Bagaimana biografi Michael Dell : CEO termuda yang pernah memimpin perusahaan besar dalam daftar Fortune 500 ?

Biografi, Michael Saul Dell


Pekerjaan

Chairman and CEO, Dell Technologies

Afiliasi lainnya

  • EMC Corporation
  • GNG Electronics Pvt Ltd.

Tempat dan Tanggal Lahir

Houston, Texas, 23 Februari 1965

Kewarganegaraan

Amerika Serikat

Pendidikan

Pre-medical School University of Texas, Austin

Total Kekayaan

US$ 15.9 billion dollar (2015) - US$ 20.5 billion dollar (2016)

Peringkat berdasarkan Forbes

  • 46 Powerful People (2016)
  • 59 in 2015
  • 20 Forbes 400 (2016)
  • 10 Richest In Tech (2016)
  • 35 Billionaires (2016)
  • 21 in United States
  • The Richest Person In America’s 50 Largest Cities (2016)

Riwayat Hidup


Michael Dell, dilahirkan di Houston, Texas, AS pada tanggal 23 Februari 1965. Putra dari seorang Dokter ahli merapikan gigi dan seorang Makelar Saham. Sejak kecil, Dell sangat tertarik dengan gadget dan teknologi. Bahkan pada saat umur 15 tahun, setelah bermain dengan komputer yang ada di Radio Shack ia membeli salah satu komputer Apple II. Ia membongkar komputernya untuk melihat komponen-komponennya, kemudian mencoba untuk merakitnya kembali.

Setelah memasuki SMA, ia bekerja paruh waktu sebagai penjual koran. Ia menargetkan basis pelanggan yang belum dimanfaatkan dan menjadikannya peluang untuk menjual koran-koran tersebut. Pada saat itu Dell mengamati banyak pengantin baru dan orang-orang pindah ke rumah baru yang sangat mungkin untuk belangganan koran. Dari strategi marketingnya itulah Dell sanggup meraup penghasilan US$ 18.000 dollar hanya dalam satu tahun.

Michael Dell mengenyam pendidikan di Herod Elementary School and Memorial High School in Houston. Pada tahun 1983, Dell memasuki pre-medical school di University of Texas yang berlokasi di Austin. Ia memasuki perkuliahan medis atas rekomendasi orang tuanya, namun Dell justru menunjukkan ketertarikannya terhadap teknologi. Di waktu luang, Dell selalu mengotak-atik PC dan mencoba untuk menjualnya kepada teman-teman satu asramanya.

Pada tahun 1988, Dell melakukan kencan buta dengan Susan Liebermen, seorang desainer fashion termuda di Dallas, kemudian menikah pada bulan Oktober 1989 dan memiliki 4 anak.

Pada tahun 1998, Dell membangun sebuah perusahaan pribadi khusus untuk mengelola semua kekayaannya. Perusahaan itu bernama MSD Capital. Kemudian pada tahun berikutnya, Perusahaan ini telah membuat investasi di sejumlah perusahaan, termasuk IHOP, Applebee, Dollar Rent-a-Car, Domino Pizza, dan bisnis lanskap yang disebut dengan ValleyCrest. Lalu pada tahun 2010, Perusahaan ini membeli 185.000 antik Foto Magnum sebagai transaksi fotografi terbesar dalam sejarah.

Pada tahun 1999, Dell bersama istrinya membuat sebuah organisasi sosial yang bernama Michael and Susan Foundation (MSDF.). Organisasi ini telah memberikan sebanyak US$ 1.23 billion kepada organisasi nirlaba dan perusahaan sosial di Amerika Serikat, India, Afrika Selatan. Dell dan Susan juga sering melakukan perjalanan keliling dunia untuk berkontribusi dalam organisasi tersebut, serta memberikan fokus utama terhadap anak-anak yang kurang mampu.

Riwayat Karir


Semasa kuliah, Dell menggunakan waktu luangnya untuk membongkar-pasang PC, mengupgrade, dan bahkan menjualnya kepada teman-teman satu asramanya. Pada tahun 1984, Dell memulai bisnis komputernya dengan nama PC’s Limited, serta modal awal sebesar US$ 1.000. Hanya dengan menjualnya kepada teman-teman seasramanya Dell telah berhasil mendapatkan pendapatan sejumlah US$ 180.000 dalam sebulan dan US$ 6 billion dalam setahun. Setelah itu, pada usia 19 ia keluar dari perguruan tinggi untuk menjalankan perusahaannya dengan serius.

Pada tahun 1987, nama PC’s Limited telah berganti menjadi Dell Computer Corp dan bisnis terus melonjak. Sehingga pada tahun 1988, Dell dipublikasi kepada publik dan berganti nama menjadi Dell, Inc. Di tahun tersebut produk Dell sudah mendapatkan IPO.

Pada tahun 1992, tepatnya saat Michael Dell berumur 27 tahun, ia menjadi orang termuda yang pernah memimpin sebuah perusahaan berdasarkan daftar fortune 500.

Pada 2004, Dell meninggalkan kemudinya sebagai CEO dan beralih menjadi Chairman. Namun, pada tahun 2007 pangsa Dell dari pasar PC menurun disebabkan terguncangnya manajemen dan keharusan membayar sejumlah US$ 300 million dolar untuk memperbaiki beberapa kerusakan mesin. Akhirnya Dell kembali sebagai CEO dan tidak akan lagi melepas jabatan tersebut.

Pada tahun 2010, Securities and Exchange Commission Amerika Serikat (SEC) mengungkapkan Dell Technologies dan eksekutif senior dalam penipuan akuntansi, sehingga Dell Technology harus membayar denda US$ 100 million dolar dan Dell secara pribadi membayar denda US$ 4 million dolar.

