Bagaimana biografi Michael Mussallem : CEO Edwards Lifesciences ?

Michael A. Mussallem adalah chairman dan chief executive officer dari Edwards Lifesciences Corporation.
Mussallem, 49, telah memimpin Edwards Lifesciences sejak Grup Baxter CardioVascular dipecat dari Baxter International Inc. dan mulai beroperasi sebagai perusahaan independen dan publik pada bulan April 2000. Sebelumnya, dia bertanggung jawab atas operasi Baxter di bidang cardioVascular, yang telah dia tuju sejak 1995, dan bisnis Biosciences-nya, yang telah ditunjuknya untuk memimpin pada tahun 1998.

Mussallem bergabung dengan Baxter pada tahun 1979 dan berkembang melalui berbagai posisi yang semakin bertanggung jawab dalam pengembangan manufaktur, teknik dan produk. Dia diangkat sebagai presiden Divisi Perawatan Kritis Baxter pada tahun 1993, dan wakil presiden kelompok Baxter’s Surgical Group pada tahun 1994. Dari tahun 1996 sampai 1998, dia memimpin Dewan Asia Pasifik Baxter, yang mengkoordinasikan inisiatif regional di semua bisnis Baxter.

Mussallem melayani di dewan AdvaMed dan California Healthcare Institute, serta di dewan perusahaan umum Advanced Medical Optics (AMO) dan World Heart Corporation. Dia adalah anggota Center for Corporate Innovation, meja bundar bisnis Institut Pendidikan Keck, dan Kepala Bundaran Eksekutif UCI. Sebelum bergabung dengan Baxter, Mussallem bekerja untuk Union Carbide. Ia menerima gelar sarjana teknik kimia pada tahun 1974 dari Rose-Hulman Institute of Technology di Terre Haute, Indiana, yang menganugerahi gelar doktor kehormatan pada tahun 1999.

Mussallem memaparkan tentang inovasi teknologi yang telah diperkenalkan oleh Edwards Lifesciences dalam satu atau dua tahun terakhir. Ia mengatakan bahwa, putaran mereka selesai pada bulan April 2000, dan untuk tahun pertama dan setengah tahun kami terlibat dalam masalah operasional yang menyertai menjadi bagian dari perusahaan yang baru dan diperdagangkan secara publik. Mereka juga melakukan divestasi beberapa bisnis yang kurang strategis bagi mereka. Mulai tahun 2001, kami benar-benar mulai berfokus untuk mengubah tingkat pertumbuhan perusahaan, melanjutkan penekanan mereka pada keunggulan operasional dalam bisnis di mana mereka adalah pemimpin global, dan mengeksplorasi platform teknologi baru yang bisa menjadi bagian dari portofolio masa depan mereka.

Mereka telah meningkatkan investasi Litbang mereka dan mulai melihat hasil dari persalinan tersebut mulai melunasi dengan perkenalan produk baru-baru ini, yang paling signifikan di antaranya adalah lini terapi katup jantung kami, termasuk katup SAV Carpentier-Edwards mereka dan Sistem perbaikan katup trikuska MC3 mereka. Mereka terus membuat kemajuan dengan katup PERIMOUNT Carpentier-Edwards mereka, katup jaringan nomor satu di dunia, dan itu terus mendorong kinerja Edwards. Mereka juga telah melihat pertumbuhan penjualan dari inisiatif baru yang terkait dengan revaskularisasi transkuokardial, atau TMR, dan kami telah terlibat dalam uji klinis AS dan pengenalan sistem AAA Lifepath AAA kami yang digunakan untuk memperbaiki aneurisma aorta perut. Selain itu, , mereka memiliki produk baru lainnya yang belum diperkenalkan yang membuat mereka semakin bersemangat.

Visi Mussallem tentang pasar masa depan karena transisi menuju penggunaan alternatif biologis untuk katup mekanis. Ia menjelaskan sebagai berikut bahwa pasar katup jantung di seluruh dunia mendekati $ 800 juta, tumbuh sekitar 5% per tahun. Yang cukup menarik, jika Anda mengupasnya kembali, katup jaringan dan produk perbaikan katup tumbuh pada tingkat 10+ persen, sedangkan katup mekanis menurun. Itu bagus untuk Edwards Lifesciences karena mereka adalah pelopor dalam kedua katup jaringan dan produk perbaikan, dan mereka melihat pasar terus bergeser ke arah itu karena keuntungan kualitas pasien yang signifikan ditawarkan oleh terapi ini melalui katup mekanis. mereka berpikir bahwa terus mendukung prosedur perbaikan katup jantung yang inovatif, serta membuat katup jaringan yang bertahan lebih lama dan berkinerja lebih baik lagi, akan terus berfungsi sebagai penggerak pertumbuhan untuk industri ini dan untuk Edwards Lifesciences.

Selanjutnya akan dibahas tentang jenis kemitraan yang akan dikembangkan Edwards dan keputusan memilih perusahaan yang akan dipilihnya. Mereka berpikir bahwa cara yang bagus bagi perusahaan teknologi medis untuk menciptakan nilai adalah menerapkan teknologi untuk memenuhi kebutuhan klinis yang tidak terpenuhi. Bila Anda berhasil melakukannya, nilai yang luar biasa diciptakan untuk pasien dan dokter mereka, juga bagi pemegang saham perusahaan yang terlibat. Mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk mengeksplorasi teknologi baru yang benar-benar dapat mengatasi kebutuhan klinis yang tidak terpenuhi, dan sangat spesifik hanya terlihat pada penyakit kardiovaskular, memprioritaskan penyakit katup jantung, penyakit vaskular perifer, penyakit arteri koroner. Mereka mencari ide yang berasal dari dalam, dan juga di luar Edwards Lifesciences, dan memiliki banyak aliran ide yang berasal dari kolaborator dokter yang menggunakan produk medis dan menghadapi penyakit kardiovaskular setiap hari.

Banyak ide juga berasal dari perusahaan swasta kecil, dan kami memiliki tim individu yang berdedikasi yang bekerja dalam organisasi Discovery mereka, dengan pengetahuan teknis, keahlian pasar dan pengalaman transaksi untuk membantu kami menyelesaikan proses penyaringan yang sangat ketat dan bijaksana. Mereka cukup disiplin dalam mempertimbangkan alam semesta dari segala sesuatu yang kita lihat, dan kemitraan yang kita jalani peluang nyata saat ini dengan positif besar bagi pasangan kita dan juga untuk Edwards.

Mussallem menjelaskan bahwa, mereka adalah perusahaan yang didorong oleh aspirasi jangka panjang yang tinggi. Secara budaya, mereka mempertahankan fokus pasien, dan mereka ingin memiliki platform yang sangat kuat yang membuat Edwards adalah tempat yang tepat bagi orang untuk bekerja, perusahaan hebat untuk orang-orang untuk membeli dari, dan perusahaan hebat untuk diinvestasikan orang. Mereka akan mencapai aspirasi mereka dengan memanfaatkan posisi kepemimpinan global mereka yang kuat dan menambahkan teknologi inovatif baru yang benar-benar inovatif yang akan memungkinkan kami mencapai pertumbuhan penjualan dua digit.

Mereka telah mampu meningkatkan pertumbuhan penjualan kami di masa lalu, dan mereka mengharapkan portofolio produk berpemilik yang kuat untuk membantu mereka meningkatkan margin kotor dan memungkinkan mereka memberikan persentase penjualan yang lebih tinggi dari produk baru. Mussallem berpikir bahwa Edwards dapat melakukan semua ini sementara dengan andal menghasilkan pertumbuhan pendapatan rata-rata di atas rata-rata setidaknya 15% per tahun. Dalam semua, itu adalah formula mereka dan ke sanalah kita pergi. Mereka sangat senang dengan apa yang telah mereka capai sejauh ini, namun mereka merasa bahwa mereka memiliki banyak hal untuk diselesaikan di masa depan, dan mereka secara agresif bergerak di jalur itu.

