Bagaimana cara agar kita menyukai membaca ?

cara agar kita menyukai membaca

Membaca dinilai sebagai kegiatan yang kurang menyenangkan. Cara apa saja yang harus ditempuh agar kita dapat lebih menyukai membaca buku?

Zaman sekarang, orang semakin jarang membaca. Kebanyakan orang menganggap membaca adalah hal yang membosankan. Sekalinya mereka membaca, dorongan untuk membaca tersebut bukan dari diri mereka sendiri. Kesalahan yang paling umum adalah memaksa diri kita sendiri untuk membaca. Seharusnya membaca dianggap sebagai sesuatu hal yang menyenangkan. Membaca tidak selalu dijadikan kebiasaan, tetapi harus dijadikan sesuatu yang ingin kita lakukan. Berikut adalah cara-cara untuk menyukai membaca:

1. Cari genre buku yang anda sukai
Sebelum mulai membaca, sebaiknya kita tanyakan pada diri kita sendiri apa saja hal yang kita sukai. Selera setiap orang berbeda-beda. Mungkin teman anda menyukai genre misteri, tetapi anda belum tentu suka. Catat genre buku yang anda suka agar lebih mudah mencari buku yang tepat.

2. Mulailah mecari buku
Setelah anda menemukan genre yang anda sukai, anda bisa memulai mencari buku. Anda bisa mencari buku di website seperti GoodReads, pergi ke toko buku, dan pergi ke perpustakaan. Sebaiknya, mencari buku dilakukan dengan santai. Lihat dan baca buku yang menurut anda menarik selama 10-20 menit. Terkadang, sebuah buku tidak dapat langsung menarik perhatian anda di awal, tetapi cukup banyak buku yang mungkin membuat anda tertarik dari awal. Jika masih bingung, jangan takut untuk meminta rekomendasi dari teman atau kerabat. Jika anda kesulitan menemukan buku yang anda cari, anda bisa membeli e-book atau buku elektronik yang bisa dibaca dengan gadget.

Perlu diingat, tidak hanya cerita dari sebuah buku yang harus kita perhatikan. Terkadang kita menemukan buku yang ceritanya menarik, tetapi gaya penulisan sang penulis kurang cocok untuk kita. Bacalah sinopsis atau beberapa halaman pertama dari buku yang ingin kita baca. Jika tidak cocok tetapi anda masih ingin membacanya, coba biasakan diri anda dengan gaya penulisannya. Bisa saja saat anda membaca lebih dalam, lama kelamaan anda akan menyukai buku tersebut.

3. Cari waktu yang tepat untuk membaca
Membaca buku bisa dilakukan saat waktu luang, saat anda bosan, dll. Ingatlah bahwa anda membaca buku bukan karena terpaksa, tetapi karena anda ingin membaca. Carilah waktu luang. Tentukan juga seberapa lama anda ingin membaca dalam setiap sesi. Terkadang ada yang suka membaca sedikit demi sedikit, ada juga yang suka membaca sekaligus banyak. Untuk membentuk kebiasaan membaca, membaca buku selama 10-20 menit setiap hari sudah cukup.

4. Buat suasana membaca yang nyaman
Selain mencari waktu untuk membaca, anda juga harus membuat suasana saat membaca lebih nyaman. Suasana yang nyaman akan membuat membaca menjadi menyenangkan. Pastikan tempat anda membaca memiliki penerangan yang cukup, suhu yang nyaman, dan anda berada dalam posisi yang nyaman saat membaca. Anda bisa membaca di kasur, kursi, sofa, atau apapun yang bisa membuat anda rileks. Jangan lupa matikan handphone, TV, laptop, dan sebagainya agar anda tidak terganggu saat membaca. Jika suasana terlalu sepi atau kurang nyaman, anda bisa mendengarkan musik saat membaca. Musik yang disesuaikan dengan suasana cerita dalam buku dapat membuat cerita tersebut menjadi lebih hidup.

5. Mulailah membaca dan bersenang-senanglah
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, membaca seharusnya berawal dari keinginan diri sendiri tanpa paksaan. Buat membaca menjadi kegiatan yang menyenangkan. Selama membaca buku, cobalah mendalami cerita dalam buku yang dibaca. Waktu tidak akan terasa saat membaca dan anda akan merasakan segala hal yang terjadi dalam buku tersebut.

Sumber: https://zenhabits.net/how-to-instill-the-love-of-reading-in-your-child-or-yourself/

Membaca buku merupakan suatu hal yang sangat penting dikehidupan kita karena buku adalah jendela dunia. Berbagai manfaat dari membaca buku dapat kita rasakan secara langsung akan tetapi, banyak dari kita yang tidak suka untuk membaca buku.