Pada tahun 2013, Dell terlibat dalam persaingan buruk dengan legendaris Texas, Carl Ichan, yang ingin mengambil alih Dell secara privat dan menggagalkan kesepakatan. Setelah keluar dari persaingan tersebut, akhirnya pada tahun 2015 Dell mengumumkan pada publik mengenai rencananya untuk membeli EMC.

Filosofi bisnis yang dimiliki Dell untuk meraih pangsa pasar PC adalah dengan kombinasi pemotongan biaya, mengurangi waktu pengiriman, dan menyediakan layanan pelanggan yang sangat baik. Ia juga berinisiatif untuk mempekerjakan eksekutif berpengalaman, baik untuk mengisi pekerjaan di perusahaan dan untuk bertindak sebagai mentor pribadi, dan dia menekankan penjualan langsung di luar gerai ritel biasa. Pada tahun 1992, Dell menjadi CEO termuda dalam sejarah yang memiliki perusahaan besar dan dimasukkan ke dalam daftar majalah Fortune dari 500 perusahaan top.

Hal yang unik dari bisnis Dell ini adalah ketika perusahaan lain kebanyakan mengharap pelanggan untuk berjalan-jalan di kantornya demi melihat stok yang ada, namun Dell yang tidak memiliki banyak modal untuk memulai bisnisnya agar membuat banyak stok, ia justru meminta calon pelanggannya untuk memberikan detail spesifikasi PC yang dibutuhkan. Sehingga ia bisa memenuhi kebutuhan tersebut dan menjualnya kepada pelanggannya. Dell telah menjadikan kelemahan tersebut menjadi kekuatan.

Saat ini, ia bukan hanya menjual PC, laptop, atau komputer server, melainkan juga media penyimpan (storage), printer, komputer genggam alias PDA, pemutar musik MP3, televisi plus berbagai jasa layanan komputer. Penjualan online Dell via Internet mencapai rata-rata US$ 30 million dolar AS per hari.

Fakta-fakta


  1. Dell memulai usahanya hanya dengan modal awal US$ 1.000 dolar.

  2. Sewaktu umur 12 tahun, Dell pernah menjadi tukang buruh cuci di salah satu Restoran Masakan China, dengan niat menyisihkan gajinya untuk membeli koleksi perangko yang disukainya.

  3. Dell masih berumur 23 tahun ketika perusahaannya mendapatkan IPO.

  4. Dell sangat protektif terhadap anak-anaknya.

  5. “Direct from Dell: Strategies that Revolutionized an Industry” adalah buku yang ditulis Dell mengenai kisah hidupnya. Buku ini ditulis dengan kolaborasinya bersama Catherine Fredman.

  6. Pada tahun 2002, Dell menerima gelar Doktor Kehormatan dalam Ilmu Ekonomi dari University of Limerick, untuk menghormati investasinya di Irlandia dan masyarakat setempat bersama dengan dukungannya terhadap inisiatif pendidikan.

  7. Dell mengoleksi mobil, termasuk 2004 Porsche Boxster, Porsche Carrera GT, Hummer H2.

  8. Memiliki pesawat pribadi Gulfstream V, serta Boeing Dreamliner 787 pada tahun 2013.

  9. Dell drop out dari University of Texas.

  10. Dell tertarik dengan kesenian dan menyukai travelling.

  11. Minat Dell berada pada teknologi dan social networking.

  12. Dell berada di Austin, Texas bersama istrinya, Susan, dan empat anak mereka.

Quotes


You don’t have to be a genius or a visionary or even a college graduate to be successful. You just need a framework and a dream. Michael Dell

Real entrepreneurs have what I call the three Ps (and, trust me, none of them stands for ‘permission’). Real entrepreneurs have a PASSION for what they’re doing, a PROBLEMS that needs to be solved, and a PURPOSE that drives them forward. Michael Dell

There’s always an opportunity to make a difference. Michael Dell

Every breakthrough business idea begins with solving a common problem. The bigger the problem, the bigger the opportunity. Michael Dell

Referensi
2 Likes

Michael Dell adalah pendiri perusahaan komputer Dell, Inc Dia menciptakan salah satu perusahaan komputer yang paling menguntungkan di dunia dengan penjualan tahunan sampai $ 50 miliar dolar Amerika. Dell juga menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan daftar posisi ke-4 dalam daftar Forbes kaya Amerika pada tahun 2005 dengan estimasi senilai $ 18 miliar. Dia kuliah di University of Texas dengan harapan untuk menjadi dokter namun studi ditinggalkan untuk memulai usaha sendiri di baru 19 tahun.

Dengan hanya satu ribu dolar di saku Dell mulai “PC’s Limited” pada tahun 1984. Dari asrama universitas kamarnya Dell mulai membangun dan menjual komputer pribadi dari komputer bagian saham. Ide yang mengatur pengusaha muda terpisah dari orang lain adalah menjual langsung kepada pelanggan, bukan melalui pihak ketiga untuk menjual produknya.

PC’s Limited memungkinkan pelanggan untuk menyesuaikan komputer mereka sebelum kustom dibangun untuk spesifikasinya. Harga dapat disimpan juga jauh lebih rendah daripada kompetisi Limited PC karena mereka tidak memiliki toko untuk mempertahankan atau perantara untuk membayar komisi kepada. Semua komputer yang dijual langsung kepada pelanggan dengan menggunakan formulir pemesanan, pesanan telepon, dan sekarang pesanan Internet.

Pada tahun 1988 PC’s Limited memiliki berubah nama menjadi “Dell Computer Corporation” dan memiliki penawaran umum perdana (IPO) yang menghargai perusahaan di sekitar $ 80 juta. Pada tahun 1992 Dell Computer Corporation yang terdaftar di daftar Fortune 500 dari lima ratus perusahaan terbesar di dunia, membuat Michael Dell CEO termuda yang pernah memimpin sebuah perusahaan Fortune 500.
Perusahaan terus tumbuh dan berkembang secara dramatis dari tahun ke tahun, akhirnya menjual lebih banyak komputer di Amerika Serikat daripada perusahaan PC lainnya (termasuk Compaq).

“Dell Computer Corporation” menjadi “Dell Inc” saat mereka pindah ke wilayah bisnis. Dell Inc sekarang memiliki berbagai produk yang termasuk memperluas sistem hiburan rumah dan perangkat pribadi.vMichael telah menerbitkan bukunya sebagian otobiografi “langsung Dell Dari: Strategi Itu sebuah revolusi Industri”. Buku ini ditulis dalam gaya, menghibur cepat tanggung yang menjelaskan bagaimana Dell berbalik perusahaannya senilai $ 1.000 ke mega-korporasi lebih dari $ 100 miliar.

Dell mengundurkan diri dari perannya sebagai CEO di Dell Inc pada tahun 2004 tetapi tetap menjadi Ketua Dewan.Michael Dell menggunakan sebagian dari kekayaan yang besar untuk kegiatan amal, dan telah memulai “Michael dan Susan Dell Foundation” dengan istrinya Susan. Organisasi ini memiliki komitmen untuk meningkatkan kehidupan anak-anak di Amerika Serikat maupun internasional. Sebuah surat dari Susan dan Michael Dell menyatakan bahwa peran yayasan ini adalah untuk fokus pada "pendidikan yang berkualitas … dan kesehatan yang baik bagi anak-anak Kami menyadari bahwa masalah tersebut secara langsung terhubung… Jika anak-anak memiliki sarana yang diperlukan untuk merawat mereka badan dan pikiran sekarang, potensi untuk sukses pada masa mendatang sangat meningkat. "

Dell Keluarga tinggal di salah satu rumah terbesar di Austin, Texas dan telah dilaporkan 15 rumah terbesar di dunia.Bin ortodontis sebuah dan pialang saham, Dell dihadiri Herodes SD di Houston, Texas. Dalam tawaran untuk memasuki bisnis awal, ia diterapkan untuk mengambil ujian persamaan sekolah tinggi pada usia delapan tahun. Pada remaja awal, dia menginvestasikan penghasilannya dari pekerjaan paruh waktu di saham dan logam mulia.

Dell membeli kalkulator pertama pada usia tujuh dan bertemu mesin teletype yang pertama di SMP, yang diprogram setelah sekolah. Pada usia 15, setelah bermain dengan komputer di Radio Shack, dia punya komputer pertamanya, sebuah Apple II, yang segera dibongkar untuk melihat cara kerjanya Dell. Menghadiri Memorial High School di Houston menjual langganan di Houston Post musim panas. Dalam membuat panggilan dingin, Dell mengamati bahwa pengantin baru dan orang-orang pindah ke rumah baru yang sangat mungkin untuk membeli berlangganan. Dia ditargetkan grup ini demografis dengan nama yang dikumpulkan dari perkawinan dan aplikasi hipotek. Dell mendapatkan $ 18.000 tahun itu, melebihi pendapatan tahunan sejarah dan guru ekonomi.

Sementara seorang mahasiswa kedokteran di University of Texas di Austin, Dell memulai usaha informal upgrade komputer di ruang 2713 gedung perumahan Dobie Center. Dia kemudian diaplikasikan pada lisensi vendor untuk tawaran kontrak untuk negara bagian Texas, memenangkan tawaran dengan tidak memiliki arti dari sebuah toko komputer.

Pada bulan Januari 1984, Dell kurang yakin pada keyakinan bahwa potensi penghematan biaya dari produsen menjual PC langsung telah keunggulan besar atas saluran eceran konvensional tidak langsung. Pada bulan Januari 1984, perusahaan Dell terdaftar sebagai “PC’s Limited”. Beroperasi dari kondominium, bisnis dijual antara $ 50.000 dan $ 80.000 di upgrade PC, peralatan, dan add-on komponen. Pada bulan Mei, Dell dimasukkan perusahaan sebagai “Dell Computer Corporation” dan pindah ke pusat bisnis di North Austin. Perusahaan ini mempekerjakan pengambil order, beberapa orang lagi untuk memenuhi mereka, dan, sebagai kenang Dell, staf manufaktur “yang terdiri dari tiga orang yang duduk di meja obeng enam kaki.” kapitalisasi biaya tersebut usaha adalah $ 1.000.

Pada tahun 1992, di usia 27 tahun, Dell menjadi CEO termuda yang memiliki perusahaan-nya peringkat dalam daftar majalah Fortune dari 500 perusahaan teratas. Pada tahun 1996, Dell mulai menjual komputer melalui Web, tahun yang sama perusahaan itu meluncurkan pertama server. Dell Inc segera melaporkan sekitar $ 1 juta dalam penjualan per hari dari dell.com. Pada kuartal pertama tahun 2001, Dell Inc meraih pangsa pasar dunia 12,8 persen, melewati Compaq untuk menjadi pembuat PC terbesar di dunia. Metrik menandai pertama kalinya peringkat telah bergeser selama tujuh tahun sebelumnya. pengiriman gabungan perusahaan dari desktop, notebook dan server di seluruh dunia tumbuh 34,3 persen dan 30,7 persen di Amerika Serikat pada saat penjualan pesaing menjadi sempit.

