Bagaimana cara agar menjadi lebih Cerdas ?

menjadi lebih Cerdas

Pernahkah anda merasa kurang cerdas dari teman-teman sekitar anda ? apalagi jika anda tidak tahu jawaban dari pertanyaan yang diberikan dosen ataupun teman anda sendiri, pasti kita merasa malu dan kecewa. Setiap orang memiliki saat-saat dimana mereka seperti tidak tahu apa-apa dan merasa kurang cerdas dalam segala hal.

Kecerdasan itu sendiri adalah kemampuan untuk belajar dari pengalaman dan beradaptasi terhadap perubahan lingkungan. Unsur-unsur dari kecerdasan mencakup kemampuan untuk beralasan, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir secara abstarak, dan memahami ide-ide yang kompleks. Banyak studi yang bergantung pada Intelligence Quotient (IQ) untuk mengukur kecerdasan seseorang.

Para peniliti telah melakukan banyak penelitian untuk mencari bukti apakah gen memengaruhi kecerdasan. Banyak studi telah berfokus pada persamaan dan perbedaan IQ dalam keluarga. Studi ini menunjukkan bahwa faktor genetik mendasari sekitar 50% dari perbedaan dalam kecerdasan antar individu.

Kecerdasan juga sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi kecerdasaan antara lain seperti lingkungan didalam rumah, sekolah, dan nutrisi yang diberikan. Contohnya, jika seorang anak berada dilingkungan yang berisi orang-orang cerdas maka secara tidak langsung anak itu akan terbawa kearah kecerdasan orang-orang disekitarnya.

Namun, seberapa cerdas atau tidaknya anda, anda dapat mulai menjadi lebih cerdas dengan kemampuan dan niat anda sendiri. Tapi, bagaimana caranya ?

Bagaimana caranya agar kita menjadi lebih cerdas? Apa harus dengan belajar full time? Berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan kita.

1. Tingkatkan daya ingat
Sering kali, yang dianggap sebagai kecerdasan merupakan kemampuan untuk mengingat dengan baik. Mengamati sesuatu atau memperhatikan saja tidak cukup. Kuncinya adalah menyimpan informasi tersebut. Hubungkanlah hal-hal yang akan dihafal dengan hal-hal yang sudah ada dalam ingatan. Menghubungkan informasi, pengamatan, atau data baru dengan ingatan lama akan memudahkan untuk mengingat. Teruslah berlatih dan pada akhirnya anda akan menguasai teknik baru untuk belajar dan mengingat lebih cepat. Pada saat pertama kali mencoba sajalah yang mungkin paling sulit.

2. Kembangkan rasa ingin tahu
Bagaimana bisa sebagian orang tahu begitu banyak hal? Ingatan yang baik hanyalah sebagian jawabannya: Anda harus punya rasa ingin tahu. Jika anda puas menjalani hidup dengan sedikit atau tanpa pemahaman sama sekali mengenai hal-hal yang belum anda kenal, anda tidak akan banyak belajar. Usahakan secara sadar untuk lebih ingin tahu dengan mengingatkan diri sendiri bahwa meningkatkan keingintahuan akan memperluas kemampuan anda dan membuat Anda lebih cerdas.

3. Latih pikiran Anda dengan cara-cara berbeda
Kebanyakan dari kita mahir dalam melakukan hal-hal yang kita kuasai secara alami dengan melakukan aktivitas sehari-hari. Tantang diri anda untuk belajar kemampuan baru atau untuk berpikir dengan cara berbeda, dan anda akan benar-benar jadi lebih cerdas. Pilih sesuatu yang ingin anda pelajari (bermain gitar, misalnya) atau mata pelajaran yang kurang anda kuasai (mungkin matematika) dan berfokuslah pada hal itu. Pada awalnya, anda akan merasa tidak nyaman dan bahkan merasa jadi lebih bodoh dibanding sebelumnya, namun bila anda belajar dan latihan dengan rajin, anda akan lebih percaya diri, dan menciptakan sambungan baru dalam pikiran anda.

4. Bermeditasi
Jika anda bisa berlatih meditasi secara teratur, hal ini secara alami akan memperbaiki seluruh aspek. Meditasi telah terbukti secara ilmiah tidak hanya dapat meningkatkan konsentrasi, tetapi juga membuat anda merasa lebih bahagia.

