Bagaimana biografi Tim Berners-Lee : Founder of World Wide Web ?

Sumber gambar:

https://www.google.co.id/search?q=tim+berners+lee&biw=1280&bih=614&source=lnms&tbm=isch&sa=X&sqi=2&ved=0ahUKEwj-nZG-iYTRAhUKOo8KHVq0DZMQ_AUIBigB#imgrc=gId2T_OV0pPWzM%3A

Biografi Tim Berners-Lee


Pekerjaan
Ilmuan Komputer, Professor

Afiliasi Lainnya
World Wide Web Consortium
Southampton University
Plessey
Institut Teknologi Massachusetts

Tempat dan Tanggal Lahir
London, Inggris, 8 Juni 1955

Kewarganegaraan
Britania

Pendidikan
The Queen’s College, Oxford University

Total Kekayaan
$50 Million

Riwayat Hidup


Tim Berners-Lee yang memiliki nama asli Timothy John Berners-Lee lahir di London, Inggris, 8 Juni 1955. Berners-Lee adalah anak dari pasangan Conway Berners-Lee dan Mary Lee Woods. Dia adalah lulusan The Queen’s College, Oxford University.

Setelah lulus dia mendapatkan pekerjaan di Plessey Pole. Dan ditahun 1980, dia bekerja sebagai kontraktor di CERN pada bagian menyebarkan informasi. Dari situlah dia mulai menjalankan project-projectnya dan akhirnya menemukan World Wide Web.

Tim Berners Lee menikah tiga kali yang pertama bernama Jane Northcote dan kedua dengan Nancy Carlson dan bercerai pada tahun 2011.Dan yang ketiga ia menikah pada tahun 2014 dengan Rosemary Leith.

Riwayat Karir


Pada tahun 1980, Beners-Lee bekerja di Laboratorium Fisika Partikel Eropa di Jenewa,Swiss CERN sebagai kontraktor bebas. Saat itu, Berners-Lee mengajukan untuk membuat suatu prototype yang berbasis hypertext yang bernama Enquire untuk memfasilitasi pembagian informasi kepada peneliti karena Berners melihat para ilmuan kesulitan dalam pembagian informasi. Namun, Berners-Lee tidak membuat Enquire cocok untuk orang lain. Karena ada beberapa masalah, maka pengembangan tidak dilanjutkan kembali dan disc dari Enquire itu diberikan kepada Robert Cailliau yang merupakan orang yang membantu Berners dalam pembuatan Enquire.

Pada tahun 1989, Berners-Lee membuat proyek dengan hypertext global yang dinamakan World Wide Web. Proyek ini menggunakan konsep proyek Berners yang pertama yaitu Enquire. Pada saat itu spesifikasi yang digunakan oleh Bernes-Lee adalah HTML, URI, dan HTTP yang merupakan tiga teknologi mendasar yang ditulis oleh Berners sendiri. Berners-Lee membuat halaman web pertama yaitu WorldWideWeb.app dan server pertamanya httpd. Pada tahun 1991, web tersebut mulai di buka dan dapat di jalankan di Internet sehingga orang-orang dapat mengakses Web browser ini.

Pada tahun 1994, Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium(W3C) yang merupakan sebuah komunitas Internasional yang ditujukan untuk mengembangkan web terbuka dan pada saat itu juga menjabat sebagai direktur World Wide Web Consortium(W3C). Consortium terletak di Laboratorium Ilmu Komputer (LCS) yang bergabung dengan Artificial Intelligence Lab untuk menjadi Ilmu Komputer dan Laboratorium Kecerdasan Buatan(CSAIL) di Intitut Teknologi Massachusetts(MIT). Host dari W3C terletak di MIT, ERCIM, dan Universitas Keio Jepang. Berners-Lee membangun World Wide Web Foundation dan menjabat sebagai co-direktur, World Wide Web Foundation ini dibangun berupaya untuk memajukan potensi web di masyarakat. Selain itu, Berners-Lee juga melakukan kerja sama dengan pemerintah untuk membantu membuat data lebih terbuka pada web. Hal itu bertujuan untuk membangun karya kekuatan informasi untuk Task Force.

Tim Berners-Lee juga diberikan penghargaan oleh Ratu Elizabeth Prize of Engineering karena perannya dalam berinovasi telah memberikan manfaat di dunia global dan bagi kemanusiaan.

Saat ini Tim Berners-Lee bekerja di World Wide Web Consortium, Plessey Telecommunication, Universitas Southampton, dan ITM sebagai Professor.

