Bagaimana burung Thornbill selamat dari sarang burung yang dimangsa?

Alam memang menyimpan beragam misteri dan keunikan tersendiri. Misalnya bagaimana kehebatan piyik / anakan burung cinereous mourner yang menyamar jadi ulat bulu beracun. Penelitian terbaru berhasil mengungkap perilaku unik burung brown thornbill dalam melindungi sarangnya. Mereka akan meniru suara elang untuk mengelabui predator.

Burung apa yang membangun sarang pemikat? Pada semak – semak di Benua Australia, sejenis burung gelatik peri diteror oleh currawong, sejenis burung besar agresif yang suka menghancurkan sarang dan mencuri telur gelatik peri, yang tak mampu mempertahankan dirinya. Mereka hanya bisa bertelur dalam jumlah besar, dengan harapan ada sedikit anak burung yang mampu bertahan dan ancaman ini. Untunglah, burung gelatik peri sangat tak pemilih dan luar biasa subur.

Burung lain yang hidup berdampingan dengan gelatik peri punya strategi yang berbeda. Burung thornbill pantat – kuning yang berukuran kurang lebih sama dengan gelatik peri juga sama terancamnya oleh currawong perampok tadi. Caranya: mereka membangun sarang pengecoh di atas sarang sesungguhnya. Sarang pengecoh ini hanya berbentuk lekukan menyerupai mangkuk, sedangkan sarang sesungguhnya ada di bawahnya dengan pintu masuk tertutup. Burung currawong biasa menyerang dan atas, sehingga jika menemui sarang pengecoh yang kosong, ia cenderung meninggalkannya dan bergegas pindah tanpa menyelidiki lebih jauh sehingga tak menyadari kalau ada sarang sesungguhnya di bagian bawah. Berkat konstruksi cerdas ini, burung thornbill tak terlalu menderita karena serangan currawong dibanding tetangga sekitarnya.