pada kita. Tidak ada salahnya untuk mulai bangkit dan menghindari malas dengan cara membuat daftar dan jadwal harian. Kalian bisa mematuhi jadwal kalian sendiri walaupun memang harus dipaksa, mintalah bantuan pada orang terdekat untuk membantumu mematuhi jadwal yang kamu buat.

  4. Berikan motivasi kepada diri sendiri
    Camkan kata-kata ini, “Orang Yang Tidak Pintar Tapi Rajin Hidupnya Akan Jauh Lebih Beruntung Dari Pada Orang Pintar Tapi Malas”. Pepatah ini bukan tercipta tanpa dasar ya guys, mereka para orang tua pasti tahu betul karena mereka sudah hidup lebih lama dibandingkan dengan kita. Berilah motivasi-motivasi kecil kepada diri sendiri. Motivasi ini bisa berupa sugesti bahwa kamu bukanlah seorang pemalas, bisa juga dengan mengatakan impian yang ingin kamu gapai berkali-kali didepan kaca, sehingga motivasi tumbuh dari dalam nurani.

  5. Jauhi tempat nyaman (zona nyaman)
    Sofa, kursi malas, tempat tidur merupakan tempat-tempat yang harus kalian hindari ya guys. Sebelum waktunya beristirahat, cobalah untuk tidak duduk di tempat-tempat tersebut. Rangsangan malas akan membawamu untuk terus meremehkan beberapa pekerjaan yang seharusnya saat itu kamu selesaikan. Hati-hati ya guys.

Kemalasan adalah keinginan untuk menganggur, untuk tidak melakukan apa-apa, dan untuk menolak usaha.

TIPS SEDERHANA UNTUK MENGATASI KEMALASAN

1. Memecah tugas ke tugas yang lebih kecil

Kita sering menghindari tugas karena kita menemukan mereka terlalu besar, terlalu besar, terlalu melelahkan, atau mengambil terlalu banyak waktu kita.

Melanggar tugas menjadi beberapa tugas yang lebih kecil dapat memecahkan masalah ini. Kemudian, masing-masing tidak akan tampak begitu sulit atau menakutkan. Daripada memiliki satu tugas besar, kita akan memiliki serangkaian tugas kecil, yang tidak memerlukan terlalu banyak usaha.

Pendekatan ini dapat diterapkan tidak hanya untuk tugas-tugas, tetapi juga untuk tujuan dan segala sesuatu yang kita miliki atau perlu melakukan. Hal ini akan cenderung mencair jauh dari kemalasan dan dalam perlawanan kita sering mengalami.

2. Istirahat, tidur dan olahraga

Dalam beberapa kasus, kemalasan adalah karena menjadi lelah dan kurang energi. Jika ini benar dalam kasus kamu, kamu harus memberikan diri kamu istirahat dan tidur yang kamu butuhkan, dan juga memberikan tubuh kamu cukup berolahraga dan udara segar.

3. Motivasi

Dalam beberapa kasus, alasan untuk kemalasan adalah karena kurangnya motivasi. Kamu dapat memperkuat motivasi kamu melalui afirmasi, visualisasi dan berpikir tentang pentingnya melakukan tugas atau tugas atau mencapai tujuan kamu.

4. Memiliki visi tentang apa dan siapa kamu ingin

Sering merenungkan orang yang kita inginkan, tujuan yang ingin kita capai, dan kehidupan kita ingin hidup, dapat memotivasi kita untuk bertindak.

5. Pikirkan tentang manfaat

Pikirkan tentang manfaat kamu akan mendapatkan jika kamu mengatasi kemalasan kamu dan mengambil tindakan, daripada berpikir tentang kesulitan atau hambatan. Berfokus pada kesulitan melaksanakan tugas, mengarah ke kekecewaan, menghindari mengambil tindakan dan kemalasan. Adalah penting bahwa Kamu memfokuskan pikiran dan perhatian pada manfaat, bukan pada kesulitan.

6. Berpikir tentang konsekuensi

Pikirkan tentang apa yang akan terjadi, jika kamu menyerah pada kemalasan, dan tidak melakukan tugas atau pekerjaan. Berpikir tentang konsekuensi dari tidak bertindak, juga dapat mendorong kamu untuk mengambil tindakan.

7. Melakukan satu hal pada suatu waktu

Fokus pada melakukan satu hal pada suatu waktu. Jika kamu merasa kamu memiliki banyak yang harus dilakukan, kamu mungkin akan merasa kewalahan dan membiarkan kemalasan mengatasi kamu, bukan kamu mengatasi kemalasan.

8. Visualisasi

Imajinasi kamu memiliki pengaruh yang besar pada pikiran kamu, kebiasaan dan tindakan. Visualisasikan diri kamu melakukan tugas dengan mudah, penuh semangat dan antusias. Melakukannya sebelum memulai dengan tugas atau tujuan, dan juga ketika kamu merasa malas, atau ketika pikiran berbisik kamu untuk Kamu untuk meninggalkan apa yang kamu lakukan.

9. Ulangi afirmasi

Katakan pada diri sendiri :

“Saya bisa mencapai tujuan saya.”
“Saya memiliki energi dan motivasi untuk bertindak dan melakukan apapun yang saya inginkan atau harus melakukan.”
“Melakukan hal-hal yang membuat saya lebih kuat.”
“Melakukan hal-hal yang membuat sesuatu terjadi.”

10. Salam tugas sebagai latihan

Pertimbangkan setiap tugas sebagai latihan untuk membuat kamu lebih kuat, lebih tegas dan lebih tegas.

11. Penundaan

Hindari penundaan, yang merupakan bentuk kemalasan. Jika ada sesuatu yang harus kamu lakukan, mengapa tidak melakukannya sekarang dan mendapatkan melalui dengan itu? Mengapa membiarkannya tinggal omelan di belakang kepala kamu?

12. Belajar dari orang sukses

Perhatikan orang-orang sukses, dan bagaimana mereka tidak membiarkan kemalasan menang. Belajar dari mereka, berbicara dengan mereka dan bergaul dengan mereka.
Mengatasi kebiasaan kemalasan dicapai melalui serangkaian tindakan dan kegiatan sehari-hari, ketika kamu memilih untuk bertindak, bukan yang tersisa pasif. Setiap kali kamu mengatasi kemalasan kamu, kamu mendapatkan lebih kuat. Setiap kali kamu memilih untuk bertindak, kamu meningkatkan kemampuan kamu untuk menang, mencapai tujuan dan meningkatkan kehidupan kamu.

Sumber : https://www.successconsciousness.com/overcoming-laziness.htm

1 Like