Bagaimana biografi Martin Heidegger?

filusuf Martin Heidegger

Martin Heidegger adalah seorang filsuf asal Jerman. Ia belajar di Universitas Freiburg di bawah Edmund Husserl, penggagas fenomenologi, dan kemudian menjadi profesor di sana pada tahun 1928. Ia mempengaruhi banyak filsuf lainnya, dan murid-muridnya termasuk Hans-Georg Gadamer, Hans Jonas, Emmanuel Levinas, Hannah Arendt, Leo Strauss, Xavier Zubiri dan Karl Löwith.

Selain hubungannya dengan fenomenologi, Heidegger dianggap mempunyai pengaruh yang besar atau tidak dapat diabaikan terhadap eksistentialisme, dekonstruksi, hermeneutika dan pasca-modernisme. Ia berusaha mengalihkan filsafat Barat dari pertanyaan-pertanyaan metafisis dan epistemologis ke arah pertanyaan-pertanyaan ontologis, artinya, pertanyaan-pertanyaan menyangkut makna keberadaan, atau apa artinya bagi manusia untuk berada. Heidegger juga merupakan anggota akademik yang penting dari Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei.

Bagaimana biografi Martin Heidegger ?

Martin Heidegger (1889-1976) dikenal sebagai filsuf paling orisinal dan berpengaruh abad 20. Lahir di Messkirch, Baden, Jerman, dia belajar teologi Katolik Roma dan kemudian filsafat di Universitas Freiburg, di mana dia menjadi asisten Edmund Husserl, seorang pendiri fenomenologi. Heidegger memulai karir mengajarnya di Freiburg pada tahun 1915. Sejak 1923 sampai 1928 dia mengajar di Universitas Marburg. Dia kemudian kembali ke Freiburg pada tahun 1928, menggantikan posisi Husserl sebagai profesor filsafat. Karena dukungan publiknya atas Adolf Hitler dan Partai Nazi pada tahun 1933 dan 1934, aktivitas profesional Heidegger terbatas hingga tahun 1945, dan kontroversi menyangkut pendirian universitasnya terus berlanjut hingga pensiunnya pada tahun 1959.

filusuf Martin Heidegger

Di antara Karya-karya Heidegger adalah sebagai berikut: Basic Problems of Phenomenology; Being and Time; Early Greek Thinking; Existence and Being; History of the Concept of Time; Kant and the Problem of Metaphysics; The Essence of Truth.

BIOGRAFI MARTIN HEIDEGGER

Martin Heidegger lahir 26 September 1889 di daerah Black Forest Messkirch. Dia mulai gimnasium diKonstanz pada tahun 1903, namun kemudian dipindahkan pada tahun 1906 untuk Bertholds Gymnasium di Freiberg. Pada saat ini ia naik di seminari archiepiscopal St Georg. Seorang mentor, Dr Conrad Grober,memberinya salinan Brentano’s “Pada Manifold Arti Menjadi Menurut Aristoteles,” dan ini paparan awalBrentano, yang juga dipengaruhi fenomenologi Husserl, membuat kesan yang besar pada Heidegger. Heidegger dilahirkan di pedesaan Meßkirch, Jerman. Mengangkat Katolik Roma, ia adalah anak dari penjaga gereja desa, Friedrich Heidegger, dan istrinya Johanna, née Kempf. Dalam iman mereka, orangtuanya berpegang pada Konsili Vatikan Pertama tahun 1870, yang diamati terutama oleh kelas yang lebih miskin Meßkirch. Kontroversi agama antara Altkatholiken kaya dan kelas buruh mengarah ke penggunaan sementara gudang dikonversi untuk Katolik Roma. Di pesta reuni dari jemaat pada tahun 1895, pengurus gereja Katolik Lama menyerahkan kunci enam tahun Martin. Keluarganya tidak mampu untuk mengirimnya ke universitas, sehingga ia memasuki seminari Jesuit, meskipun ia berpaling dalam beberapa minggu karena persyaratan kesehatan, dan apa yang ia sebut sebagai jantung psikosomatik. Setelah mempelajari teologi di Universitas Freiburg 1909-1911, ia beralih ke filsafat, sebagian lagi karena kondisi hatinya. Heidegger menyelesaikan tesis doktoralnya di psychologism pada tahun 1914, dan pada tahun 1916 menyelesaikan venialegendi dengan tesis tentang Duns Scotus. Dalam dua tahun berikutnya, ia bekerja pertama sebagai unsalariedPrivatdozent, kemudian menjabat sebagai seorang prajurit selama tahun terakhir dari Perang Dunia I, bekerja di belakang meja dan tidak pernah meninggalkan Jerman. Setelah perang, ia menjabat sebagai asisten senior bergaji Edmund Husserl pada Universitas Freiburg sampai 1923.

