Bagaimana bisa Kadal Yang Numpang Bertelur?

image

Mengapa ada sejenis kadal yang bertelur di dalam sarang rayap? Telur reptil itu ternyata rapuh dan sangat lembut, juga sangat sensitif terhadap suhu dan kelembapan. Pada lingkungan yang terlalu kering, kulit telur akan melepaskan kelembapan yang berlebihan, mengeringkan isi, dan membunuh embrio. Jika suhunya terlalu panas atau dingin, embrio juga bisa mati. Akibatnya, bagian penting dalam proses reproduksi reptil adalah mendapatkan tempat ideal untuk bertelur.

Sejumlah spesies kadal monitor telah menemukan sebuah tempat bagus untuk bertelur yaitu di tengah-tengah sarang rayap. Sarang ini merupakan salah satu konstruksi paling menakjubkan di alam. Sarang rayap dibangun sedemikian rupa sehingga suhu dan kelembapan dalam sarang selalu tetap (konstan). Ada terowongan dan cerobong yang menciptakan aliran udara ke atas dalam sarang. Aliran udara ini juga menyebarkan udara panas yang dihasilkan oleh rayap – rayap yang biasa bekerja di lantai dasar sarang. Rayap mampu mengelola kelembapan dengan baik. Caranya, dengan membawa air dan mata air, jika udara dalam sarang terlalu kering atau panas.

Lingkungan yang terjaga baik inilah, kemudian dijadikan tempat bertelur yang sempurna bagi kadal monitor. Karena itu, induk betina akan menggali lubang dalam sarang rayap dengan cakarnya yang kuat dan menyimpan telurnya tepat di tengah – tengah sarang. Lalu, ia meninggalkan telurnya begitu saja. Sementara itu, rayap akan segera membangun kembali sarangnya karena perubahan suhu dapat menjadi bencana bagi rayap – rayap muda. Dalam beberapa jam, dinding yang rusak akan kembali ke kondisi asalnya dan rayap penghuni sarang ini tak menyadari keberadaan telur kadal, yang berada tepat di tengah – tengah sarangnya.

Setelah beberapa bulan, telur – telur tadi kemudian menetas dan kadal monitor muda akan berjuang membebaskan diri dan cangkangnya.Tetapi, mereka terlalu besar untuk bisa keluar dan terowongan rayap sehingga mereka harus menggali jalan keluar atau menunggu sang induk datang kembali untuk membongkar sarang rayap tersebut.

Referensi : https://unikterbaru.wordpress.com