Bagaimana cara agar dapat mengejar ketinggalan pelajaran ?

belajar untuk mengejar ketinggalan pelajaran

Ketinggalan suatu materi saat belajar membuat kita cenderung malas melanjutkanya, bagaimana cara mengejar ketinggalan pelajaran tersebut ?

1 Like

Hal yang paling penting adalah kamu harus mengetahui arah dalam studimu,artinya kamu perlu tahu tujuan kamu kemana dan sadar apa yang telah diketahui dan apa yang belum diketahui.Saya menyarankan kamu melakukan hal berikut:

  1. Pada hari sibuk alokasikan waktumu untuk pekerjaan rumah atau tugas dan waktu untuk belajar setiap harinya,ini akan membuatmu lebih disiplin.

  2. Setiap harinya,sesaat sebelum kamu tidur,alokasikan1 jam untuk menyelesaikan tugas dan berikutnya untuk mengulang pelajaran yang telah dipelajari.

  3. Buatlah catatan kecil dari apa yang telah kamu pahami dan apa yang masih kamu belum pahami dari pelajaran tadi.

  4. Pada 5 menit terakhir, kamu harus membuat refleksi pada apa yang telahkamu pelajari hari ini

  5. Dengan melakukan refleksi kamu akan mengetahui secara pasti apa yang kamu tahu dan tidak tahu

Sumber : https://www.quora.com/What-is-the-best-way-to-catch-up-with-your-studies-if-you-have-fallen-behind

Sebagai pelajar, ketinggalan materi pelajaran terkadang tidak dapat dihindari. Meskipun kita sudah berusaha sebaik mungkin, seringkali kita masih bingung dengan materi, catatan yang berantakan, dan tidak hadir dalam kelas. Jangan putus asa! Hanya karena anda ketinggalan materi bukan berarti anda tidak bisa melanjutkan. Ada beberapa cara untung mengejar ketinggalan materi dalam kelas:

1. Datang ke kelas

Jika anda sudah ketinggalan kelas sebelumya, sebaiknya anda mengikuti kelas yang masih bisa dihadiri. Lebih baik anda mendapatkan materi baru daripada tambah ketinggalan di belakang. Ini memastikan anda mendapatkan materi selagi anda mengejar materi yang tertinggal.

2. Buat catatan

Catatlah materi yang diberikan di kelas sebanyak mungkin walaupun anda tidak mengerti materinya. Catatan akan membantu anda nanti saat mengulang pelajaran. Tak hanya itu, catatan juga akan membantu saat anda meminta bimbingan dari teman atau guru.

3. Banyak-banyaklah berteman

Memiliki teman dapat membantu kita dalam mengejar materi yang ketinggalan. Tanyalah kepada teman-teman anda tentang materi yang tertinggal. Teman anda dapat membimbing dan membantu mengejar materi yang tertinggal. Lakukanlah diskusi dan sesi belajar bersama sebelum kelas dan ujian.

4. Minta bimbingan ke guru atau dosen

Jika anda ketinggalan materi, anda dapat meminta guru atau dosen untuk menjelaskannya kembali di luar waktu kelas. Jelaskan apa saja materi yang ketinggalan dan materi yang masih belum dimengerti. Guru atau dosen akan dengan senang menjelaskan dan membimbing anda.

5. Kerjakanlah PR dan tugas

Terkadang, anda tidak ingin mengerjakan tugas, tetapi mau tidak mau kita harus mengerjakannya sebaik mungkin. Sisihkanlah waktu luang anda untuk mengerjakan tugas. Tugas dapat membantu mengerti lebih banyak tentang materi yang dipelajari.

Sumber: http://blog.gradguard.com/2013/02/26/how-to-catch-up-in-a-class-when-youve-fallen-behind/

Melakukan Studi bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan demi mendapatkan Ilmu yang bermanfaat. Dalam suatu Studi ada situasi dimana kita tidak dapat memahami suatu materi atau konsep, tapi bagaimana jika hal tersebut menjadi awalmula yang buruk bagi studi Anda? Kita semua pasti pernah mengalami posisi itu.

Namun,jika Anda berada dalam situasi ini, beberapa perencanaan yang efisien dan sedikit disiplin bisa membantu Anda dalam mengurangi penderitaan Anda.

Berikut adalah beberapa tips tentang cara mengejar saat Anda tertinggal dalam Pelajaran Anda.

  1. Cari tahu Apa yang harus Anda akan lakukan.

    Cantumlah pekerjaan yang belum Anda kerjakan. Untuk mengejar ketinggalan pada pembelajaran, Anda harus mulai dengan memikirkan dengan tepat apa yang dibutuhkan untuk mengejar ketertinggalan. Mulailah dengan menulis daftar yang mencakup semua pekerjaan yang perlu diselesaikan. Ini harus mencakup tugas yang sudah lewat dan juga pekerjaan yang akan datang dalam waktu dekat.

    Untuk setiap tugas masing-masing, catat tanggal dan waktu tentang apa, tepatnya, yang masih perlu Anda lakukan. Jika terdapat beberapa materi yang masih belum Anda pahami, cobalah untuk mencatatnya.

  2. Bertemu dengan guru atau tutor Anda.

    Mintalah pertolongan pada guru atau tutor Anda untuk bertemu selama beberapa menit untuk mendiskusikan situasinya. Biarkan mereka tahu bahwa Anda berada di situai untuk mencoba untuk mengejar ketinggalan.

    Tanyakan apa bantuan atau saran yang bisa mereka berikan. Mereka mungkin memiliki saran tentang bagaimana Anda bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat atau lebih efisien. Mereka juga dapat memberi tahu Anda tugas mana yang paling penting untuk dinilai.

    Dalam beberapa kasus, guru mungkin bersedia memberi Anda perpanjangat tenggat waktu, terutama untuk pekerjaan yang belum sampai sekarang. Jika Anda menunjukkan dengan tulus dalam keinginan untuk mempelajari materi, beberapa guru akan memberikan toleransi.

  3. Prioritaskan daftarnya.

    Setelah bertemu dengan guru Anda, urutkan beberapa hal dalam daftar Anda sesuai kepentingannya. Dalam memprioritaskan pekerjaan perhatikan nilai masing-masing tugas. Pertimbangkan bagaimana keadaanmu. Anda harus memprioritaskan tugas-tugas yang akan membuat perbedaan nilai Anda. Jika ada kelas yang berisiko gagal, tugas dari kelas ini akan menjadi hal yang terpenting.

  4. Luangkan waktumu selama beberapa jam.

    Jika Anda merasa benar-benar sibuk tanpa waktu luang,Sempatkanlah waktu Anda untuk duduk dan memulai pada satu pekerjaan. Cobalah untuk meluangkan satu jam di suatu tempat dan suatu situasi. Bahkan jika Anda tidak menyelesaikan apa yang Anda mulai kerjakan, Hal itu menunjukan bahwa Anda membuat kemajuan.

  5. Berdiskusi dengan teman belajar

    Mendapatkan dukungan dari teman yang mau membantu Anda adalah langkah yang tepat. Aturlah waktu belajar di rumah tau perpustakaan tetapkan bersama, dalam diskusi bandingkan catatan dan gagasan atau bahkan hanya membicarakan hal-hal dalam pembelajaran. Anda dapat menyadari bahwa dukungan serta memiliki kebiasaan belajar yang baik dapat membantu Anda agar tidak tertinggal dalam pelajaran.

Sumber :