Pada 1998, Dell didirikan MSD Capital secara eksklusif LP untuk mengelola investasinya keluarga dan itu. kegiatan Investasi termasuk surat berharga yang diperdagangkan secara publik, kegiatan ekuitas swasta, dan real estat. Perusahaan ini mempekerjakan 80 orang dan memiliki kantor di New York, Santa Monica dan London. Dell tidak terlibat dalam operasi sehari-hari. Pada pidato di hadapan Detroit Economic Club pada bulan November 1999, Dell mendefinisikan “3 C” e-commerce (isi, perdagangan, dan masyarakat) sambil mengartikulasikan strategi untuk menawarkan pengalaman pelanggan online yang superior.

Pada tanggal 4 Maret 2004, Dell mengundurkan diri sebagai CEO Dell Inc tetapi tetap sebagai ketua dewan, sementara Kevin B. Rollins, kemudian Presiden dan COO, menjadi presiden dan CEO. Pada tanggal 31 Januari 2007, Dell kembali sebagai CEO menggantikan Rollins.

Dalam mantra kedua sebagai chief executive, Michael Dell memiliki dua tujuan utama. Yang pertama adalah untuk memicu gaya kepemimpinan yang lebih inklusif dalam upaya untuk menghidupkan kembali kerja. Dell menciptakan sebuah dewan kepemimpinan dan berhati-hati untuk mendelegasikan keputusan lebih kepada tim eksekutifnya kedua kalinya. gol kedua adalah untuk mengembangkan hubungan dengan pelanggan lebih terbuka. Selanjutnya, Dell ideastorm.com didirikan, website komunitas pengguna Dell yang dipimpin.

Penghargaan untuk Dell meliputi: “Pengusaha Terbaik” (pada usia 24) dari majalah Inc [19]; CEO “Top di Amerika Bisnis” dari majalah Worth; “CEO Tahun” dari Keuangan Dunia, Industri Minggu dan Chief Executive majalah. Dell melayani di Dewan Yayasan Forum Ekonomi Dunia, komite eksekutif dari International Business Council, Dewan Bisnis Amerika Serikat, dan pengurus Indian School of Business di Hyderabad, India. Sebelumnya menjabat sebagai anggota Presiden AS Dewan Penasehat pada Sains dan Teknologi.

“Our business is about technology, yes. But it’s also about operations and customer relationships.” Michael Dell

Michael Dell adalah pendiri perusahaan komputer Dell, Inc. Dia menciptakan salah satu perusahaan komputer yang paling menguntungkan di dunia dengan penjualan tahunan sampai $ 50 miliar dolar Amerika. Dell juga menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan daftar posisi ke-4 dalam daftar Forbes kaya Amerika pada tahun 2005 dengan estimasi senilai $ 18 miliar.

Salah satu hal yang menarik dari Michael Dell adalah rasa ingin tahu nya yang besar. Pada umur yang masih belia, ia sudah memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap apa menarik baginya. Saat Dell berumur 15 tahun, ia membongkar komputer baru Apple II untuk melihat komponen-komponennya dan mencoba merakitnya kembali karena ia sangat penasaran dengan komponen yang ada di dalam komputer tersebut.

Dell memulai bisnis komputernya pada tahun 1984 dengan modal awal hanya sebesar $ 1.000 dan dikerjakan secara paruh waktu. Pada paruh kedua tahun pertamanya, Dell telah menjual komputer senilai $ 80.000. Dia keluar dari perguruan tinggi pada usia 19 untuk menjalankan perusahaan secara full time, dan akhirnya go public pada tahun 1988. PC’s Limited kemudian berganti nama menjadi Dell Computer Corporation dan akhirnya menjadi Dell, Inc. Pada tahun 1992, Dell menjadi CEO termuda dalam sejarah yang memiliki perusahaan besar dan masukkan daftar majalah Fortune dari 500 perusahaan top. Pencapaian tersebut tentu tidak diraih Dell semudah membalikkan telapak tangan. Dell harus melalui perjuangan yang panjang dan sulit untuk mencapai kesuksesannya kini.

Hal yang paling saya kagumi dari Michael Dell adalah kemampuannya untuk mengubah kelemahannya menjadi kekuatan. Karena modal yang dimiliki Dell hanya sebesar 1000 dollar AS, ia belum bisa memiliki kantor sendiri dan tidak memiliki banyak stok. Jadi, ia menjalankan bisnisnya hanya di asrama dan meminta calon pelanggan untuk memesan lewat telepon atau internet sesuai keinginan mereka tanpa harus bertatap muka. Hal ini tentunya juga memberikan keuntungan bagi Dell maupun pelanggannya karena dapat menghemat waktu dan menghemat biaya untuk bertemu. Inovasi-inovasi yang dikembangkan Dell sungguh luar biasa. Ia mampu melihat peluang dari segala sudut pandang. Hal ini lah yang membuat karya-karya Dell kreatif dan berbeda dengan produk-produk yang telah ada di pasaran. Untuk menjalankan usahanya, ia mempekerjakan eksekutif berpengalaman, baik untuk mengisi pekerjaan di perusahaan dan untuk bertindak sebagai mentor pribadi, dan dia menekankan penjualan langsung di luar gerai ritel biasa.

Produk Dell sudah mulai berkembang dari bisnis intinya. Saat ini, ia bukan hanya menjual komputer pribadi (PC), komputer jinjing (laptop) atau komputer server, namun juga media penyimpan (storage), printer, komputer genggam alias PDA, pemutar musik MP3, televisi plus berbagai jasa layanan komputer. Namun, pada tahun 2004 Dell mengundurkan diri sebagai CEO perusahaan, tetapi ia tetap menjadi ketua dewan direksi. Ia menjabat di Dewan Yayasan Forum Ekonomi Dunia dan komite eksekutif Dewan Bisnis Internasional. Ia juga menjadi Dewan Penasehat Presiden AS mengenai Sains dan Teknologi dan duduk di pengurus Indian School of Business di Hyderabad.