Sumber : http://www.frost.com/prod/servlet/market-insight-print.pag?docid=MKEE-5G9UJZ (diakses pada 1 September 2017)

Michael Mussalem : CEO Edward Lifesciences


Sekilas Tentang Michael Mussalem

Tumbuh di Gary, Ind, di pinggiran Chicago, sebagai anak tengah orang tua imigran dari Lebanon, Mike Mussallem (Rose-Hulman 1974) sudah belajar sejak kecil tentang nilai kerja keras - dan juga mengembangkan cinta awal di Chicago Cubs, yang berlanjut sampai sekarang bahkan saat ia menetap di California.

Karir

Pada akhir 1990-an sebagai bagian dari analisis bisnis perusahaan, manajemen Baxter memutuskan untuk melepaskan unit kardiovaskular dan pada tanggal 3 April 2000, Mussallem mengambil alih kepemimpinan perusahaan baru tersebut dan membuka saham di New York Stock Exchange, sebagai awal peluncuran dari Edward Lifesciences
Sejak saat itu Ia menjabat sebagai chairman dan CEO Edwards Lifesciences, perusahaan yang berbasis di Irvine, California adalah pemimpin global dalam inovasi terfokus pada pasien untuk penyakit jantung struktural dan pemantauan perawatan kritis.
Rahasia dalam Membimbing Karyawan
Untuk membantu membimbing karyawan Edwards Lifesciences dalam pengambilan keputusan dan kerja harian mereka - dan merayakan apa yang membuat Edwards menjadi perusahaan istimewa dan unik - Mussallem dan tim kepemimpinannya menciptakan “saus rahasia” perusahaan.
Bahan dalam saus rahasia Edwards termasuk yang pertama yaitu memusatkan kepentingan pada pasien terlebih dahulu, mempromosikan budaya belajar, mendorong karyawan untuk bermimpi besar, menyambut kejutan, mencari perspektif yang beragam, dan tidak takut melakukan kesalahan.

Memulai Industri Medis

Pada tahun 1979, saya adalah seorang insinyur muda yang bekerja di pabrik Union Carbine, membuat antibeku dan pergi ke sekolah bisnis di malam hari karena saya sedikit gelisah dan tidak merasa seperti sedang tumbuh dan berkembang.

Industri tempat saya berada sedikit bergerak terlalu lamban untuk saya. Saya mendengar tentang industri teknologi medis yang menarik dan berkembang, mencari arahan karir baru dan memutuskan untuk bergabung dengan Baxter sebagai insinyur senior yang melakukan pengembangan proses untuk mendapatkan cairan intravena. Saya telah menikmati banyak tugas menantang bersama Baxter dan Edwards sejak saat itu.

Kesukaan dari Bekerja di Bidang Alat Medis

Pertama dan terutama, pekerjaan kita memiliki dampak yang sangat penting dan berarti bagi kehidupan pasien yang kita layani, yang membuat pekerjaan di bidang ini menjadi sumber kebanggaan.

Selain itu, industri teknologi medis sangat dinamis, ditandai dengan inovasi baik besar maupun kecil. Ini menciptakan iklim yang mengasyikkan dari perubahan konstan dan evolusi yang sangat saya nikmati.

Akhirnya, saya menghargai sifat global dari karya ini. Karena penyakit yang kita hadapi seringkali serupa di seluruh dunia, industri kita memiliki kehadiran internasional yang kuat. Ini memberi saya kesempatan untuk melakukan perjalanan dan membangun hubungan di seluruh dunia, yang saya temukan sangat mencerahkan dan memperkaya pribadi.

Inovasi

"Kau tahu, tolong angkat tangan Anda dan katakan, ‘Saya membuat kesalahan, tapi saya sudah merencanakan B. Kami akan melakukan itu dan mungkin bisa memperbaiki hal ini.’ Dan kami cukup cerdas dan untuk mengetahuinya. Mari kita terima yang terjadi karena kesalahan kita, jangan salahkan orang lain, ambillah dan teruskan. Belajar dari itu. Elemen penting untuk mempromosikan dan mempertahankan inovasi adalah memiliki jenis budaya seperti ini. "

