Bagaimana cara agar dapat belajar lebih keras ?

Di era globalisasi ini, kita pelajar dituntut untuk terus belajar keras mengikuti standar pendidikan yang terus meningkat.

Gimana sih cara untuk belajar lebih keras ?

Mari akui bahwa belajar itu sulit. Belajar tidak menyenangkan, dan kadang bisa sangat sulit untuk tetap fokus pada tugas yang didapat. Akan tetapi, sangat penting untuk belajar dengan baik di kelas dan berpengetahuan banyak. Meskipun belajar bukan aktifitas favorit siapapun. Ini adalah 6 cara untuk belajar keras sambil mempertahankan fokus.

1. Jadwalkan

Jangan hanya berasumsi bahwa kamu akan belajar ketika ada waktu luang. Apa yang terjadi selanjutnya sering sekali terjadi, kau tidak akan belajar sama sekali Karena kau tidak menyisakan waktu spesifik untuk itu. Cari waktu yang paling pas untuk belajar. Kemungkinan, semakin banyak waktu yang kamu gunakan untuk belajar maka semakin fokus seiring waktu.

2. Buatlah situasi yang nyaman

Jika mendengarkan musik adalah keharusan, gunakan headphone sambil belajar. Yang lain lebih memilih sunyi saat belajar. Beberapa orang lebih nyaman menggunakan celana olahraga saat belajar, sementara yang lain lebih memilih berpakaian lengkap untuk menjaga tetap bangun. Kopi atau teh mungkin pilihan bagus untuk menjaga kewaspadaan, tapi jangan mengkonsumsi banyak kafein untuk menghindari dampak negatifnya. Dengan membuat dirimu nyaman dan fokus, kau harus sedang dalam mood belajar yang baik. Saat itu akan membantu konsentrasi dan ketahanan untuk belajar dalam jangka waktu lama tanpa berhenti.

3. Kumpulkan bahan materi

Buku, catatan, laptop, publikasi, stabilo, pulpen, snack – kumpulkan di satu tempat. Pastikan kamu tidak perlu beranjak atau mengambil barang pada saat sesi belajar berjalan. Itu hanya akan mengganggu fokus dan membuat kembali ke situasi sebelumnya menjadi lebih sulit. Coba untuk mengumpulkan semua di satu tempat untuk memastikan meminimalisir gangguan yang tidak perlu.

4. Jadwalkan istirahat sementara

Bahkan yang paling sering belajar diantara kita bisa lelah dan bosan setelah beberapa saat. Semua bacaan dan hafalan pada buku dan komputer dapat melelahkan secara mental dan fisik. Pasang alarm atau pengingat untuk mengambil istirahat sementara dari proses belajar. Berdiri, lakukan pemanasan, lari di tempat, dan minum air secukupnya. Pastikan istirahat tidak terlalu lama atau kefokusan belajar akan hilang seluruhnya. Tujuan dari istirahat sebentar ini adalah untuk memastikan kamu tidak kelelahan dan kembali menyegarkan semangat belajar untuk melanjutkan belajar.

5. Menjadi pelajar yang aktif

Belajar dengan pasif hanya sekedar menulis catatan, membaca, dan tidak mengevaluasi informasi yang diberikan. Belajar dengan aktif, disisi lain meliputi diskusi dan analisis. Aktif dalam belajar dapat membantu memastikan memahami materi sepenuhnya, dan itu juga membuat informasi menempel pada otak. Pertimbangkan belajar dengan yang lain dan lakukan diskusi tentang materi daripada hanya duduk dan membaca buku. Merubah kebiasaan belajar seperti ini juga menjamin kamu akan belajar lebih keras dan dalam waktu yang lebih lama. Melakukan satu terlalu lama dapat membuatmu kelelahan.