Walaupun Michael Dell telah memiliki kekayaan yang luar biasa, ia tetap rendah hati dan dermawan. Bahkan, ia dan istrinya membentuk sebuah yayasan, yaitu Michael & Susan Dell Foundation untuk mengelola investasi dan upaya filantropi keluarganya. Melalui yayasan tersebut, Dell menggunakan sebagian dari kekayaan pribadinya untuk membantu anak-anak di seluruh dunia. Dell berharap bahwa ia dapat membantu anak-anak tersebut dalam bidang kesehatan, pendidikan, keamanan, pengembangan generasi muda, dan perawatan anak usia dini.

“Ignore the people who tell you it won’t work, and hire people who embrace your vision.” Michael Dell

“Recognize that there will be failures, and acknowledge that there will be obstacles. But you will learn from your mistakes and the mistakes of others, for there is very little learning in success.” Michael Dell

“You can’t be afraid to fail because that’s when you learn.” Michael Dell

Michael Dell lahir pada tanggal 23 Februari 1965 di Houston, Texas, AS. Michael Dell merupakan salah satu pengusaha-pengusaha sukses asal Amerika, yang juga merupakan seorang penulis dan dikenal sebagai pendiri dan CEO dari Dell, Inc. Dell juga menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan daftar posisi ke-4 dalam daftar Forbes Amerika pada tahun 2005 dengan estimasi senilai $ 18 miliar.

Michaell Dell pertama kali memulai proyek komputernya saat berusia 15 tahun. Menariknya, awal mula Ia memulai proyek tersebut adalah dari dasar rasa ingin tahunya. Saat itu karena penasaran, Ia membongkar komputer baru Apple II untuk melihat komponen-komponennya, mempelajarinya, kemudian mencoba merakitnya kembali.

Pada awalnya, Dell merupakan seorang mahasiswa dari Universitas Texas di Austin. Ia memulai bisnis komputernya (awalnya bernama PC’s Limited) pada tahun 1984 dengan modal awal hanya sebesar $ 1.000. Pekerjaan itu dijalankanya secara part time. Pada paruh kedua tahun pertamanya, Dell telah menjual komputer senilai $ 80.000. Kemudian dia mengambil resiko drop out dari perguruan tinggi pada usia 19 untuk menjalankan perusahaan full time, dan akhirnya sukses go public pada tahun 1988. PC’s Limited kemudian berganti nama menjadi Dell Computer Corporation dan akhirnya menjadi Dell, Inc.

Yang saya kagumi dari Dell adalah pola pikirnya tentang kunci utama kesuksesan, yakni inovasi unik sang pendiri. Ia membuat gebrakan yang jauh berbeda dari yang dilakukan perusahaan komputer pada saat itu. Calon pembeli Dell bisa memesan langsung komputer sesuai keinginan mereka melalui telepon atau internet. Mereka bisa memasukkan spesifikasi komputer yang ingin dibeli secara online. Akibatnya, Dell tidak perlu menyimpan stok barang atau melakukan investasi yang terlalu besar. Sebenarnya dengan melakukan strategi penjualan itu, Dell telah mengubah kelemahannya menjadi kekuatan. Karena modalnya terbatas, ia belum bisa memiliki kantor sendiri dan belum bisa memiliki banyak stok. Jadi ia melakukan bisnis dari asramanya. Ia tidak mengharapkan pelanggan untuk datang dan melihat “kantor”nya. Ia meminta calon pelanggan untuk memesan lewat telepon atau Internet sesuai keinginan mereka, tanpa perlu repot-repot datang. Dan ternyata, strateginya sungguh berhasil.

Filosofi bisnis Dell adalah untuk meraih pasar PC melalui kombinasi pemotongan biaya, mengurangi waktu pengiriman, dan menyediakan layanan pelanggan yang sangat baik. Untuk melakukannya, Ia mempekerjakan eksekutif berpengalaman, baik untuk mengisi pekerjaan di perusahaan dan untuk bertindak sebagai mentor pribadi, dan dia menekankan penjualan langsung di luar gerai ritel biasa. Pada tahun 1992, Dell menjadi CEO termuda dalam sejarah yang memiliki perusahaan besar dan tertera dalam daftar majalah Fortune dari 500 perusahaan top. Dalam bukunya langsung dari Dell: Strategi Itu sebuah Revolusi Industri (1999), dijelaskan cerita perkembangan perusahaan Dell dan diberikan strategi yang berlaku untuk semua bisnis.

Meskipun Michael Dell kini hidup dengan kekayaan yang bisa dibilang luar biasa, Ia tetap tidak mau merasa puas begitu saja. Ia dan istrinya membentuk sebuah yayasan bernama Michael & Susan Dell Foundation untuk mengelola investasi dan upaya filantropi keluarga Dell. Melalui yayasan tersebut, Dell menggunakan sebagian dari kekayaan pribadinya untuk membantu anak-anak di seluruh dunia dengan berfokus pada kesehatan, pendidikan, keamanan, pengembangan generasi muda, dan perawatan anak usia dini, yang pada tahun 2005 memberikan sumbangan lebih dari $ 1 miliar, memberikan jutaan dolar untuk membantu korban tsunami 2004 di Asia selatan. Pada tahun 2006 ia juga menyumbang $ 50 juta kepada University of Texas di Austin.

“You don’t have to be a genius or a visionary or even a college graduate to be successful. You just need a framework and a dream.” -Michael Dell

Nama : Michael Saul Dell
Lahir : Houston, Texas 23 Februari 1965
Pendidikan : University of Texas at Austin
Pekerjaan : Pendiri Dell Technologies

Michael Dell adalah chairman dan chief executive officer Dell Technologies, keluarga bisnis unik yang mencakup Dell, Dell EMC, Pivotal, RSA, SecureWorks, Virtustream dan VMware. Dell Technologies adalah inovator dan pemimpin teknologi yang menyediakan infrastruktur penting bagi organisasi untuk membangun masa depan digital mereka, mentransformasikan TI dan melindungi informasi terpenting mereka.

Sudah pandai mencari pendapatan sejak usia 12 tahun
Bakat Michael Dell untuk menjadi seorang entrepreneur, sepertinya memang sudah terlihat sejak masa mudanya. Pada saat ia berusia 12 tahun, ia mulai mencoba mencari pendapatan dengan menawarkannational stamp auction melalui surat. Dan, dari bisnis tersebut, Michael Dell berhasil memperoleh US$2,000. Tentunya, pendapatan tersebut cukup besar pada waktu itu baginya.

Menemukan konsep penjualan untuk Houston Post pada saat berusia 16 tahun
Memang, Michael Dell bukanlah orang yang berhenti untuk berusaha. Bakatnya menjadi seorang entrepreneur semakin terlihat ketika ia menemukan konsep penjualan untuk jasa berlangganan Houston Post pada saat ia berusia 16 tahun. Ia mendapatkan prospek dari data pernikahan dan hipotek. Ia menemukan, bahwa orang yang baru menikah dan yang akan pindah ke rumah baru, biasanya lebih mudah untuk ditawarkan jasa berlangganan. Dan, dari pekerjaan yang dijalankannya itu, Michael Dell berhasil mendapatkan US$18,000. Dari penghasilan tersebut, ia akhirnya membeli mobil dan tiga komputer.

Memulai bisnis upgrading computer pada saat ia menjadi mahasiswa pre-medical di University of Texas
Michael Dell memang memiliki otak bisnis yang luar biasa. Pada saat ia menjadi mahasiswa pre-medical di University of Texas, ia mencoba bisnis upgrading computer dari kamar asramanya. Setelah itu, ia mendaftar untuk mendapatkan lisensi sebagai penjual, agar dapat melakukan penawaran kontrak kerjasama ke negara bagian Texas. Dan tentu saja, ia berhasil menang dalam upaya penawaran tersebut dan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk toko komputer.

Memilih keluar dari kuliahnya karena memprioritaskan bisnisnya
Pada usia 19 tahun, Michael Dell memutuskan untuk berhenti dari bangku kuliahnya karena memilih untuk berbisnis. Dan, keputusannya memang tidak salah. Strategi bisnis yang dijalankannya pada waktu itu berhasil. Tahun 1984, ia membuat PC’s Limited dan memasarkannya dengan cara penjualan langsung tanpa pihak ketiga. Dan, akhirnya ia berhasil menjual dengan harga yang lebih murah dibandingkan kompetitornya.

Pada usia 27 tahun, ia sudah menjadi CEO termuda versi Fortune Magazine
Karena kemampuannya dalam berbisnis, pada tahun 1992, Michael Dell yang saat itu berusia 27 tahun berhasil menjadi CEO termuda dimana perusahaannya masuk dalam daftar Top 500 versi Fortune Magazine.

Pendapatan Dell pada tahun 1996 sekitar 1 juta dollar per harinya
Bisnis yang dijalankan Michael Dell memang terus berkembang. Pada tahun 1996, ia mulai menjual komputer melalui web. Di tahun yang sama, perusahaan yang dipimpinnya juga meluncurkan server pertamanya. Dan, saat itu penghasilan yang didapatkan dari penjualan adalah sekitar 1 juta dollar per harinya. Dan, pendapatannya memang terus bertambah. Pada tahun 2010, pendapatan bersih yang didapatkan Dell adalah sebesar 13.5 milyar dollar berdasarkan estimasi Forbes.

Mendapatkan gelar kehormatan dari University of Limerick di Irlandia
Pada tahun 2002, Michael Dell mendapatkan gelar Honorary Doctorate bidang Economic Science dari University of Limerick di Irlandia. Gelar tersebut diberikan kepada Michael Dell karena menghormati akan investasinya di Irlandia dan kaum muda, serta dukungannya kepada hal pendidikan.

sumber :

Michael Dell adalah seorang pendiri perusahaan computer Dell, Inc. Dia lahir pada tanggal 23 Februari 1965 di Houston. Saat kecil Dell sudah tertarik pada computer. Dan pada tahun 1984, Michael Dell meminjam uang sebesar $1.000 dari orang tuanya untuk memulai bisnis aksesoris computer.

Dia memulai dengan membantu meng-upgrade komputer customer. Lalu dia membuat sebuah business model untuk perusahaannya yaitu Dell, Inc, Dell menjual langsung ke konsumennya, dia menghindari retail store atau seorang distributor untuk mengincar keuntungan yang lebih besar. Hanya 2 decades, perusahaan Dell berkembang menjadi perusahaan besar, dengan jumlah pegawai sebanyak 47.000 lebih dan pendapatan tahunanya sebesar $40 miliar. Dell pun masuk kedalam daftar 10 orang termakmur di bawah umur 40 di Amerika. Dell mendapat banyak pujian karena menjadi orang yang visionary dan seorang innovator.

ASAL MULA MICHAEL DELL MENJADI BUSINESSMAN

Saat Michael Dell menunjukan keahliannya di umurnya yang sangat muda , Dell tidak berminat untuk sekolah. Dan di umur 8 tahun, dia mengikuti high school equivalency exam, dan jika dia lulus ujian itu, dia akan langsung lulus dari SMA tanpa belajar sama sekali di SMA. Tapi Ayahnya menuntut Dell untuk tetap sekolah. Dan saat umur 12 tahun dia mulai mencari uang dengan usahanya sendiri dengan bisnis perangko dan baseball cards dan mendapakan pendapatan sebesar $2.000. Dan di usia 14 tahun, Dell mendapat komputer pertamanya sebuah Apple II. Dan dia mulai menyadari kalau dia memiliki keahlian dalam bidang membongkar pasang komputer.

