Bagaimana cara agar senang belajar ?

senang belajar

Khususnya para siswa dan mahasiswa ada saja yang mengganggu konsentrasi kita saat belajar entah itu dari rasa bosan, malas, dari teman, atau diri sendiripun pasti ada,bagamana cara nya sih agar senang dan enjoy dalam belajar. Bagaimana cara untuk senang belajar ?

Bagaimana cara agar kita enjoy atau senang dalam belajar?,ya saya akan mulai dari satu-persatu

1.Jika kamu tidak bisa belajar 1 jam penuh terus menerus,jangan lakukan itu.karena memang ada beberapa pelajaran yang menunjukan bahwa otak manusia tidak bisa berkonsentrasi berlebihan dalam jangka watu lebih dari 30 menit atau lebih dari 45 menit ,lebih baik kita mengikuti konsep seperti teknik pomodoro yang menyelesaikan pekerjaan dalam 25 menit dengan hanya berfokus dengan tugas tersebut yang diciptakan oleh francesco cirrilo.

Beberapa orang sering memaksakan diri dalam belajar apa lagi para siswa dan mahasiswa yang sering menerapkan teknik SKS (Sistem Kebut Semalam) pastilah tidak akan merasakan enjoy nya dalam belajar, justru yang datang malah rasa stress.

2.Lakukan Istirahat Sejenak. lakukan lah yang terbaik untuk belajar dalam setengah jam pertama,lalu ambilah istirahat sekitar 5 menit untuk mendinginkan kepala atau bisa juga sambil mengambil beberapa snack saat belajar agar tak terasa jenuh atau bisa juga cek laundry mu,beberapa olahraga seperti push up,atau apapun itu yang positif, lalu kembali lah lagi ke belajarmu dan kamu pasti bisa melakukan lebih baik dari sebelumnya.

3.Akhirnya, sebagai jawaban atas pertanyaan utama Anda tentang menikmati belajar. Apakah metode belajar itu membuat Anda bosan? seperti membaca, membuat catatan, dan mengerjakan test test latihan? Jika ya, cobalah beberapa metode baru. Temukan sumber lain. Ada ensiklopedi, video, forum diskusi, flashcards, ringkasan, banyak lagi jika Anda mencarinya.

Pertanyaan lain yang bisa Anda tanyakan pada diri Anda adalah: apakah Anda merasa bekerja dengan diri Anda sendiri membosankan?

Jika iya, kumpulkan beberapa teman-temanmu dan bentuk kelompok belajar. Atau bahkan kelompok belajar virtual,berhubung sekarangpun sudah jamannya sosial media,dan apapun yang terbaik.Beberapa hal yang perlu diingat untuk memotivasi Anda untuk belajar:Tetapkan tujuan untuk diri Anda sendiri, tahu apa yang ingin Anda capai dari semua pembelajaran itu ,berikan hadiah pada diri sendiri,atau sogoklah diri Anda, jika Anda ingin berpikir seperti itu Pastikan lingkungan belajar Anda tidak mengganggu.

referensi:

1 Like

No matter how academic you are, or how much you enjoy studying, the fact of the matter is that learning can be boring at times. - “Tidak peduli seberapa akademik anda, atau seberapa nyaman kamu belajar, faktanya adalah belajar bisa menjadi suatu hal yang membosankan disuatu saat”

Pernyataan diatas dapat dikatakan sebagai tumpuan dimana belajar merupakan hal yang dapat membuat kehidupan kita terasa bosa, namun ada juga yang menemukan kesenangannya dengan belajar. Tetapi, di titik tertentu pasti mereka yang gemar akan belajar akan merasakan kebosanan di dalam dirinya. Jadi? Apakah kesenangan dalam belajar itu sulit diciptakan? Maka dari itu, dibawah ini merupakan cara agar kita mendapatkan kesenangan dalam belajar dan tentunya kita tetap mendapatkan ilmu yang dipelajari dengan optimal.

Langkah Pertama (Mempersiapkan diri untuk kesenangan) :

1. Go To Stationery Store ( Pergi ke tempat penjualan alat tulis)
Langkah yang kelihatannya memerlukan pengeluaran. ya, benar langkah ini membutuhkan pengorbanan dimana kalian diminta untuk mengeluarkan uang untuk diri kalian sendiri dimana kalian ditunjukan untuk membeli alat-alat tulis ataupun alat-alat yang mendukung pembelajaran dirimu. Langkah ini dapat dikatakan sebagai langkah dimana kamu dapat termotivasi untuk senang dalam belajar dan mudah memahami materi yang akan dipelajari.

2. Tidy Your Room! (Bersihkan kamarmu!)
Dengan kondisi yang cukup bersih tentu kamu akan merasa senang dan nyaman dalam melakukan kegiatan belajar. Maka, cobalah untuk membersihkan tempat dimana kamu belajar agar dapat menghasilkan sesuatu yang optimal dengan apa yang telah dipelajari.

3. Turn off The Electronic (Matikan perangkat elektronik)
Lupakan tentang internet, jika kamu menggunakan perangkat elektronik lupakan sejenak ketika kamu melakukan kegiatan belajar. Maka, kamu akan merasa lebih berkonsentrasi terhadap kegiatan belajar kamu dan akan lebih merasakan sensasi dari belajar itu sendiri.

4. Add some music for ambiance (Tambahkan musik untuk suasana yang tenang)
Buat daftar musik penuh dengan musik yang tidak memiliki lirik. Seperti genre electronic/techno atau classical/jazz, layaknya musik instrumental. Jangan memulai kegiatan belajar tanpa kamu membuat daftar lagu yang akan diputar, dikarenakan kamu akan lebih terpaku pada musik yang kamu dengarkan dan fokus kamu dengan belajar akan terganggu. Selain itu, musik dapat menambahkan suasana bahagia untuk dirimu ketika melakukan kegiatan belajar, dan tentunya musik dapat meningkatkan konsentrasimu akan belajar.