6. Temukan tempat belajar yang ideal

Perpustakaan dan kedai kopi adalah tempat belajar yang sangat popular, seperti kamar dan ruang belajar di daerah akademik. Pilih tempat belajar berdasarkan tingkat gangguan yang dapat ditangani. Contoh : jangan memilih tempat di kedai kopi jika kamu merasa terganggu setiap ada orang yang lewat atau memasuki kedai kopi. Juga penting mencari tempat yang mudah membuat tubuhmu rileks dengan mudah. Jika menyukai perpustakaan di sekitar, tapi kursinya tidak terasa nyaman, pertimbangkan untuk mencari tempat lain. Kamu pasti tidak mau terganggu dengan tempat duduk yang tidak nyaman, pencahayaan yang buruk, atau terlalu berisik.

Sumber:

10 tips belajar dengan cermat, bukan giat:

Hasil yang lebih baik berarti lebih banyak pilihan dan kesempatan. Jadi, ambil beberapa tip penelitian baru, dan buktikan kemampuan anda yang luar biasa dalam tugas dan ujian anda.

  1. Jangan melewatkan kelas

    Siswa yang mendapatkan nilai A tidak pernah melewatkan kelas. Mereka juga tidak pernah melewatkan awal atau akhir kelas, karena pengumuman penting tentang ujian dan projek sering diberitahukan pada waktu tersebut. Jika anda merasa kehilangan konsentrasi selama kuliah, rekamlah pembelajarannya dan dengarkan ketika kelas sudah selesai.

  2. Mengkaji ulang catatan anda sekilas dan berkala

    Setelah kuliah atau kuliah, baca catatan anda dengan sekilas. Ini membantu menyimpan informasi dalam memori jangka panjang anda.

  3. Mengatur catatan secara visual

    Ini membantu untuk menulis ulang poin kunci dari kelas atau subjek sebagai diagram, cobalah menggunakan diagram pemetaan pikiran atau diagram alir, atau kode warna elemen kunci dari topik. Kemudian anda bisa melirik sekilas sebelum masuk ujian.

  4. Rencanakan ke depan

    Pastikan anda memberi cukup waktu untuk tugas dan revisi ujian. Pada awal setiap waktu, catat tanggal jatuh tempo dan tanggal ujian pada perencanaan, dan jadwalkan waktu untuk mengedit dan ulasan akhir.

  5. Menjelaskan hal kepada orang lain

    Ini membantu anda mendapatkan lebih banyak hal di kepala and ajika anda mencoba menjelaskan jawaban anda secara lisan kepada orang-orang yang tidak terlalu tahu tentang subjek ini. Orang tua dan saudara anda bisa berguna untuk ini.

  6. Bergabung dengan kelompok belajar

    Anda masih bisa memiliki kehidupan social dan belajar, bergaul dengan teman anda, dan saling bertukar ide satu sama lain. Anda mungkin mendapatkan perspektif baru mengenai sebuah topik, atau mengerjakan tugas dengan lebih baik. Kelompok belajar online juga bisa bekerja untuk hal ini.

  7. Tetap positif

    Semuanya bermuara pada sikap. Bersikaplah antusias terhadap subjek anda, dan gunakan afirmasi positif untuk mengatakan pada diri anda bahwa anda akan berhasil dan memenuhi tujuan anda.

  8. Percaya naluri anda

    Jika anda mendapat tekanan dalam ujian, jangan ragu-ragu dengan diri anda. Dalam kebanyak kasus, jawaban pertama yang anda pikirkan akan menjadi keputusan yang benar. Jika anda benar-benar tidak yakin, catat itu dan teruskn ke pertanyaan yang bisa terlebih dahulu, anda dapat selalu kembali nanti jika punya waktu.

  9. Ujilah guru anda

    Tanya guru anda sebelum ujian, pastikan anda tahu persis apa yang akan dibahas dan jenis pertanyaan yang akan keluar. Mereka mungkin memiliki beberapa makalah praktik yang bisa anda coba dulu.

  10. Memberi nutrisi ke otak dan tetap sehat

    Makanlah dengan baik. Makanan untuk otak yang baik meliputi ikan, kacang-kacangan, blueberry, dan yoghurt. Cukup tidur, dan tetap aktif dalam beberapa waktu agar tetap bugar. Oksigen juga membantu ingatan dan konsentrasi anda, jadi beristirahatlah dan dapatkan udara segar. Banyak orang memiliki gagasan terbaik dari meja mereka, jadi jika anda benar-benar tidak dapat mendapatkan inspirasi, cukup keluar dan berkeliling taman. Itu mungkin cukup membantu untuk mendapatkan inspirasi.

