Bagaimana cara agar kuku kita sehat?

Kuku untuk melindungi ujung jari yang penuh dengan urat saraf dan bagian sensitif yang ada di bawah kuku, lalu bagaimana sih caranya agar kuku kita tetap sehat ?

Cara merawat kuku:

  • Untuk kamu yang gak bisa hidup tanpa cat kuku, sebaiknya luangkan waktu sehari dalam satu minggu untuk tidak menggunakannya. Biarkan kuku-kukumu beristirahat dan mendapatkan udara agar lebih segar. Apabila telah selesai menggunakan cat kuku, pastinya masih ada noda yang tersisa pada kuku. Untuk itu, rendam tanganmu ke dalam air hangat yang telah dicampur dengan perasan jeruk nipis. Biarkan selama 15-20 menit. Fungsi air jeruk ini adalah kandungan astringent nya yang bisa menghilangkan warna kusam pada kuku. Ini juga bisa kamu lakukan bila tangan terkena noda kunyit setelah memasak.

  • Setelah memasak, atau membersihkan kosan biasakan untuk merendam tanganmu ke dalam jus jeruk yang telah dicampur madu selama 10 menit. Ini bisa membantu tangan dan kukumu tetap lembut.

  • Dibandingkan kuku kaki, kuku tangan kita pertumbuhannya empat kali lebih cepat daripada kuku kaki. Ini bisa membuat kuman serta bibit penyakit mudah masuk melalui kuku. Untuk itu, sebaiknya potong pendek kuku-kukumu.

  • Supaya kukumu gak cepet kering, pada saat penggunakan pewarna kuku jangan menghapusnya dengan penghapus berbahan kimia. Kamu juga bisa memberikan krim khusus untuk kuku.

  • Lakukan perawatan dari dalam tubuh. Minum air putih sebanyak mungkin juga bisa membuat kukumu lebih sehat dan indah. Gak hanya itu, konsumsi pula makanan yang mengandung banyak kalsium, seperti susu, makanan yang terbuat dari susu dan keju, Ikan pari dan ikan sarden, kacang-kacangan dan biji-bijian. Untuk sayuran Brokoli, kangkung, dan kangkung juga sangat bagus. Begitu pula dengan buah-buahan seperti apel merah, strawbery, pepaya, nanas, mangga, alpukat, anggur, manggis dan sebagainya.

Referensi