Fakta-fakta


  1. Pada tahun 1999, Tim Berners-Lee menjadi pemegang pertama dari kursi 3COM Pendiri.
  2. Tim Berners-Lee menjabat sebagai Professor di Universitas Southampton
  3. Pada 30 Maret 2011, Tim Berners Lee merupakan salah satu dari tiga penerima dari penghargaan Mikhail Gorbachev yaitu “The Man Who Changed the World”.
  4. Diberikan gelar bangsawan pada tahun 2004 untuk layanan pada perkembangan global internet
  5. Tim Berners-Lee pernah menulis sebuah buku bersama dengan Mark Fischetti yang berjudul Weaving The Web.
  6. Tim Beners-Lee banyak mendapatkan penghargaan. Yang pertama pada tahun 1997, yaitu OIB, yang kedua pada tahun 2001 penghargaan FRS, yang ketiga penghargaan KBE pada tahun 2004, yang keempat pada tahun 2007, penghargaan OM, yang kelima penghargaan RDI pada tahun 2009.

Quotes


  1. “We need diversity of thought in the world to face the new challenges.” Tim Berners-Lee
  2. “Innovation is serendipity, so you don’t know what people will make.” Tim Berners-Lee
  3. “On the web the thinking of cults can spread very rapidly and suddenly a cult which was 12 people who had some deep personal issues suddenly find a formula which is very believable.” Tim Berners-Lee
  4. “There was a time when people felt the internet was another world, but now people realise it’s a tool that we use in this world.” Tim Berners-Lee
  5. “Any enterprise CEO really ought to be able to ask a question that involves connecting data across the organization, be able to run a company effectively, and especially to be able to respond to unexpected events. Most organizations are missing this ability to connect all the data together.” Tim Berners-Lee
  6. “I’m an optimist about humanity in general, I suppose.” Tim Berners-Lee
  7. “The original idea of the web was that it should be a collaborative space where you can communicate through sharing information.” Tim Berners-Lee
  8. “Celebrity damages private life.” Tim Berners-Lee
  9. “The Web is now philosophical engineering. Physics and the Web are both about the relationship between the small and the large.” Tim Berners-Lee
  10. "Anyone who has lost track of time when using a computer knows the propensity to dream, the urge to make dreams come true and the tendency to miss lunch.” Tim Berners-Lee
  11. “Web users ultimately want to get at data quickly and easily. They don’t care as much about attractive sites and pretty design. “ Tim Berners-Lee
  12. “The Domain Name Server (DNS) is the Achilles heel of the Web. The important thing is that it’s managed responsibly.” Tim Berners-Lee

[details=Referensi]https://id.wikipedia.org/wiki/Tim_Berners-Lee
http://www.therichest.com/celebnetworth/celebrity-business/tech-millionaire/tim-berners-lee-net-worth/
https://en.wikipedia.org/wiki/ENQUIRE
https://www.w3.org/People/Berners-Lee/Longer.html
http://webfoundation.org/about/vision/history-of-the-web/
http://www.biographyonline.net/business/tim-berners-lee.html
https://www.brainyquote.com/quotes/authors/t/tim_bernerslee.html[/details]

Tim Berners Lee :earth_asia::man_technologist:
Tim Berners Lee, sudah kenalkah kalian dengan orang yang satu ini ?. Yaa, dia adalah Tim Berners Lee Direktur World Wide Web Consortium (W3C), sebuah organisasi standar Web yang didirikan pada tahun 1994 yang mengembangkan teknologi interoperable (spesifikasi, pedoman, perangkat lunak, dan alat) untuk mengarahkan Web ke potensi penuhnya. Tim lahir tanggal 8 juni 1955 di London, Britania Raya. World Wide Web Foundation diluncurkan pada tahun 2009 untuk mengkoordinasikan upaya untuk memajukan potensi Web untuk menguntungkan umat manusia.

Tim merupakan lulusan Universitas Oxford, Sir Tim menemukan Web saat berada di CERN, Laboratorium Fisika Partikel Eropa, pada tahun 1989. Tim menulis klien dan server web pertama pada tahun 1990. Spesifikasi URI, HTTP dan HTMLnya disempurnakan saat teknologi Web menyebar. Tim merupakan Profesor Teknik Pendiri 3Com di Sekolah Teknik. Tim juga seorang Profesor di Departemen Ilmu Komputer di Universitas Oxford, Inggris.