Sumber :

1.Pelajari informasi yang sama dengan berbagai cara.

Penelitian menunjukkan bahwa media yang berbeda merangsang berbagai bagian otak. Semakin banyak area otak yang diaktifkan, semakin besar kemungkinan Anda memahami dan mempertahankan informa. Untuk mempelajari topik tertentu, Anda dapat melakukan hal berikut:

  • Baca catatan kelas
  • Baca buku teks
  • Cari sumber online lainnya
  • Buat peta pikiran
  • Lakukan masalah praktik dari berbagai sumber

Tentu saja, Anda tidak akan dapat melakukan semua hal ini dalam sekali duduk. Tapi setiap kali Anda meninjau topik, gunakan sumber atau metode yang berbeda - Anda akan belajar lebih cepat dengan cara ini.

2.Pelajari beberapa subjek setiap hari, daripada berfokus hanya pada satu atau dua subjek.

Ini lebih efektif untuk mempelajari banyak subjek setiap hari, daripada menyelami lebih dalam satu atau dua subjek.

Misalnya, jika Anda mempersiapkan ujian matematika, sejarah, fisika, dan kimia, lebih baik mempelajari sedikit setiap pokok bahasan setiap hari. Pendekatan ini akan membantu Anda untuk belajar lebih cepat daripada dengan hanya berfokus pada matematika pada hari Senin, sejarah pada hari Selasa, fisika pada hari Rabu, kimia pada hari Kamis, dan seterusnya.

Mengapa?

Karena Anda cenderung bingung informasi serupa jika Anda mempelajari banyak topik yang sama dalam satu hari.

Jadi untuk belajar cerdas, terbentang waktu belajar Anda untuk setiap subjek. Dengan demikian, otak Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengkonsolidasikan pembelajaran Anda.

3.Tinjau informasi secara berkala.
Peninjauan berkala sangat penting jika Anda ingin memindahkan informasi dari ingatan jangka pendek Anda ke memori jangka panjang Anda. Ini akan membantu Anda mendapatkan nilai ujian yang lebih baik.

Interval review yang optimal bervariasi, tergantung pada berapa lama Anda ingin menyimpan informasinya. Tapi pengalaman - baik saya sendiri maupun melalui kerja sama dengan siswa - mengatakan kepada saya bahwa interval tinjauan berikut berjalan dengan baik

4.Duduklah di depan kelas.

Jika Anda bisa memilih tempat Anda duduk di kelas, ambil tempat duduk di depan. Studi menunjukkan bahwa siswa yang duduk di depan cenderung mendapatkan nilai ujian yang lebih tinggi.

Rata-rata nilai siswa, tergantung di mana mereka duduk di kelas. Ini berarti bukan hanya kasus siswa yang lebih termotivasi memilih duduk di depan, dan kurang termotivasi. siswa memilih duduk di belakang. Dengan duduk di depan, Anda bisa melihat papan tulis dan mendengar gurunya lebih jelas, dan konsentrasimu akan membaik juga.

5.Jangan multitasking

Penelitian menyatakan Multitasking membuat Anda kurang produktif, lebih terganggu, dan Studi bahkan menunjukkan bahwa orang yang mengaku pandai multitasking sebenarnya tidak lebih baik dari pada rata-rata orang.

Siswa yang efektif hanya fokus pada satu hal pada satu waktu. Jadi, jangan mencoba untuk belajar sambil juga sebentar-sebentar membalas pesan teks, nonton TV, dan mengecek umpan Twitter Anda.

6.Catat dengan tangan, bukannya menggunakan laptop Anda.

Ilmuwan merekomendasikan hal ini, dan bukan hanya karena Anda lebih cenderung menyerah pada gangguan online saat menggunakan laptop Anda. Bahkan saat laptop digunakan hanya untuk pencatatan, pembelajaran kurang efektif

Mengapa?

