Bagaimana cara agar rambut tidak mudah rontok?

Meskipun terdengar menyeramkan, kerontokan rambut pada umumnya tidak akan menyebabkan penipisan rambut (atau bahkan kebotakan), karena memiliki kurang lebih 100 ribu helai rambut di kepala, dan helai rambut baru bertumbuh pada waktu bersamaan menggantikan rambut yang rontok. Namun adakah cara agar rambut tidak mudah rontok?

Berikut tips mencegah rambut tidak mudah rontok:

Kulit apel
Untuk cara pertama yang akan disarankan dalam cara alami mencegah rambut rontok yaitu produk buah-buahan. Buah-buahan ternyata bisa mencegah kerontokan pada rambut. Salah satu buah-buahan yang dimaksud adalah apel. Namun yang digunakan bukan daging buahnya melainkan bagian kulitnya. Kulit apel dipercaya mengandung zat penguat akar rambut sehingga mencegah kerontok pada akar rambut. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan melakukan penghancuran kulit apel dengan cara diblender kemudian jadikan sebagai masker rambut. Kulit apel tersebut dibalurkan ke rambut secara merata. Diamkan masker rambut tersebut dan coba rasakan sensasinya. Setelalah itu rambut dicuci bersih hingga tidak ada bekas masker yang tertinggal .

Bawang merah
Cara yang satu ini adalah menggunakan bahan-bahan dapur rumah yaitu menggunakan bawang merah. Bawang merah yang mudah sekali ditemukan di pasar tradisional maupun modern serta biasanya digunakan untuk bumbu masakan memberikan aroma yang menyebar dan menyengat ternyata dapat bermanfaat bagi rambut kamu. Cara penggunaannya cukup mudah dan bisa dilakukan dimana saja yaitu dengan membuat larutan bawang ini sebagai masker. Pada awalnya bawang ditumbuk hingga halus kemudian diberi air sedikit agar agak basah dan selanjutnya balurkan secara rata dan rutin . terakhir, jangan lupa untuk membersihkan masker bawang merah tersebut hingga bersih dan pastikan tidak ada aroma bawang merah yang tertinggal, karena aromanya sungguh menyengat. bisa juga lakukan dengan cara menghilangkan bau pada rambut

Daun seledri
Ternyata dedaunan pun bisa mencegah rambut rontok. Namun, daun yang digunakan tidak sembarang karena daun digunakan adalah daun seledri. Dari beberapa penelitian membuktikan bahwa daun seledri mengandung vitamin A dan vitamin B serta zat besi yang menurut beberapa penelitian dapat menguatkan akar rambut yang mencegah kerontokan. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan air rebusan daun seledri kemudian dijadikan sebagai masker rambut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu pun bisa mengkombinasikannya dengan daun teh tersebut untuk hasil yang lebih maksimal.

Kentang
Bahan alami yang kesekian ini mudah ditemukan dimana saja, yaitu kentang. Kentang ternyata dipercaya juga dalam mencegah kerontok rambut dan memperkuat akar. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan cara menyediakan kentang secukupnya, lalu coba kupas kulit kentang tersebut kemudia bersihkan permukaannya. Setelahnya dilakukan pemarutan agar kentang menjadi halus dan mudah diusapkan. Lalu lakukan pengusapan kentang ke rambut hingga kulit kepala kamu. Kemudian coba diamkan hingga beberapa menit. Setelah kamu rasakan cukup makan bersihkan masker kentang tersebut dan cuci rambutmu hingga bau kentang benar-benar menghilang . Coba lakukan cara ini dengan rutin dan benar agar khasiatnya terasa.

Gaya hidup
Cara alami yang satu ini dilakukan dengan pendekatan gaya hidup. Sudah hal yang pasti tubuh yang sehat dapat membentuk rambut yang sehat pula. Dari gaya hidup yang baik, maka sistem yang bekerja di dalam tubuh akan baik pula mulai dari peredaran darah, produksi hormon hingga respon dari luar. Apabila Kamu rutin melakukan perawatan diatas namun tanpa memperhatikan gaya hidup sehat maka bagaikan gali lubang dan tutup lubang, sehingga harus saling mendukung. Gaya hidup yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan yang bergizi serta berolahraga ringan . Untuk makanan kamu bisa mengkonsumsi yang kaya akan protein. Makanan yang kaya akan protein adalah daging, ikan, telur dan lainnya.

Sumber: