Bagaimana biografi Rabindranath Tagore ?

Rabindranath Tagore merupakan seorang sosok sastra asal India yang berhasil membentuk ulang literatur dan musik Bengali sekaligus seni-seni India.

Bagaimana biografi Rabindranath Tagore ?

Biografi Rabindranath Tagore


Rabindranath Tagore merupakan salah satu sastrawan terbaik dunia. Dia dapat disejajarkan bersama sastarawan besar sekelas Shakespeare, G.B Shaw dan Tolstoy, serta sastrawan hebat lainnya di Dunia.

Rabindranath Tagore lahir pada tanggal 7 Mei 1861 di keluarga Tagore di Jorasanko, Kolkata. Rabindranath adalah seorang penyair, seorang novelis, kritikus, penulis cerita pendek, filsuf, pendidik, ilmuwan dan pembaharu sosial. Dia banyak memberikan pengaruh besar terhadap karya satra dan perjuangan nasional India

Rabindranath mendapatkan Nobel Satra Dunia bidang sastra pada tahun 1913 atas kontribusi besarnya terhadap pelbagai macam sastra India dan bahasa Benggali yang berengaruh terhadap karya sastra Dunia. Banyak puisi-puisinya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Rabindranath sejak muda menunjukan kejeniusannya dalam bidang sastra. Karya-karya puisinya banyak mengesankan senior-seniornya. Seniornya Matthew Arnold yang menganggap Rabindranath Tagore mampu belajar mandiri dan menemukan bakat tersembunyinya. Dia berhasil mengasah bakatnya menjadi suatu hal yang menakjubkan dalam pelabagai karya sastra Benggali.

Karya-karya Rabindranath Tagore mencakup puisi, musik, novel, drama, lukisan, cerpen, dll.

Beberapa judul novel karyanya, yaitu:

  1. Shesher Kobita
  2. Noukadubi
  3. Chaturanga,
  4. Gora
  5. Ghare Baire,
  6. Char Odhay

Gitanjali, karya Tagore berupa antologi puisi berhasil menyabet Nobel pada 1913. Nobel Sastra tersebut membuat ia menjadi orang India dan orang Asia pertama yang menerima Nobel Sastra Dunia. Ia juga menciptakan Lagu kebangsaan India, “Jana Gana Mana.”

Pada masa kolonial Inggris di India, ia memberikan kontribusi dalam pembangunan pendidikan dengan mendirikan Universitas Visva Bharati di Santiniketan pada tahun 1902.

Rabindranath Tagore meninggal pada 7 Agustus 1941. Hingga saat ini sosok sastrawan tersebut belum terganti. Pada hari ulang tahunnya yang ke-125 pada 1986, masyarakat India merayakan ulang tahunnya untuk mengenang jasanya atas kontribusinya yang mempengaruhi kesatuan nasional India yang terbentuk berdasarkan karya-karyanya dinilai memberikan nilai yang tinggi terhadap sastra India.

Rabindranath hanya bisa dibandingkan dengan Rabindranath sendiri. Dia dianggap sebagai tokoh terbesar dalam Kebangkitan Nasional India modern. Rabindranath dipandang sebagai sumber keindahan, pengetahuan dan inspirasi dari semua pemikiran mulia dan gagasan hebat.

Referensi

Harian Sejarah Indonesia