5. Kerjakan PR Anda
PR untuk latihan, dan tugas kuliah untuk membantu anda mencerna apa yang baru saja dipelajari. Ketika anda melakukannya, anda akan lebih percaya diri menghadapi mata pelajaran terkait.

  • Sering kali, mengerjakan PR tidak sama dengan belajar, jadi anda tidak dapat menyebut PR sebagai belajar. Belajar melibatkan refleksi yang dalam dan terobosan pemahaman yang menyangkut dalam ingatan anda.
  • Hindari godaan untuk menunda, menyelesaikan PR mendekati deadline, atau mencontek PR orang lain. Itu bukan belajar namanya – itu hanya mengerjakan dan kemudian langsung lupa; cara seperti itu sangat tidak berguna ketika anda berada dalam dunia kerja yang menuntut anda untuk mengingat dan menggunakan pengetahuan anda.
  • Jangan belajar hanya karena harus belajar, hal ini tidak akan manjur. Carilah cara agar anda tertarik, buat belajar jadi menyenangkan dan anda akan menguasainya lebih cepat, dan mengingat lebih banyak.

6. Banyak-banyaklah membaca
Setiap hal yang diketahui manusia dapat anda temukan di media tertulis, baik itu buku dan majalah atau internet. Jadilah pembaca yang lahap, dan anda akan mengekspos diri anda akan gagasan dan informasi baru. Jika anda pembaca yang lambat, pertimbangkan untuk belajar membaca cepat. Cobalah untuk membuat catatan, dan mungkin mencari satu-dua kata dalam kamus.

  • Jika anda pembaca yang lambat, sisihkan waktu yang tak dapat diganggu untuk membaca, dan minta orang-orang agar tidak menggangu anda. Utamakan kualitas bacaan daripada kuantitas, pasang target dan siapkan hadiah kecil bagi anda untuk setiap bacaan yang selesai dibaca.

7. Ajari orang lain
Supaya dapat mengajari orang lain, Anda harus menguasai dengan cukup baik terlebih dahulu. Saat anda menjelaskan sebuah gagasan atau kemampuan pada orang lain, anda tidak hanya akan mengingat lebih baik, pertanyaan orang lain juga akan membantu anda mengetahui seberapa anda benar-benar memahami perkataan anda. Jangan sampai anda tidak mengajar karena tidak mengetahui sebuah topik, anda bisa belajar sembari mengajar. Tidak usah malu berkata, “Wow, Saya belum tahu jawabannya, mari kita cari tahu bersama!” Menyingkirkan perilaku defensif adalah tanda kedewasaan, dan kedewasaan menambah kecerdasan.

  • Bagikan apa yang anda ketahui ke orang lain secara sukarela. Pengetahuan adalah sesuatu yang sebaiknya dibagikan untuk menciptakan dunia yang lebih baik. Jangan menyembunyikan bintang di bawah batu. Bagikan pengalaman, kemampuan, bakat, dan pengetahuan anda dengan orang lain, sehingga mereka dapat bertumbuh dengan keyakinan dan kemampuan.

Sumber : http://www.wikihow.com/Become-More-Intelligent-Than-You-Are-Now

Kecerdasan itu merupakan bawaan dari orang tua mu, tapi bukan berarti kamu tidak bisa menjadi lebih cerdas dari dirimu sekarang. banyak sekali cara-cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk menjadi lebih cerdas dari kamu yang sekarang jika kamu melakukan nya secara rutin.

Inilah cara-cara mudah yang dapat anda lakukan untuk menjadi lebih cerdas

  1. Tingkatkan kemampuan ingatan anda
    Terkadang kecerdasan dianggap sebagai kemamupuan untuk mengingat hal-hal baik. memperhatikan saja tidak cukup untuk seketika mengingat informasi. Kunci utama nya adalah untuk mempertahankan informasi yang didapat dalam ingatan anda dengan cara mendalami informasi yang didapat sehingga mudah untuk mengamatinya dan mempraktekannya.

  2. Jadilah orang yang selalu penasaran
    Bagaimana sih beberapa orang bisa begitu banyak mengetahui suatu hal ? selain dari keterampilan memori yang baik anda juga harus berpikir untuk ingin tahu lebih banyak atau penasaran. Jika anda merasa puas dengan pengetahuan anda sekarang maka anda tidak akan belajar banyak hal. Buatlah diri anda untuk selalu merasa penasaran dengan suatu hal dengan keluarlah dari zona aman anda cara mengingatkan diri sendiri bahwa meningkatkan rasa ingin tahu itu akan memperluas cakrawala pengetahuan anda dan membuat anda lebih cerdas.