Karena siswa yang mencatat dengan tangan cenderung memproses dan membingkai ulang informasi. Sebaliknya, pencatat catatan laptop cenderung menuliskan apa kata guru word-for-word, tanpa terlebih dahulu memproses informasinya.
Dengan demikian, siswa yang mencatat dengan tangan tampil lebih baik dalam tes dan ujian.

Sumber :

Belajar keras adalah konsep belajar yang diperlukan siswa untuk mencapai apa yang ditujukan. Konsep belajar yang dapat dilakukan yaitu:

Buat Rencana Studi

Lihatlah mengapa penting untuk mengembangkan rencana studi agar sukses di perguruan tinggi. Pelajari langkah untuk menciptakan rencana studi yang realistis dan efektif, dan jelajahi cara untuk memastikan Anda menindaklanjuti rencana pribadi Anda.

Kelola Waktu Anda

Temukan jumlah waktu belajar yang direkomendasikan per jam kredit, dan lihat apakah Anda sudah cukup menginvestasikan waktu di setiap kursus. Cari tahu bagaimana cara menghindari kesalahan belajar terlalu banyak, dan jelajahi lima tip untuk manajemen waktu yang efektif.

Ambil Catatan Efektif

Pelajari cara menghemat waktu dan energi dengan menggunakan strategi pengambilan keputusan yang efektif baik untuk kelas tradisional maupun online. Jelajahi cara untuk menerapkan penilaian yang baik saat memutuskan apa yang harus dituliskan. Anda dapat memaksimalkan produktivitas Anda dengan memanfaatkan tip-tip ini untuk mengatur dan mengambil catatan kelas.

Baca Teks Perlahan Sebelum dan Sesudah Kelas

Telusuri cara untuk membaca lebih efisien dan mendapatkan hasil maksimal dari buku teks Anda. Analisis langkah-langkah bacaan yang efektif ini untuk melihat apakah Anda telah membaca dengan benar. Pelajari cara mengurangi waktu belajar Anda dengan menggunakan tip ini untuk membaca lebih cerdas.

Belajar Pintar Sebelum Ujian

Menemukan trik yang telah terbukti untuk membantu Anda mengingat informasi pada hari ujian. Anda akan menemukan metode yang sesuai untuk berbagai jenis kursus dan ujian. Dengan menggunakan tip penghafalan ini, Anda akan mengurangi waktu persiapan tes untuk setiap kursus dan akan lebih mungkin mengingat informasi penting yang akan membantu Anda dalam kursus masa depan juga.

Gunakan Strategi Uji Coba pada Hari Ujian

Pelajari bagaimana Anda dapat tampil lebih baik pada hari uji coba dengan mengikuti beberapa tip pemeriksaan sederhana. Jelajahi cara untuk mempersiapkan secara fisik dan mental, serta tip untuk mendapatkan poin pada berbagai bagian tes Anda. Lihat bagaimana strategi posttest dapat membantu Anda menguasai materi dan meningkatkan nilai Anda pada ujian di masa depan.

Pertahankan Studi Anda

Tangkap bagaimana Anda bisa mempertahankan dan membangun apa yang telah Anda pelajari di kursus Anda. Jangan biarkan pengetahuan dan kerja keras Anda sia-sia belaka. Jelajahi cara untuk melestarikan materi kursus yang berharga dan tetap mengikuti perkembangan di bidang Anda.

Mengelola Stres Anda

Pelajari berbagai jenis stres dan gejala stres yang merugikan. Lihat bagaimana Anda bisa mengenali pemicu stres bersama Anda sendiri. Anda dapat mengembangkan cara untuk menciptakan penyangga dan bersiap baik secara mental maupun fisik untuk menangani situasi stres selama karir akademis Anda.

Latih Otak Anda untuk Pelatihan Memori yang Optimal

Lakukan beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan Anda mengingat informasi. Otak Anda seperti otot yang membutuhkan olahraga teratur dan bervariasi. Pelajari cara untuk merangsang berbagai bagian otak Anda dan jaga agar otak Anda tetap sehat untuk meningkatkan kinerja akademis Anda.