Pada tahun 2011 dia diangkat ke Dewan Pembina Ford Foundation, yayasan swasta yang berorientasi global dengan misi memajukan kesejahteraan manusia. Tim adalah Presiden Open Data Institute London.
Pada tahun 2001 ia menjadi anggota the Royal Society. Tim telah menjadi penerima beberapa penghargaan internasional termasuk Japan Prize, Prince of Asturias Foundation Prize, Millennium Technology Prize dan penghargaan Die Quadriga dari Jerman. Pada tahun 2004 ia dikalahkan oleh H.M. Ratu Elizabeth dan di tahun 2007 ia dianugerahi Order of Merit. Pada tahun 2009 ia terpilih sebagai associate asing dari National Academy of Sciences. Tim adalah penulis buku yang berjudul “Weaving the Web”.

Pada tanggal 18 Maret 2013, Sir Tim, bersama dengan Vinton Cerf, Robert Kahn, Louis Pouzin dan Marc Andreesen, dianugerahi Hadiah Ratu Elizabeth untuk Teknik untuk “inovasi terobosan dalam rekayasa yang telah bermanfaat secara global bagi kemanusiaan.” Sir Tim telah mempromosikan data pemerintah terbuka secara global dan menghabiskan waktu untuk memperjuangkan hak seperti netralitas bersih, privasi dan keterbukaan Web.

Pada tanggal 4 April 2017, Sir Tim dianugerahi ACM A.M. Turing Prize untuk menemukan World Wide Web, browser web pertama, dan protokol dan algoritme fundamental yang memungkinkan Web untuk skala. Hadiah Turing, yang disebut “Hadiah Nobel untuk Komputasi” dianggap sebagai salah satu penghargaan paling bergengsi di Ilmu Komputer.

Pada tahun 1989, saat bekerja di CERN, Laboratorium Fisika Partikel Eropa di Jenewa, Swiss, Tim Berners-Lee mengusulkan sebuah proyek hypertext global, untuk dikenal sebagai World Wide Web. Dia menulis server World Wide Web pertama, “httpd”, dan klien pertama, “WorldWideWeb” editor-editor / editor hypertext apa yang Anda lihat adalah apa yang kalian dapatkan di lingkungan NeXTStep. Pekerjaan ini dimulai pada bulan Oktober 1990, dan program “WorldWideWeb” pertama kali tersedia di CERN pada bulan Desember, dan di Internet pada umumnya pada musim panas 1991.

Melalui tahun 1991 dan 1993, Tim terus mengerjakan perancangan Web, mengkoordinasikan umpan balik dari pengguna di Internet. Spesifikasi awalnya dari URI, HTTP dan HTML disempurnakan dan dibahas di kalangan yang lebih besar saat teknologi Web menyebar. Tim Berners-Lee lulus dari Queen’s College di Oxford University, Inggris, 1976. Sementara di sana ia membangun komputer pertamanya dengan solder, gerbang TTL, prosesor M6800 dan sebuah televisi tua.

Dia menghabiskan dua tahun dengan Plessey Telecommunications Ltd (Poole, Dorset, Inggris) produsen peralatan UK Telecom utama, mengerjakan sistem transaksi terdistribusi, relay pesan, dan teknologi kode batang. Pada tahun 1978 Tim meninggalkan Plessey untuk bergabung dengan D.G Nash Ltd (Ferndown, Dorset, Inggris), di mana dia menulis antara lain perangkat lunak typesetting untuk printer cerdas, dan sistem operasi multitasking.

Satu setengah tahun dihabiskan sebagai konsultan independen termasuk tugas enam bulan (Juni sampai Desember 1980) sebagai konsultan insinyur perangkat lunak di CERN. Sementara di sana, Tim menulis menggunakan program pertamanya untuk menyimpan informasi termasuk menggunakan asosiasi acak. Dinamai “Inquire” dan tidak pernah dipublikasikan, program ini membentuk dasar konseptual untuk pengembangan World Wide Web di masa depan.
Dari tahun 1981 sampai 1984, Tim bekerja di ImageManagement Systems milik John Poole, dengan tanggung jawab desain teknis. Pada tahun 1984, Tim mengambil beasiswa di CERN, untuk mengerjakan sistem real-time terdistribusi untuk akuisisi data ilmiah dan pengendalian sistem. Antara lain, dia mengerjakan perangkat lunak sistem FASTBUS dan merancang sistem panggilan prosedur jarak jauh yang heterogen.

