Bagaimana cara alami memundurkan rahang atas?

Gigi menjadi salah satu bagian tubuh yang penting untuk diperhatikan. Selain memiliki fungsi yang sangat besar, gigi juga menjadi pusat perhatian terutama ketika anda berbicara atau tersenyum di depan orang lain. Memiliki gigi yang rapi, bersih dan putih menjadi dambaan bagi kebanyakan orang. Namun, terkadang gigi yang anda miliki tidak mendukung untuk bisa memiliki barisan gigi yang nampak rapi. Seperti halnya bentuk rahang atas yang terlalu maju sehingga membuat gigi tonggos parah dari biasanya.

Berikut cara alami memundurkan rahang atas dengan mudah tanpa behel dan cara memundurkan gigi atas.

  1. Lidah
    Lidah selain berfungsi sebagai penggerak peristaltik di dalam rongga mulut, ternyata juga dapat digunakan untuk membantu menekan rahang atas mundur ke belakang. Lidah dapat menggantikan peran kawan gigi yang sering digunakan untuk memundurkan rahang atas secara medis. Caranya anda tinggal mendorong bagian gigi depan dengan menggunakan lidah saja. Meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama, namun keberhasilan cara ini dapat membantu anda untuk memundurkan rahang atas secara alami. Anda juga bisa melakukan cara agar gigi tidak terlihat tonggos.

  2. Sendok Kayu
    Kenapa sendok kayu bisa merapikan gigi? Cara alami memundurkan ragang atas juga dapat anda lakukan dengan cara memundurkan gigi selain sendok kayu. Sendok kayu merupakan peralatan sehari-hari yang banyak anda temukan di dapur. Caranya pun sangat mudah, anda bisa menggunakan sendok kayu baru ataupun yang sudah digunakan sebelumnya. Sebelum menekankan sendok kayu ke bagian rahang atas. Panaskan dahulu sendok kayu dengan cara memasukan ke dalam nasi yang setengah matang. Bisa juga dengan cara merebusnya dengan menggunakan air mendidih.

  3. Invisaligh
    Cara memundurkan rahang atas juga dapat dilakukan dengan menggunakan Invisaligh. Invisaligh merupakan behel transparan yang dapat di lepas pasang sendiri. Jika pemasangan dan cara perawatan behel permanen yang tidak dapat dilepas atau dibersihkan, maka penggunaan invisaligh lebih mudah digunakan karena bisa di gunakan kapan saja. Anda bisa menggunakan invisaligh setiap hari untuk membantu mendorong rahang atas ke belakang. Jika ingin membersihkan atau digunakan saat makan, anda pun bisa membukanya dengan sangat mudah (baca juga: cara perawatan behel fashion).

  4. Headgear
    Pada umumnya prinsip headgear dapat digunakan untuk mendorong rahang atas masuk ke dalam. Alat ini sering digunakan untuk merapikan bagian gigi yang menonjol ke depan sekaligus mendorong rahang atas masuk ke posisi yang lebih tepat. Penggunaannya pun juga sangat berbeda dengan behel. Dimana headgear di pasang di kepala dan rahang atas yang dapat anda gunakan beberapa jam setiap hari. Anda bisa menggunakannya setiap hari di malam hari ketika tidur. Namun hal ini menjadi penyebab rahang pegal.

  5. Retainer
    Cara memundurkan rahang atas dan gigi atas bisa juga dengan menggunakan retainer. Alat ini hampir sama dengan behel gigi namun dapat di lepas pasang sendiri. Biasanya retainer digunakan oleh seseorang setelah pemakaian kawat gigi. Tujuannya untuk tetap merapikan gigi yang sudah rapi dan menopang rahang atas agar dapat masuk ke dalam. Penggunaan retainer tidak harus dilakukan setelah pemakaian kawat gigi. Anda bisa menggunakan alat ini untuk memundurkan rahang atas dengan cara yang lebih mudah.

sumber: https://halogigi.com/