Di masa SMA nya. Dell mengambil pekerjaan sebagai pengantar Koran Houston Post.Dengan menggunakan strategi penjualannya. Dia mengumpulkan alamat orang yang baru saja menikah dan menawaarkannya untuk percobaan berlangganan secara gratis dan di ikuti dengan menelpon. Dan menghasilkan $18.000. Dell menabung untuk membeli sebuah BMW.

Pada tahun 1983, Dell masuk University of Texas di Austin, orang tuanya berharap dia akan menjadi seorang dokter, tapi keahlian dell bukanlah menjadi seorang dokter. Dalam menelusuri personal computer atau PC, Dell menyadari keuntungan menjual PC. Dell menyadari konsumen membeli PC dengan harga sekitar $3.000 dan perangkat di dalam PC tersebut seharga $600.

Dell juga menyadari kalau harga komputer seharusnya lebih murah jika tidak memakai seorang dealer. Dell pun menyadari dia dapat memasang bagian-bagian komputer dan menjualnya langsung ke konsumen tanpa melewati seorang distributor. Dell bersabar dengan setiap sen keuntungannya. Dell kemudian mengkombinasikan pengetahuannya tentang computer dengan kemampuan bisnisnya dan diapun memulai bisnisnya sendiri, merakit dan meng-upgrade komputer.

Di saat musim panas pada tahu 1984, setelah 1 tahun kuliah, Dell memutuskan untuk fokus pada bisnis nya dan keluar dari universitas. Perusahaannya kemudian di panggil PCs Unlimited, dia memulai membuat PCs, mulai dengan mendirikan perusahaan seperti IBM dan Compaq dan menambah elemen agar supaya produknya beda dari yang lain. Kemudian Dell melanjutkan strateginya yaitu menjual langsung ke konsumennya. Di akhir tahun 1984, perusahaannya berhasil mendapatkan $6 million. Di tahun 1985, Dell mempunyai 30 karyawan yang bekerja padanya. Dan saat musim panas, perusahaannya memulai membuat Turbo PC, ini adalah komputer pertamanya yang dibuat seluruhnya dari awal. Dan pada tahun 1987, Dell mengubah nama perusahaanya dari PCs Unlimited menjadi Dell Computer Corporation.

SUMBER
http://www.notablebiographies.com/news/Ca-Ge/Dell-Michael.html

michael-dell-quote-youre-winning
sumber : http://succeedfeed.com/50-michael-dell-quotes-that-will-inspire-and-motivate-you/

Michael Saul Dell (lahir 23 Februari 1965) adalah seorang pengusaha, investor, filantropis, dan penulis Amerika. Dia adalah founder dan CEO Dell Technologies, salah satu perusahaan infrastruktur teknologi terbesar di dunia. Dia menduduki peringkat ke-37 orang terkaya di dunia oleh Forbes, dengan kekayaan bersih US $ 20,8 miliar pada Februari 2017.

Pada tahun 2011, 243.35 juta saham Dell Inc. bernilai 3,5 miliar, memberinya 12% kepemilikan perusahaan. Kekayaannya yang tersisa sekitar 10 miliar diinvestasikan di perusahaan lain dan dikelola oleh sebuah perusahaan bernama MSD Capital, memasukkan inisial Dell. Pada tanggal 5 Januari 2013 diumumkan bahwa Michael Dell telah mengajukan penawaran untuk mengambil Dell Inc. secara pribadi sebesar 24,4 miliar dalam pembelian manajemen terbesar sejak Great Resession. Dell Inc. resmi go private pada tanggal 29 Oktober 2013. Pada tanggal 12 Oktober 2015, Dell Inc. mengumumkan keinginannya untuk mengakuisisi perusahaan perangkat lunak dan penyimpanan perusahaan EMC Corporation. Pada 67 miliar, telah diberi label “perolehan teknologi bernilai tertinggi dalam sejarah”. Akuisisi ini diselesaikan pada 7 September 2016.
Michael Dell bukanlah orang yang berhenti untuk berusaha.

Bakatnya menjadi seorang entrepreneur semakin terlihat ketika ia menemukan konsep penjualan untuk jasa berlangganan Houston Post pada saat ia berusia 16 tahun. Ia mendapatkan prospek dari data pernikahan dan hipotek. Ia menemukan, bahwa orang yang baru menikah dan yang akan pindah ke rumah baru, biasanya lebih mudah untuk ditawarkan jasa berlangganan. Dan, dari pekerjaan yang dijalankannya itu, Michael Dell berhasil mendapatkan US$18,000. Dari penghasilan tersebut, ia akhirnya membeli mobil dan tiga komputer.

Selain menjadi CEO Dell, Michael juga melebarkan sayapnya dengan selalu memberi motivasi kepada orang lain untuk menjadi siap berkarya dan melampaui apa yang telah ia capai

Tanggung jawab kegagalan

Pada bulan Juli 2010 Dell Inc. setuju untuk membayar denda 100 juta untuk menyelesaikan biaya SEC pengungkapan dan kecurangan akuntansi sehubungan dengan pembayaran yang tidak diungkapkan dari Intel Corporation. Michael Dell dan mantan CEO Kevin Rollins setuju untuk membayar 4 juta masing-masing, mantan CFO James Schneider untuk membayar $ 3 juta untuk menyelesaikan tuntutan tersebut.