  3. Meditasi
    Dengan bermeditasi secara teratur maka anda dapat meningkatkan segala aspek dan kebiasaan baik anda. Terbukti secara ilmiah bahwa meditasi tidak hanya meningkatkan konsentrasi anda tetapi juga membuat anda merasa lebih bahagia. Meditasi juga dapat menjadi wadah untuk menenangkan diri dari segala keributan disekitar anda, sehingga anda dapat berpikir positif dalam mengambil suatu tindakan.

  4. Banyaklah membaca
    Tidak perlu dipungkiri lagi bahwa membaca itu suatu hal yang penting. Ibarat buku adalah jendela dunia. Hampir semua yang ingin dicari oleh manusia dapat kita temukan dengan membaca, seperti majalah, Koran,dan sebaginya. Dengan membaca kita dapat mempelajari bahasa-bahasa baru yang dapat meningkatkan kecerdasan kita, dengan membaca pun kita dapat melakukan penelitian dengan lebih mudah. Jadi tidak ada salahnya untuk selalu membaca buku setiap hari dan dapatkan ilmu sebanyak-banyaknya.

  5. Berkomunikasi dengan banyak orang
    Lingkungan sangat mempengaruhi kecerdasan seseorang. Seseorang yang dikelilingi dengan orang-orang cerdas akan berpola pikir seperti orang cerdas juga. Jangan pernah malu untuk bertanya hal-hal yang masih belum anda mengerti. Cobalah untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan banyak orang agar anda dapat menggali pengetahuan dan pengalaman dari orang-orang sekitar anda.

Referensi

Tentunya kita bisa menjadi lebih cerdas dari kita yang sekarang, asalkan kita mau terus belajar, belajar, dan belajar. Tapi ada ga sih tips untuk menjadi lebih cerdas? tentunya ada, berikut adalah tips dan cara untuk menjadi lebih cerdas :

  1. Membaca dan Terus Membaca
    Hampir semua hal baik itu pengetahuan umum,sejarah, dan matematika dapat ditemukan di media cetak, baik di buku maupun majalah atau di internet. Jadilah pembaca yang rajin dan anda akan mendapati diri anda lebih banyak gagasan, ide, dan informasi.

  2. Bergaul dengan Orang Cerdas
    Berada di sekitar orang-orang yang cerdas dapat membantu anda menjadi lebih berpengetahuan. Jangan merasa malu, tetapi berpikirlah bahwa itu berkat karena anda dapat belajar dari mereka!

  3. Tantanglah Diri Anda
    Jika anda tidak berjuang, anda tidak akan mendorong diri anda sendiri. Janganlah menganggap belajar itu siksaan. Namun, seharusnya anggalah belajar itu sesuatu yang bermanfaat. Dorong diri anda untuk menguasai gagasan baru dan mempelajari sesuatu yang baru/asing.

  4. Belajar Bahasa Baru
    Ini akan memaksa otak anda untuk mempelajari cara-cara baru dalam membangun makna, dan meningkatkan pemahaman intuitif anda tentang sistem bahasa. Belajar bahasa baru juga memiliki manfaat tambahan yaitu, dengan mempelajari semua kata baru akan membantu memperbaiki ingatan Anda.

  5. Cari Tahu Sendiri
    Jika anda tidak tahu tentang sesuatu, tahanlah keinginan anda untuk meminta bantuan orang lain. Meskipun biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk mengetahui yang anda tidak tahu dibanding bertanya. Tetapi anda akan belajar lebih banyak tentang keseluruhan proses dan anda akan mengingatnya dengan lebih baik.

  6. Mengajari Orang Lain
    Dengan anda menjelaskan dan mengajari ilmu kepada orang lain, Anda tidak hanya akan mengingatnya dengan lebih baik, anda juga akan mendapati bahwa pertanyaan orang lain akan membantu anda mengetahui seberapa baik anda benar-benar tahu apa yang anda bicarakan. Dan tentunya anda akan semakin paham dengan pengetahuan itu.

Sumber :
https://quizlet.com/74408550/how-to-become-more-intelligent-than-you-are-now-flash-cards/