Integritas

“Integritas adalah nilai kunci bagi saya pribadi, dan juga untuk karyawan Edwards Lifesciences,” katanya.
"Sebenarnya, ini adalah salah satu kompetensi inti yang kami cari dan dorong untuk karyawan kami. Saya percaya bahwa jika Anda melakukan yang benar, dan melakukan diri Anda dengan cara yang jujur dan tulus, Anda dapat menjalani kehidupan yang sangat bermanfaat. Penting untuk mengupayakan integritas model pada keluarga, teman, dan komunitas tempat Anda bekerja dan seterusnya. "

Kesalahan Terbesar dalam Karir

Saya merasa seolah-olah telah membuat banyak kesalahan dalam karir saya selama bertahun-tahun, yang tidak semuanya buruk dan berarti bahwa saya memiliki keberuntungan untuk mengambil kesempatan pada gagasan baru.

Meskipun sulit untuk mengatakan mana yang merupakan kesalahan terbesar, saya pikir bahwa memperoleh posisi kepemimpinan dalam layanan perfusi untuk Baxter pada pertengahan tahun 90an berada di puncak.

Saya percaya bahwa menggabungkan bisnis produk yang ada dengan bisnis jasa akan menghasilkan sinergi positif. Saya tidak menyadari bahwa kombinasi tersebut akan membawa kita pada posisi yang sulit dengan pelanggan lama, dan saya juga tidak sepenuhnya memahami bahwa kompetensi yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis layanan yang sukses sangat berbeda dari yang dibutuhkan untuk bisnis produk.

Quote

Mari kita terima yang terjadi karena kesalahan kita, jangan salahkan orang lain, ambillah dan teruskan. Belajar dari itu. - Michael Mussalem

Sumber :

Michael Mussallem, CEO Edwards Lifesciences

michael-mussallem-cropped-1

Pemilik nama lengkap Michael A. Mussallem sebelumnya berkiprah menjadi ketua dewan. Tahun 2000, pria berusia 61 tahun ini menjadi chief excutive officer. Sapaan dengan sebutan Mike telah berpengalaman dalam bidang teknik, pengembangan produk dan pernah menjabat sebagai senior manajemen di Baxter International Inc. Beliau adalah lulusan sarjana bidang teknik kimia dan mendapat gelar doktor dari Rose-Hulman Institute of Technology di Terre Haute, Indiana. Saat ini, Mussallem melayani dewan komisaris dan komite eksekutif Medical Technology Association (AdvaMed) dan dewan kepemimpinan bidang kesehatan.

Sebagai seorang CEO dari sebuah perusahaan peralatan medis Amerika dengan spesialisasi pada katup jantung buatan dan pemantauan hemodinamik. Uniknya, spesialisasi dari Edwards Lifesciences dikenal dengan katup jantung aorta yang terbuat dari bovine. Produk dari perusahaan ini diperdagangkan di NYSE.

Dalam sebuah tulisan terbitan dari Edwards Lifesciences LLC berisikan revitalisasi inovasi perangkat medis di Amerika Serikat menyatakan bahwa Mussallem telah bergabung dengan rekan panelisnya yaitu karyawan industri peralatan medis Amerika Serikat demi membantu pasein dengan memberikan dampak secara langsung terhadap kehidupan pasien. Berdasarkan pada pengalaman Edwards dalam mengembangkan dan mengantarkan pasien pada terapi baru ke Amerika selama beberapa dekade terakhir, justru membuat Mussallem merasa khawatir terhadap penurunan inovasi medis di Amerika. Pasalnya, Amerika telah menjadi pemimpin dunia dalam teknologi medis selama lebih dari satu generasi. Industri teknologi medis sangatlah penting bagi pengembangan perangkat medis dan diagnostik yang akan memberikan dampak positif bahwa teknologi medis mampu menghasilkan sebuah efisiensi dan penghematan biaya untuk sistem perawatan kesehatan dan meningkatkan kualitas perawatan pasien. Dalam tiga dekade terakhir antara tahun 1980 dan 2010 teknologi medis membantu mengurangkan jumlah hari yang dihabiskan orang di rumah sakit lebih dari separuh dan mengurangi jumlah korban jiwa akibat penyakit jantung dan stroke.Ternyata industri ini juga merupakan mesin pertumbuhan ekonomi bagi Amerika Serikat dan mampu menghasilkan upah tinggi pada tenaga medisnya.