Padahal, membaca buku dapat menambah wawasan kita sebagai manusia .oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat Anda menjadi gemar membaca buku.

  1. Pertimbangkan mengapa Anda ingin membaca

    Sebelum mengambil buku, Pertimbangkan apa yang ingin And baca. Jika Anda mengetahui apa yang Anda butuhkan untuk dibaca hal ini memungkinkan Anda untuk benar-benar memiliki niat untuk membaca. Apabila membaca hanyalah latihan atau sesuatu yang menurut Anda “seharusnya” Anda sukai, kemungkinan tidak akan berdampak berarti.

  2. Tentukan Sesuatu yang ingin Anda baca.

    Identifikasilah Apa yang ingin Anda baca bila Anda sudah tahu tujuan Anda membaca seperti Belajar,menghibur diri sendiri, dan lain-lain. Anda dapat menentukan jenis buku berdasarkan kebutuhan Anda contohnya, jika ingin Belajar Anda dapat membaca berbagai Ensiklopedi, Jurnal,serta referensi yang dapat membantu dalam studi Anda.Jika ingin hiburan mungkin Anda dapat membaca puisi, fiksi popular,dan sejenisnya yang menghibur.

  3. Carilah buku disekitar Anda.

    Coba lakukan pencarian cari buku popular yang sedang Anda butuhkan di Internet. Ini dapat memberikan berbagai pilihan bagi Anda untuk dapat memulai. Konsultasikan dengan pustakawan setempat. Biasanya, Pustakawan senang membuat rekomendasi bacaan.Begitu Anda tahu apa yang ingin dicari, tanyakan kepada pustakawan tersebut.Bicarakan dengan karyawan toko buku setempat.

    Biasanya, seorang karyawan toko buku suka membaca dan mencintai buku. Mereka juga dapat member rekomendasi buku yang bagus. Mengobrol dengan orang-orang yang mencintai membaca dapat memicu Anda untuk semakin ingin membaca.

  4. Pertimbangkan genre yang paling Anda nikmati.

    Anda bisa mempersempit pilihan bacaan terlebih lagi setelah memilih tipe tulisan umum dengan mempertimbangkan genre yang diinginkan. Jika Anda telah memutuskan fiksi populer, misalnya, Anda dapat memilih antara horor, fiksi ilmiah, sejarah, fantasi, roman, misteri, atau lebih banyak buku realis.

  5. Mengalokasikan waktu untuk membaca

    Manfaatkan waktu senggang Anda untuk membaca. Tergetkan minimal 10—15 menit seharinya untuk membaca karena waktu luang Anda dapat di isi dengan lebih bermanfaat.

    Ketika Anda menunggu untuk hal yang membosankan sempatkanlah membaca daripada tidak melakukan Apapun. Ketika Anda membaca secara rutin maka Anda akan merasa manfaatnya.

  6. Berdiskusi dan bergabung di komunitas

    Berdiskusi dapat menjadi cara ampuh agar kita senang membaca. Dengan berdiskusi banyak hal yang dapat kita lakukan contohnya bertukar pikiran. Saling merekomendasikan buku dengan selera yang sama memungkinkan kita untuk semakin mencintai membaca. Berbagai Acara bedah buku juga mungkin dapat dilakukan sebagai seorang yang mencintai membaca.

sumber :
http://arryrahmawan.net/8-cara-menumbuhkan-minat-baca/
http://www.wikihow.com/Love-Reading

Di era zaman sekarang ini sangat sulit ditemukan orang yang suka membaca,orang orang telah disibukkan dengan gadget dan teknologi lainnya.Sebenarnya cukup simple cara untuk mulai menyukai membaca,untuk menyingkatnya beginilah cara untuk mulai menyukai membaca:

  1. Mulailah dengan buku yang klasik atau ringan.

  2. Carilah beberapa buku pendek yang dibuat oleh pengarang terkenal,itu akan mendorong mu untuk membaca.

  3. Mulailah dengan perlahan dan nikmatilah waktu membacamu.

  4. Secara bertahap carilah buku yang lebih panjang dan coba beberapa penulis lainnya.

  5. Anda akan segera memiliki beberapa favorit baru dan Anda akan senang membaca. Saya jamin itu.

Sumber : http://worldsstrongestlibrarian.com/5615/how-i-learned-to-love-reading-and-you-can-too-guest-post-by-eric-watermolen/