Pada tahun 1994, Tim mendirikan World Wide Web Consortium di Laboratorium Ilmu Komputer (LCS) yang kemudian bergabung dengan Lab Kecerdasan Buatan pada tahun 2003 untuk menjadi Laboratorium Ilmu Komputer dan Buatan Buatan (CSAIL) di Massachusetts Institute of Technology (MIT). bagaimana mendesentralisasi ulang Web.
Pada tahun 2008 ia mendirikan dan menjadi Direktur World Wide Web Foundation. Web Foundation adalah sebuah organisasi nirlaba yang ditujukan untuk mencapai dunia di mana semua orang dapat menggunakan Web untuk berkomunikasi, berkolaborasi dan berinovasi dengan bebas. Kata-kata Yayasan Web untuk mendanai dan mengkoordinasikan upaya untuk membela Open Web dan selanjutnya potensinya untuk menguntungkan umat manusia.
Pada bulan Juni 2009, Perdana Menteri Gordon Brown mengumumkan bahwa dia akan bekerja sama dengan Pemerintah Inggris untuk membantu membuat data lebih terbuka dan mudah diakses di Web, yang dibangun berdasarkan kerja Power of Information Task Force. Sir Tim adalah anggota Dewan Transparansi Sektor Publik yang bertugas untuk mendorong agenda transparansi Pemerintah Inggris.

Pada tahun 2011 dia diangkat ke Dewan Pembina Ford Foundation, yayasan swasta yang berorientasi global dengan misi memajukan kesejahteraan manusia. Tim adalah Presiden Institut Data Terbuka Inggris yang dibentuk pada tahun 2012 untuk mengkatalisis data terbuka untuk nilai ekonomi, lingkungan, dan sosial. Tim adalah penulisnya, dengan Mark Fischetti, dari buku terbitan tahun 1999 dengan judul “Weaving the Web” pada masa lalu dan masa depan Web.

Quote
We need diversity of thought in the world to face the new challenges.” oleh Tim Berners-Lee

Sumber :man_technologist: :


https://www.w3.org/People/Berners-Lee/

Tim Berners Lee :earth_asia::earth_asia:

Quote

“The goal of the Web is to serve humanity. We build it now so that those who come to it later will be able to create things that we cannot ourselves imagine.” ~ Tim Berners-Lee

Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee atau yang juga dikenal sebagai TimBL adalah seorang insinyiur Inggris dan ilmuwan komputer, atau yang paling dikenal adalah penemuanya tentang World Wide Web, yaitu bagian dari internet untuk dapat diakses pada sebuah software web browser dan sebagai media untuk bertukar informasi baik derupa dokumen, film, gambar, musik, dan lain sebagainya. Ia juga direktur dari World Wide Web Consortium (W3C), yaitu badan yang mengawasi perkembangan lanjutan dari web.

Pada Desember 1980, ia bekerja sebagai kontraktor bebas di CERN, yaitu organisasi yang melakukan riset tentang nuklir. Ia kemudian mengajukan sebuah proyek berbasis hypertext untuk memfasilitasi pembagian dan pembaruan informasi kepada para peneliti di dunia. Dikarenakan CERN adalah institusi multi-nasional ia ingin menyatukan data-data dan informasi yang dimiliki oleh ilmuwan lainnya. Sehingga kerjanya menjadi lebih efisien. Kemudian ia membuat sebuah software bersama rekannya bernama Robert Cailiau bernama Enquire (Enquire Within Upon Everything). Nama tersebut diambil dari ensiklopedia yang dibacanya waktu kecil.

Setelah meninggalkan CERN untuk bekerja di John Poole’s Image Computer Systems Ltd, dia kembali ke CERN pada 1984 sebagai seorang rekan peneliti. Dia menggunakan ide yang mirip yang pernah digunakan pada Enquire untuk menciptakan World Wide Web, di mana dia mendesain dan membangun browser pertama yang bernama NeXTSTEP dan server web pertama yang bernama httpd. Situs web pertama yang beralamat di http://info.cern.ch/ dan online untuk pertama kalinya pada 6 Agustus 1991. Pada tahun itu juga ia meluncurkan browser-nya. Tetapi belum banyak orang yang menggunakan WWW sampai beberapa tahun kemudian pengguna internet dan WWW berkembang dengan sangat pesat.

Meski telah dipakai oleh banyak orang di seluruh dunia, tidak banyak orang tahu siapa sebenarnya orang di balik penemuan WWW. Apalagi ia sengaja tidak mematenkan hasil kerja kerasnya itu. Dia sengaja membuat kerja kerasnya dinikmati oleh banyak orang di seluruh dunia walaupun dia tidak mendapatkan apa-apa.