Sebagai innovator, Mussallem dan rekannya memiliki kesempatan unik untuk berkarya dalam dunia medis, gagasan beliau adalah penggantian katup jantung aorta transcatheter (TAVR) merupakan sebuah pendekatan revolusioner untuk mengganti katup jantung aorta pasien tanpa menjalani operasi jantung. Gagasan ini diyakini oleh Mussallem akan berpeluang dan tetap memiliki hambatan dalam persetujuan atas peraturan yang ada dan kesulitan mempromosikan kepada kepemimpinan Amerika. Nyatanya, kepemimpinan ilmiah dan ekonomi Amerika memiliki tujuan yang sama dengan Musallem. Hal ini membuat Musallem akan berfokus pada 3 hal utama yaitu:

  1. Visi FDA untuk memperbaiki proses regulasi harus dipercepat
  2. Tenaga medis harus memperkuat insfrastruktur penelitian dan pengembangan
  3. Untuk mendorong hadirnya sebuah inovasi diperlukan diskusi perihal isu-isu di seluruh ekosistem unit Edwards Lifesciences

Perspektif unik Edwards
Edwards Lifesciences berambisi untuk dapat membantu menyembuhkan pasien yang menderita penyakit katup jantung yang mematikan disebut aortic stenosis. Edwards SAPIEN merupakan katup jantung aorta transcatheter yang dapat memberikan katup prostetik dengan metode penggunaan yaitu dilipat ke dalam tubuh melalui sistem pengiriman berbasis catheter. Pada pengalaman Mussallem terhadap SAPIEN dengan TAVR atau dengan nama lain penggantian katup aortha transcatheter dinyatakan berhasil dengan peraturan uniknya. Berikut kunci keberhasilan inovasi Mussallem antara lain:

  1. Pada tahun 1999, Edward memulai sebuah program interal yang mengeksplorasi penggantian katup transcatheter
  2. Tahun 2002, Profesor Alain Cribier melakukan prosedur pertama penggantian katup aorta transcatheter di Perancis
  3. Tahun berikutnya 2007, katup SAPIEN Edwards masuk dalam penjualan komersial di Eropa
  4. SAPIEN telah disetujui oleh FDA pada bulan Oktober 2011
  5. Empat tahun setelah mendapat tanda CE pada produk inovasinya di Eropa, kini katup SAPIEN disetujui oleh FDA sebagai langkah pengobatan pasien tanpa melalui operasi. Sehingga mampu membuat Amerika menjadi 42 negara yang menyetujui adanya perangkat ini
  6. Edwards Lifesciences menerima persetujuan atas peraturan untuk perangkat generasi kedua pada tahun 2014 bernama SAPIEN XT dan bekerja sama untuk mendapatkan generasi ketiga yang disetujui di Amerika Serikat dalam waktu dekat

Dibalik kesuksesan inovasi ini, banyak pihak yang berperan antara lain tenaga medis, regulator yang berkepentingan, pemangku kepentingan dari American College of Cardiology (ACC) dan Society of Thoracic Surgeons ikut serta membantu aorta transcatheter.

Mussallem berpikir bahwa pendekatan yang ia lakukan dalam mewujudkan inovasi uniknya dapat mencerminkan pandangan agensi guna ajang promosi kesehatan masyarakat demi tercapainya perlindungan pasien sebagai konsumen utama dari SAPIEN Edwards. Menurutnya, TAVR adalah contoh unik terobosan teknologi dalam dunia medis yang akan menjamin perhatian masyarakat luas untuk diaplikasikan guna terwujudnya revitalisasi inovasi di Amerika Serikat.

Sumber

  1. http://ir.edwards.com/directors.cfm
  2. https://en.wikipedia.org/wiki/Edwards_Lifesciences
  3. https://www.help.senate.gov/imo/media/doc/Mussallem2.pdf