sumber :
https://www.forbes.com/profile/Michael-Dell/



Michael Dell adalah salah seorang dari banyak entrepreneur yang berhasil mencuat bersama dengan perkembangan teknologi yang berkembang pesat pada era 1980 - 1990. Dia berhasil mengubah start-up yang tidak bernilai menjadi perusahaan dengan nilai jutaan dolar. Yang menjadi motivasi Dell saat itu adalah bagaimana komputer merupakan hal yang seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya, sedangkan kebanyakan komputer pada kala itu dapat dibeli dengan spesifikasi yang belum tentu sesuai dengan segmentasi pengguna tertentu. Ada pula pilihan untuk merakit komputer sendiri, namun tidak semua orang memiliki waktu, tenaga, pengetahuan dan biaya untuk membuat komputernya sendiri. Terlebih pada skala korporasi yang membutuhkan komputer dengan jumlah banyak dan digunakan pada skala besar. Hal ini yang menjadi motivasi Michael Dell, seorang anak berusia 19 tahun yang bermodal $1000 saja, dengan visi dan tekad kuat untuk membuat gebrakan pada industri teknologi.

Kepemimpinan, apa itu kepemimpinan? Kepemimpinan memiliki arti yang luas dan kontekstual. Apakah seorang entrepreneur inovatif adalah dapat disandingkan dengan seorang diktator? Sama sekali tidak. Membuat seseorang mengikuti apa keinginan kita bukanlah esensi dari kepemimpinan. Kepemimpinan yang baik adalah menginspirasi orang, berbagi visi, dan berusaha mencapai visi bersama-sama sebagai sebuah tim, bukan sebagai atasan dan bawahan. Filosofi ini pula yang dianut oleh para pimpinan perusahaan besar yang sampai saat ini menduduki tingkat teratas pada industrinya masing-masing. Tak terkecuali Michael Dell.

Michael tidak menjadi orang yang sombong, melihat dia mempekerjakan banyak teknisi dan pekerja yang cakap. Dia masih meluangkan waktu untuk bercengkrama dengan mereka. Sikap yang sederhana ini menyebabkan para pekerjanya menaruh rasa hormat dan loyalitas terhadapnya. Beberapa nilai yang dianut Dell antara lain dia memiliki tujuan yang jelas dan fokus dalam usaha pencapaiannya. Dell adalah orang yang kreatif sehingga memiliki banyak inovasi dalam mencapai suatu tujuan, pekerja keras namun dapat membagi waktu dengan efisien serta memiliki visi dan filosofi bisnis yang berbeda dari kompetitornya menjadikan perusahaannya selalu terdiferensiasi dan terlihat mencolok.

Perjalanan Dell untuk menjadi pemimpin inovatif dan dicintai seperti yang dikenal sekarang tidak terjadi dalam semalam. Pada awal kepemimpinannya dia adalah seorang yang otokratis. Ini dapat dimaklumi. Sebelumnya Dell belum memiliki pengalaman di bidang manajerial. Namun seiring berjalannya waktu, Dell belajar bagaimana mengatur hubungannya dengan para pekerjanya, belajar kepemimpinan secara otodidak menjadikan dia seorang pemimpin yang tahu bagaimana cara bertindak secara tanggap dan tepat, tak lain karena pengalamannya. Sikap Dell memiliki dampak positif pada karyawannya dimana para pekerja Dell menjadi loyal kepadanya. Bahkan ketika Dell menanggalkan posisinya sebagai CEO dan kembali menjabat 3 tahun kemudian, para karyawannya menyambutnya dengan tangan terbuka. Dengan kembalinya Dell, kondisi internal tim yang sebelumnya sempat merenggang dapat kembali kondusif.
Dalam memimpin. Dell tidak pula sendirian. Selain cerdas dalam mengambil keputusan Dell pun cakap dalam memilih partnernya dalam membangun kerajaan komputer terbesar. Pada 1993, contohnya, dimana Dell Komputer mengalami penururunan harga saham, diikuti keluarnya Chief Financial Officer menyebabkan kekosongan kepemimpinan di bidang keuangan, menyebabkan produksi menjadi kacau dan menghentikan produksi komputer Dell sementara. Dia dengan cakap memilih beberapa manajer kelas atas pada saat itu. Dia mengajak executive Motorola, Mort Topfer, sebagai Chief Operational Officer. Dia juga mengajak Kevin Rollins, untuk mengatur organisasional Dell serta John Medica, seorang desainer dari Apple. Tidak salah, keputusannya untuk mengajak orang-orang ini membangun kembali Dell yang sempat terpuruk merupakan keputusan yang tepat. Dalam 12 bulan saja terjadi peningkatan laba sebesar $149 juta.

Tidak berhenti disitu, Dell merombak ulang segmentasi pasarnya, dan menggunakan pendekatan yang berbeda dalam menjual komputer produksinya. Dia tak lagi menjual komputer yang berfokus pada penekanan harga, melainkan pada pelanggan dengan margin harga yang tinggi, dan berfokus pada pemasaran daripada penjualan. Dia pun melakukan pemangkasan dengan menghentikan penjualan di toko fisik dan menjual melalui telpon dan faksimili, yang terbukti cukup efektif. Dan puncaknya, Dell menggunakan Web-Service untuk menjajakan komputer miliknya dengan kelebihan seperti kustomisasi dan efeisiensi, Dell berhasil terdiferensisasi dari kompetitornya.

Dell melakukan ini bukan karena dia merasa terdesak oleh kompetitornya, melainkan dengan Dell Computer berada pada tingkatan atas pada industri komputer semakin memicunya untuk berinovasi, dimana dia sadar yang diam akan tergerus arus teknologi yang semakin dinamis dan kompetitif. Ini menunjukkan bahwa orang yang memiliki otoritas tidak selamanya dapat menjadi pemimpin. Karisma dan inovasi yang menjadikan seorang pemimpin berkembang dan dapat dengan sukses membawa organisasi yang dipimpinnya.

Sumber :