Bagaimana bisa air yang datar melingkupi bumi bulat?

Argumen paling mendasar yang membuat flat earther ragu dengan bumi bulat adalah air.

…dan bahkan banyak juga non-flat earther yang gagal menjelaskan ini.

Air itu selalu selevel, datar, tingginya selalu sama, iya kan? Tentu saja. Perhatikan saja air yang ada dalam gelas, air dalam bak mandi, air di danau, dan lain-lain.

Alasan paling utama, karena air tertarik oleh gaya gravitasi. Kalau jawaban ini belum memuaskan, silahkan lanjut membaca.

Sepertinya di sini kita perlu review kembali mengenai definisi mendasar dari istilah atas dan bawah, agar lebih jelas. Atas dan bawah pada dasarnya merupakan persepsi yang terbentuk akibat gaya gravitasi. Sehingga, istilah bawah merupakan arah dari gaya gravitasi. Istilah atas di kutub utara sama dengan istilah bawah di kutub selatan.

Silahkan posisikan diri kamu hand walking, tangan di bawah dan kaki di atas, lalu tutup mata kamu. Tanpa melihat ke sekitar, kamu akan bisa merasakan kalau tubuh kamu terbalik atas-bawah.

Lalu, mari kita bermain-main lagi ke tempat zero gravity lagi, tempat dimana kamu seakan-akan tidak mengalami gaya gravitasi. Karena tidak mengalami gaya gravitasi, persepsi kamu atas konsep atas-bawah menjadi kabur.

Sumber: