Bagaimana Cara Agar Belajar Menjadi Lebih Menyenangkan?

Saat belajar di kelas maupun saat belajar di kamar kadang kita merasa bosan sehingga mood menjadi jelek lalu kehilangan minat belajar atau ilmu yang masuk akan langsung keluar. Apakah kalian tahu cara agar belajar di kelas maupun belajar secara mandiri menjadi lebih menyenangkan ?
2 Likes

ada beberapa tips agar belajar lebih menyenangkan, yaitu:

  1. sedikan tempat yang nyaman untuk belajar. banyak dari kita memilih belajar sambil rebahan dikasur. rebahan di kasur memang nyaman, tetapi untuk beristirahat. belajar sambil rebahan di kasur bisa membuat badan pegal dan konsentrasi kita buyar. bahkan tertidur saat belahar sambil rebahan. pilihlah tempat duduk untuk belajar. usahakan tempat duduk memiliki sandaran dan busa yang nyaman untuk duduk. selain itu, sediakan meja yang posisinya tidak terlalu rendah dan tinggi dari posisi dudukmu.
  2. sediakan alat-alat yang digunakan untuk belajar. jika terbiasa meminjam alat-alat untuk belajar kepad teman, saat ini siapkanlah sendiri alat-alat itu. alat-alat yang mendukung belajar bisa membuatmu mudah untuk belajar.
  3. pastikan koneksi internet baik. koneksi internet yang baik akan memudahkan kita untuk tetap terhubung dengan guru maupun dosen saat belajar dari rumah.
  4. sediakan camila. sepaya tetap semangat dan tak lelah saat belajar, sediakan camilan seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dan camilah berkalori tinggilainnya.
  5. jauhkan benda yang membuatmu kurang fokus. gangguan bisa datang dari televisi, mainan, atau smartphone. saat ini kurangilah akses ke kegiatan-kegiatan yang bisa menggangu belajar di rumah.
  6. pastikan ruangan memiliki pencahayaan yang maksimal. suapaya mata dan kepala tak pusing. selain itu, belajar ditempat redup atau cenderung gelap akan membuat kita malas. mata kita akan bekerja keras untuk melihat sehingga lama-kelamaan akan membuat mata cepat letih dan mengantuk lebih cepat.
Referensi

kompas.com

1 Like
Belajar yang menyenangkan bisa melakukan hal berikut:
  1. Tetapkan tujuan dari pembelajaran
    Menetapkan tujuan belajar untuk diri sendiri, yang menurut kamu realistis dan menentukan komitmen lainnya. ini sangat penting untuk kamu untuk membuat kebiasaan dalam belajar. Kamu bisa mengatur diri sendiri untuk membuat belajar menjadi menyenangkan dengan membagi beberapa bab untuk dipelajari per-malamnya.

  2. Temukan apa yang cocok untuk kamu belajar.
    Ada banyak cara untuk belajar, dan penting untuk menyesuaikan teknik belajar untuk menemukan apa yang menyenangkan untuk kamu. Beberapa orang merasa membaca dengan keras membantu, yang lainnya suka membuat catatan tulisan tangan daripada mengetik. Temukan apa pun yang paling cocok untuk kamu, dan tetap menggunakannya.

  3. Tinjau materi pada hari yang sama pada saat kamu sedang mempelajarinya.
    Setelah membuat catatan ketika setelah sekolah atau ketika kamu sedang belajar, pastikan kamu mempelajari lagi semua materi yang kamu catat dan kamu pelajari. Meninjau dapat membantu penyerapan material dalam jangka panjang.