Pada tahun 1994, ia membuat sebuah konsorsium di Massachusetts Instituteof Technology untuk pengembangan web yang bernama World Wide Web Consortium (W3C). Jasanya yang besar dalam dunia internet terutama pengembangan web membuatnya mendapatkan berbagai gelar dan penghargaan. Diantaranya Order of Merit, Knight Commander Order of British Empire, Fellow Royal Society, Turing Award, dan Queen Elizabeth Prize. Bahkan, Ratu Elizabeth II memberikan penghargaan tertinggi atas semua jasa-jasanya pada negara dan dunia.

Sumber:bulb::bulb:
http://azkanesia.com/penemu-web/


Tim Berners-Lee lahir pada tanggal 8 Juni 1955 di London, Inggris. Setelah melakukan pendidikan di Emanuel School, dia pergi ke Queen’s College, Universitas Oxford, di mana dia menerima gelar sarjana di bidang fisika.

Dialah ilmuwan komputer yang mengembangkan jaringan WWW (world wide web). Hubungan antara internet dan www ini sangatlah erat. Dimana internet ialah jaringan komputer yang terhubung di seluruh dunia yang pertama kali didirikan oleh Departemen Riset Pertahanan AS pada tahun 1969 melalui proyek ARPAnet. Sedangkan www adalah media untuk orang berbagi dokumen, gambar, music, informasi, jasa dan lain lain di seluruh dunia.

Setelah lulus, ia mendapatkan pekerjaan untuk sebuah perusahaan percetakan di Plessey, Poole. Dari tahun 1980, ia dipekerjakan sebagai kontraktor independen di CERN di Swiss. Bagian penting dari pekerjaannya melibatkan berbagi informasi dengan para peneliti di berbagai lokasi geografis. Untuk membantu proses ini, dia menyarankan sebuah proyek berdasarkan penggunaan hypertext. (bahasa untuk berbagi teks secara elektronik) Prototipe pertama adalah sistem yang dikenal sebagai INQUIRE.

Internet telah dikembangkan sejak tahun 1960an sebagai cara untuk mentransfer informasi antar komputer yang berbeda. Namun, Tim Berners-Lee berusaha memanfaatkan simpul internet dan menggabungkannya dengan hypertext dan gagasan tentang domain.

Tim Berners-Lee kemudian mengatakan bahwa semua teknologi yang terlibat dalam web telah dikembangkan ‘hpertext internet’. Kontribusinya dalam sebuah pengembangan adalah menggabungkan semuanya dalam satu paket komprehensif.

Pada tahun 1994, Berners-Lee mendirikan W3C (World Wide Web Consortium) di Laboratorium Ilmu Komputer (LCS) di Massachusetts Institute of Technology di Boston. Ini adalah sebuah organisasi untuk mencoba meningkatkan kualitas dan standar world wide web. Dia bisa saja mencoba menghasilkan uang dari ciptaannya namun memutuskan untuk menawarkan world wide web tanpa hak paten dan tanpa royalti.

.: QUOTE: :bust_in_silhouette:

"Tapi, saya menciptakannya sebagai sebuah dunia yang universal, dimana orang-orang bisa menggunakan imajinasinya untuk menciptakan sesuatu, apapun yang mereka bisa bayangkan. Tak cuma sekadar dibatasi oleh hal-hal yang bisa aku bayangkan saja."

Berners-Lee mengatakan jika dia tidak ada ide, orang lain pasti akan mendapatkan ide bagus nantinya. Berners-Lee sangat menyukai prestasi yang orang lain bisa menyalurkan idenya ke dia. Dia juga menyatakan karya orang lain terlibat dalam pengembangan aspek internet dan sangatlah berterima kasih. Namun, yang lain berpendapat bahwa Berners-Lee berpengaruh dalam membentuk sifat internet yang open-source gratis. Marc Anderson yang membantu menerapkan visi Berners-Lee menyatakan bagaimana tim Berners-Lee mencoba membuat internet tersedia secara luas.

.: QUOTE: :bust_in_silhouette:

"Hanya orang pintar yang bisa menggunakan internet, adalah teorinya, jadi kami harus berusaha keras untuk menggunakannya. Kami pada dasarnya tidak setuju dengan itu: kami pikir ini mudah digunakan. "

Sources

Tim Berners-Lee Biography
Biografi Tim Berners-Lee