Bagaimana cara agar santan tidak pecah saat dimasak?

Santan merupakan olahan lain dari kelapa. Diambil dari perasan daging kelapa, dimana santan ini sangat baik digunakan sebagai bahan masakan maupun bahan pembuat kue

download (12)

Cara memasak dengan santan supaya tidak pecah

Tips #1: Setelah memasukkan santan kental, aduk terus masakan kamu sampai mendidih. Oke, siap-siap pegel ya tangan dan lenganmu. Pengadukan yang tidak konsisten dan terus menerus (sebelum mendidih) akan membuat santan memisah atau pecah.

Tips #2: Setelah memasukkan santan kental, pastikan api kompor dalam posisi kecil-sedang. Api yang terlalu besar akan membuat santan lebih mudah pecah.

Tips #3: Jika menggunakan dua jenis santan dalam suatu masakan yaitu santan kental dan encer. Masukkan santan encer terlebih dahulu dan masak bersama bumbu dan bahan makanan hingga mendidih. Setelah itu (tahap terakhir) baru masukkan santan kental sambil terus menerapkan poin 1 dan 2 diatas yah.

Tips #4: Untuk meminimalisir pecah, kamu bisa menambahkan sedikit tepung beras dalam santan murni atau kentalmu, aduk hingga merata. Baru kemudian masukkan dalam masakan.

Tips #5: Gunakan santan instan atau siap pakai. Ini nih cara paling simpel dan jarang kejadian santan pecah. Hal ini disebabkan santan instan dalam kemasan sudah ditambahkan bahan penstabil (emulsifier) sehingga ketika dimasak dia akan tetap atau stabil konsistensinya.