Source

Self-Studying: What's the Benefit and How to Do It | IvyWise

1 Like

Cara agar belajar lebih menyenangkan versi saya, yaitu:

  1. Persiapkan bahan yang akan dipelajari, persiapan ini membuat saya lebih antusias ketika ingin mempelajari sesuatu.
  2. Siapkan tempat yang nyaman, tempat nyaman dapat meningkatkan konsentrasi belajar.
  3. Temukan teknik belajar yang cocok dengan diri kita, apakah gaya belajar kita masuk ke dalam metode visual, audio, atau kinestetik.
  4. Suasana belajar juga mempengaruhi, lho. Saya sendiri lebih semangat ketika belajar sambil mendengarkan musik.
1 Like

Menurutku, hal mendasar supaya belajar jadi lebih menyenangkan adalah kita harus menyukai pelajaran/bidang tersebut karena kalau kita mempunyai ketertarikan yang besar dalam bidang tersebut, sesulit apapun itu pasti kita akan senang saja mempelajarinya. Tidak hanya itu, menyukai pelajaran/bidang tertentu akan memancing rasa ingin tahu kita yang mana sangat diperlukan dalam proses pembelajaran.

Belajar dengan menyenangkan dapat kita lakukan dengan mempersiapkan diri dan pikiran kita untuk bisa fokus terhadap apa yang akan kita pelajari, mempersiapkan peralatan dan bahan seperti buku dan lain sebagainya, membawa sedikit cemilan dan air minum, serta jika kalian menyukai musik bisa juga dengan menyalakan musik klasik atau sejenisnya agar mendukung dan meningkatkan konsentrasi belajar.

1 Like

menurut ku cara supaya belajar jadi lebih menyenangkan yang pertama mempersiapkan mood yang baik supaya kita siap menerima semua materi pembelajaran, lalu persiapkan semua keperluan belajar yang dibutuhkan.

Cara belajar efektif dan menyenangkan memang dibutuhkan setiap pelajar dan juga mahasiswa, karena belajar itu tidak hanya kewajiban namun juga kebutuhan. Tiap orang pasti memiliki metode dan kondisi tersendiri yang bisa bikin kegiatan belajar mereka efektif.

Buat ruangan kamar kamu jadi nyaman untuk belajar. Kamar yang bersih dan nyaman akan bikin suasana pikiran jadi tenang, jadi kamu bisa belajar secara fokus. Kalau kondisi kamarmu berantakan dan sumpek, otomatis fokus kamu akan terpecah belah, antara mau belajar atau membereskan kamar.

Sesuatu yang berlebihan itu nggak bagus, termasuk waktu belajar. Kalau kamu memaksakan diri belajar dalam waktu lama yang ada malah nggak akan mendapat apa-apa. Tentukan waktu ideal untuk belajar, yaitu sekitar 1-2 jam, dengan syarat kamu benar-benar fokus dengan materi yang dipelajari. Kalau ingin belajar materi yang lain, beri jeda terlebih dulu sekitar 30 menit.

Musik dan suara-suara menenangkan juga bisa menjadi alat bantu untuk bisa fokus. Dalam hal ini, sebaiknya hindari lagu atau musik yang biasa didengarkan, karena justru bikin kamu fokus pada lagu tersebut daripada materi pelajaran. Pilihlah musik atau suara yang menenangkan dan lembut didengar di telinga. Misalnya, musik klasik atau suara alam seperti suara hujan atau kicau burung.

Biasanya sih, walau udah fokus, tapi kadang rasa malas bisa aja muncul di tengah-tengah proses belajar, bisa karena kelelahan atau jenuh. Tetap semangat dan termotivasi untuk belajar itu wajib lho hukumnya, supaya nilai kamu bisa terus dipertahankan. Biar selalu termotivasi, ikuti aja tips berikut ini.

1 Like

Ada beberapa cara yang aku temukan dan cukup baik usaat ntuk menghapus bosan saat belajar

  1. Dengan membuat cerita
    Ambil kata-kata yang harus dihafalkan lalu buat cerita sederhana dengan kata-kata tersebut
  2. Dengan cara membuat lirik lagu
    Kosa kata yang sulit dihafalkan ,seperti istilah matematika, bahasa inggris, dsb. akan lebuh teringat jika diubah menjadi lirik lagu. Ritmenya harus sederhana seperti lagu anak-anak. Atau bisa juga dari melodi lagu yang kita suka.
    3.Dengan cara menggambar
    Menggambar dapat membuat kita lebih mengingat suatu kata. Bahkan, saat perlu mengingat kalimat yang panjang sebuah gambar bisa menyiratkan kalimat itu

Sumber :
Toon, O., 2011, Iā€™m going to be number 1, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

1 Like