Bagaimana cara agar ikan peliharaan mau makan ikan pelet ?

Terkadang ikan peliharaan kita tidak mau makan pelet yang diberikan. Lalu Bagaimanakah agar ikan peliharaan mau makan ikan pelet ?

Trik-trik khusus supaya ikan peliharaan mau memakan pelet yang diberikan kepadanya. Berikut beberapa caranya :

  1. Biarkan Ikan Berpuasa
    Anda bisa sedikit memaksa ikan supaya mau mengonsumsi pelet dengan memberlakukan puasa kepadanya. Biarkan ikan-ikan tersebut berpuasa selama 2-3 hari . Ikan yang sudah cukup lama tidak makan apapun ini umumnya bakal langsung bernafsu begitu melihat makanan apa saja yang ada di depannya. Pada saat itulah, Anda bisa menyebarkan pelet secukupnya ke dalam kolam atau akuarium.

  2. Pancing dengan Ikan Lain
    Anda juga dapat memancing nafsu makan ikan terhadap pelet melalui perilaku ikan yang lainnya. Syaratnya adalah ikan yang akan digunakan sebagai pemancing ini harus terbukti benar-benar suka memakan pelet dan memiliki nafsu makan yang tinggi. Tidak masalah ikan pemancing berasal dari spesies yang lain, tetapi lebih bagus bila Anda menggunakan ikan yang sejenis. Ikan-ikan lain yang melihat ikan tersebut begitu lahap memakan pelet lambat laun bakal ikut mencoba memakannya pula.

  3. Kondisikan Suhu di Akuarium
    Suhu berpengaruh sekali terhadap nafsu makan yang dimiliki oleh seekor ikan. Apabila suhu terlalu rendah, ikan mempunyai nafsu makan yang sangat sedikit. Hal ini bisa dilihat dari gerak-geriknya yang malas-malasan bila diberikan pakan apa saja. Usahakan jagalah suhu air di dalam akuarium Anda tetap berada di kisaran antara 28-30 derajat celsius, terutama ketika Anda melihat ikan sedang mogok makan.

  4. Campur dengan Pakan Lain
    Metode ini sama seperti yang biasa orang tua lakukan supaya anak-anaknya mau memakan sayuran. Caranya Anda bisa mencampurkan pelet dengan pakan yang memang disukai oleh ikan dengan perbandingan tertentu. Mulailah dengan menggunakan sedikit pelet, kemudian naikkan komposisi pemberian pelet secara perlahan. Berikan kedua pakan ini bersama-sama sehingga ikan tanpa sadar telah memakan pelet.

sumber :