Note : Musik tidak untuk semua orang, jika musik terlalu mengganggu kamu, lewati saran ini.

5.Learn for yourself, not for exams ( Belajar untuk dirimu sendiri, bukan untuk ujian)
Ini adalah pemikiran yang sangatlah salah yang dimiliki oleh kalangan anak-anak, remaja, bahkan dewasa. Jika kamu menginginkan nilai ujian yang bagus, kamu tidak perlu belajar, tetapi kamu dapat melakukan hal-hal yang lebih tidak terpuji untuk mendapatkan nilai bagus. Seperti contoh mencontek. Baik, itu adalah perilaku yang salah dan tidak patut untuk ditiru dalam kehidupan kita. Bayangkanlah bahwa dengan belajar kamu akan mendapatkan sesuatu yang pantas untuk dirimu, mungkin hasil dari belajar itu tidak secara instant kamu dapatkan, tetapi apapun itu yang kamu pelajari, pasti akan terpakai dan berguna untuk dirimu. Maka, dari sekarang mulailah untuk merubah pola pikir kita dalam belajar dan jadikanlah belajar sarana untuk bertahan hidup dan selalu bahagia dalam menjalankannya.

Quotes : “Never say ‘No!’ to a life changing opportunity. You will regret it”

Source :


Belajar penting untuk membantu kita tumbuh secara mental. Kita tidak bisa diam di tempat selamanya. Kita perlu bangkit menaiki tangga. Itulah sebabnya di sekolah ada tingkatan yang harus diraih sehingga pada akhirnya, ketika kita mencapai tujuan pencapaian, kita akan bisa menghargai diri sendiri dan orang-orang yang mencintai kita.

Belajar juga bisa membantu bangsa kita untuk menjadi progresif karena masyarakat semakin terdidik, semakin baik dalam pekerjaan nantinya. Selain mendapatkan kehidupan yang terhormat, belajar juga akan memberi kita kehormatan dan prestise yang bisa dibanggakan oleh generasi masa depan kita.

Nah, tetapi terkadang kita memiliki masalah dengan belajar, inilah beberapa gagasan untuk membuatnya menyenangkan. Artikel ini akan membuat kita untuk suka membaca buku teks, berlatih tes dan semua kegiatan terkait studi lainnya.

1. Pergi Belanja Alat Tulis

Beli notebook lucu yang memiliki kutipan hidup sederhana atau sesuatu yang kita suka di sampulnya, belilah beberapa pena warna-warni, catatan tempel, stiker, apapun yang kita butuhkan untuk belajar. Hal ini dapat memotivasi kita dalam belajar. Dengan begitu kita bisa tertarik untuk membaca catatan – catatan yang telah kita buat.

2. Bersihkan Ruang Belajar

Kita tidak ingin belajar karena ruangan kita mungkin berantakan. Bersihkan saja dan atur meja dan rak buku tempat kita belajar. Karena dengan ruangan yang bersih akan membuat kita nyaman untuk belajar, dan menambah semangat belajar kita.

3. Atur Meja Belajar

Jika meja belajar terasa sangat penuh dan membuat kita susah untuk belajar,maka buang barang-barang yang mungkin tidak diperlukan lagi di atas meja. Jika kita ingin tempat yang nyaman, aturlah meja dengan barang barang yang kita perlukan untuk belajar. Misalnya, pasang papan yang bisa menempel catatan studi kita.

4. Matikan Gadget

Lupakan internet. Jika kita terus online, itu akan mengganggu konsentrasi belajar kita. Jadi lebih baik hapus akun social media kita atau matikan ponsel. Berkonsentrasilah pada kehidupan masa depan dan rencana / impian. Fokuslah belajar untuk meraih cita cita dan impian.

5. Mainkan Musik

Buat daftar lagu/musik tanpa lirik. Seperti electronic/techno atau klasik/jazz, seperti instrumental. Jangan belajar dengan musik yang membuat konsentrasi anda tergganggu. Karena itu tidak akan membuat anda fokus belajar, tetapi malah membuat konsentrasi belajar hilang.

6. Pastikan Pintu Kamar Tertutup

Dengan kondisi kamar/ruang belajar kita tertutup itu akan mencegah suara suara bising dari luar. Sehingga kita bisa fokus dan berkomsentrasi dalam belajar.

7. Berbagi dengan Sahabat

Berbagilah dengan sahabat dekatmu mengenai kesulitanmu. Memiliki sahabat itu indah. Cobalah berbagi dengannya, dengarkan nasihatnya. Dan carilah solusi jitu bersama. Mungkin sahabatmu dapat membantu mengatasi masalahmu.

Itulah tadi beberapa cara untuk bisa membuat kita mencintai belajar. Dengan mencintai belajar, pastinya kita akan tambah semangat dalam belajar. Semakin banyak pengetahuan yang kita miliki, semakin baik keputusan yang akan kita buat, yang akan menghasilkan kehidupan yang lebih baik.

Belajar dengan baik setara dengan mendapatkan pengetahuan. Ini penting dalam kehidupan kita. Hal tersebut dapat meningkatkan pengetahuan kita, itu juga akan membuat kita menyadari perbedaan antara yang salah dan benar dan itu juga akan membantu kita untuk mengambil keputusan penting dalam setiap jalan hidup. Tidak ada yang bisa membuat kita bodoh tentang masalah apapun jika kita memiliki pengetahuan yang lengkap. Belajar juga membantu kita membangun diri sendiri.

Sumber : http://www.wikihow.com/Love-Studying