Bagaimana cara agar kelinci tidak mengalami keguguran

Setiap peternak atau pemilik hewan pasti tidak ingin hewan peliharaannya sakit atau mengalami keguguran. Untuk menghindari hal tersebut adakah beberapa tips yang bisa dilakukan?

Berikut tips yang bisa dilakukan peternak atau pemelihara kelinci hamil

  1. Menjaga lingkungan induk kelinci
    Kelinci yang sedang hamil memerlukan kondisi lingkungan yang baik sehingga ia merasa aman, nyaman, dan tidak ketakutan. Baik karena orang asing atau hewan buas lainnya. Induk kelinci yang merasa ketakutan dapat menjadi gelisah sehingga mengganggu kehamilannya.

  2. Hindari infeksi berbagai penyakit
    Kelinci yang sedang hamil sebaiknya dijaga agar tidak terinfeksi penyakit. Selain membahayakan proses pengobatan penyakit tersebut juga dapat berpengaruh pada kondisi janin yang dikandungnya.

  3. Menjaga kualitas dan kuantitas makanan induk kelinci
    Layaknya manusia yang sedang hamil, induk kelinci juga memerlukan asupan makanan yang cukup baik secara kualitas maupun kuantitas sehingga ia tidak merasa kelaparan atau kehausan. Induk kelinci yang kekurangan makanan dan minuman tidak akan dapat memelihara dan meyusui anaknya dengan baik. Bahkan bisa menjadi kanibal sehingga memangsa anaknya sendiri.

Bagaimana? Sudah paham kan ciri-ciri kelinci yang mengalami keguguran? Meskipun hal ini bukanlah hal yang diharapkan namun para peternak harus memahami dan mengenali apakah hewan peliharaannya menunjukkan tanda-tanda keguguran sehingga dapat segera diantisipasi dan dilakukan tindakan selanjutnya. Apakah diistirahatkan dulu, dikawinkan lagi, ditingkatkan pemeliharaannya, dan lain sebagainya. Selain itu telah dijelaskan pula beberapa tips untuk menghindari keguguran pada kelinci yang sedang hamil yang dapat anda aplikasikan di rumah sehingga hewan peliharaan anda terhindar dari keguguran dan dapat berproduksi dengan baik.
sumber: https://arenahewan.com/ciri-ciri-kelinci-keguguran