Pada tahun 1923, Heidegger terpilih menjadi seorang Professor yang luar biasa dalam bidang Filsafat diUniversitas Marburg. Rekan-rekannya di sana termasuk Rudolf Bultmann, Ernst Friedlander, Nicolai Hartmann,dan Paul Natorp. Murid Heidegger di Marburg termasuk Hans-Georg Gadamer, Hannah Arendt, Karl Löwith,Gerhard Krüger, Irene Strauss Paley, Leo Strauss, Jacob Klein, Gunther (Stern) Anders, dan Hans Jonas.

Ketika pensiun pada tahun 1928 Husserl, Heidegger diterima Freiburg pemilihan untuk menjadi penggantinya, meskipun kontra-tawaran oleh Marburg. Heidegger tetap di Freiburg selama sisa hidupnya,menurunnya sejumlah kemudian menawarkan termasuk satu dari Berlin, Jerman yang paling bergengsiuniversitas hari. Di antara murid-muridnya di Freiburg adalah Charles Malik, Herbert Marcuse dan Ernst Nolte.Emmanuel Levinas menghadiri ceramahnya kursus selama tinggal di Freiburg pada tahun 1928.

Pada 21 April 1933, Heidegger menjadi Rektor dari Universitas Freiburg, bergabung dengan Partai Nazi pada Mei 1, 1933 [9]. Publik Heidegger mendukung Nazisme. November 1933 dalam sebuah artikel dalam suratkabar mahasiswa Freiburg, Heidegger wrote:Rakyat Jerman harus memilih masa depan, dan masa depan ini terikat pada Führer .Setelah meninggalkan Partai Nazi Mei 1945, Heidegger tidak lagi berpartisipasi dalam organisasi politik lainnya. Namun, ia tidak pernah menolak pernyataan memuji-Nya sebelum Hitler dan Sosialisme Nasional.Mengutip hubungan Nazi-nya selama tahun-tahun 1933-1945, maka Otoritas Pendudukan Perancis memutuskan bahwa Heidegger telah menjadi “Mitläufer” (sesama musafir, tagalong) dengan Nazi dan melarang dia darimengajar di Jerman. Pihak berwenang kemudian dibatalkan keputusan ini pada 1951, dan Heidegger menjadiProfesor emeritus dengan semua hak istimewa. Dia kemudian mengajar secara teratur dari tahun 1951 hingga1958, dan dengan undangan sampai tahun 1967.

Heidegger menikah Elfriede Petri pada tanggal 21 Maret 1917, dalam sebuah upacara Katolik diresmikanoleh temannya Engelbert Krebs, dan seminggu kemudian dalam sebuah upacara Protestan di hadapanorangtuanya. Jorg putra pertama mereka lahir pada tahun 1919. Menurut korespondensi baru-baru ini diterbitkan antara suami-istri [11], Hermann (lahir 1920) adalah putera Friedel Elfriede dan Caesar.

Martin Heidegger punya urusan luar nikah dengan Hannah Arendt dan Elisabeth Blochmann, baik siswa-nya. Arendt adalah Yahudi dan Yahudi Blochmann memiliki satu orangtua, membuat mereka tunduk kepada penganiayaan beratoleh Nazi. Dia membantu Blochmann beremigrasi dari Jerman sebelum Perang Dunia II dan dilanjutkan kontak dengan kedua dari mereka setelah perang.

Heidegger menghabiskan banyak waktu di rumah liburan di Todtnauberg, di tepi Black Forest. Iamenganggap pengucilan yang disediakan oleh hutan untuk menjadi yang terbaik di mana lingkungan untuk terlibat dalam pemikiran filosofis.Heidegger meninggal pada 26 Mei 1976 dan dimakamkan di pemakaman Meßkirch.