Bagaimana biografi Larry Page : CO - Founder Google ?

larry_page

(Dwirahmawan Adityo) #1

Biografi, Larry Page


Pekerjaan

CO – Founder of Google Inc.
President of Product Division Google
CEO of Alphabet Inc.

Afiliasi lainnya

• National Advisory Committee (NAC)
• Alphabet Inc
Blogger.com
• Googleplex

Tempat dan Tanggal Lahir

Lansing, Michigan,
Senin, 26 Maret 1973

Kewarganegaraan

Michigan, America

Pendidikan

• East lancing High School
• Bachelor of Science degree, Michigan State University
• Master of Science, Stanford University

Total kekayaan

$ 5,9 Milyar Dollar - 71,8 Trilliun Rupiah (2013)
$ 39,2 Milyar Dollar – 452,6 Trilliun Rupiah (2016

Peringkat berdasarkan Forbes

• 24 Richest in the World (2012)
• 13 Richest in America (2013)
• 17 Powerful People (2013)
• 8 Powerful People (2016)
• 9 Forbes 400 (2016)
• 5 Richest In Tech (2016)
• 12 Billionaires (2016)
• 9 Billionaires in US (2016)

Riwayat Hidup


Lawrence Edward Page, atau yang biasa dikenal dengan ‘Larry Page’ terlahir di Michigan, 26 Maret 1973, merupakan CO – Founder atau salah satu pendiri mesin pencari internet, Google. Ia sekarang menjabat sebagai CEO Google Inc
Larry page dilahirkan dari keluarga yang berkaitan erat dengan dunia komputer. Ayahnya, Carl Page, merupakan seorang ahli komputer, seorang pioneer yang berhasil mengenyam gelar Ph.D yang notabene masih sangat langka pada zaman tersebut. Ibunya, Gloria Page adalah seorang profesor komputer yang mengajar di Michigan State University.
Larry page merupakan seoarang lulusan dari East Lansing High Scool , kemudia melanjutkan pendidikan rekayasa komputer dari Bachelor of Science degree di Michigan State University dan melanjutkan studi program Mastrer di Stanford University.
Sementara belajar di Universitas Stanford, Larry bertemu dengan Sergey Brin. Pada awalnya mereka konflik perbedaan pendapat dan terlalu banyak topik pembicaraan. Akan tetapi pada akhirnya, mereka menemukan sebuah subjek yang telah menjadi sangat menarik bagi mereka berdua. Topik yang mengambil informasi dari kumpulan data besar.

Riwayat Karir


(1995) Kesuksesan Larry bermula dari pertemuan dia dengan Sergey Brin. Mereka berkolaborasi membuat mesin pencari internet.mereka berkerjasama mengembangkan ide-ide mereka dan berhasil membuat search engine yang dapat mencari dan menemukan data-data, situs, dan halaman website yang ada di internet. Awalnya disebut dengan ‘BackRub’ yang dioperasikan di server Stanford selama berbulan-bulan.
(1996) Page dan Brin menjadikan usaha mereka menjadi sebuah perusahaan. Sun Microsystems co-founder Andy Bechtolsheim merupajan pemeran dalam pembiayaan perusahaan. Dengan memberikan modal awal $100.000
(1998) ‘BackRub’ berganti nama menjadi ‘Google’ resmi didirikan sebagai perusahaan. Sekaligus perekrutan Eric Schmidt sebagai CEO Google pada tahun 2001. Page menjadi Presiden. Brin menjadi Presiden Teknologi.
(2004) Peluncuran google di situs jejaring sosial, diperkenalkan Google Desktop. Google.org dibentuk untuk berkontribusi terhadap isu isu sosial dan penyebab.
(2005) Tahun dimana Larry membawa Google berada di tingkat produktif. Mulai membebaskan Google Maps, Blogger, Mobile, Google Reader, iGoogle di jejaring sosial. Tahun berikutnya, Google mengakuisisi Youtube seharga $1,65 Milyar dan diperkenalkan fitur char di Gmail.
(2006) Larry merekrut lebih dari 10.000 karyawan dengan pendapatan $10 Milyar
(2008 – 2010 ) Tahun dimana terjadi pengembangan besar besaran di Google mulai dari Google Web meluncurkan versi baru dari Google Earth. Google Health, Google Ventures, Google mengakuisisi Aardvark dan Picnik, Google Apps MarketPlace
(2011) Larry mengangkat Eric Schmidt sebagai CEO Google dan Zagat Admeld untuk memberikan layanan immprovisasi kepada klien.

Fakta-fakta


• Tertarik di bidang Komputer sejak umur 6 Tahun.
• ‘Google’ merupakan nama revolusi search engine dari “Backrub” , “Googol” , pada tahun 1997
• Larry terlahir dari keluarga yang ahli bidang komputer
• Larry membeli Youtube, sebesar $1,65 Milyar
• Pada tahun 2013, Google pertama kali menjadi mesin pencari paling populer di dunia, 5,9 Milyar per hari.
• Mengendarai kendaraan ramah lingkungan (Mobil Tesla & Motor Trail Listrik Zero X)

Quotes


• I figured that inventing things wasn’t any good – Larry Page
• You really had to get them out into the world and have people use them to have any effect. – Larry Page
• To the high-speed legacy of Google. – Larry Page
• Lots of companies don’t succeed over time. What do they fundamentally do wrong? They usually miss the future – Larry Page
• Basically, our goal is to organize the world’s information and to make it universally accessible and useful. – Larry Page
• We don’t have as many managers as we should, but we would rather have too few than too many. – Larry Page[details=Referensi]

  1. https://en.wikipedia.org/wiki/Larry_Page
  2. http://www.famous-entrepreneurs.com/larry-page
  3. http://www.thefamouspeople.com/profiles/larry-page-3344.php
  4. http://www.forbes.com/profile/larry-page/
  5. https://www.brainyquote.com/quotes/authors/l/larry_page.html
    [/details]

(Izaz Farras) #2

image

Larry Page
Lawrence Edward Page lahir pada tahun 1973 di Lansing, Michigan. Kedua orang tuanya adalah ahli komputer di University of Michigan.
Dia tertarik pada komputer sejak usia dini dan dia ingin memulai perusahaannya sendiri dari usia 12 tahun. Dia adalah anak pertama di sekolahnya yang melakukan tugas pengolah kata. Sudah waktunya di Stanford saat benih pertama pemikiran cemerlang ini ditanam.

Semasa kuliah di Stanford. Page diperkenalkan kepada Sergey Brin. Pada Januari 1996 Lary dan Sergey mulai melakukan kolaborasi dalam pembuatan Search Engine yang diberi nama “BackRub”. Pada tahun 1998 Teknologi Search Engine itu terus di sempurnakan, keduanya mulai mencari Investor untuk mengembangkan kecanggihan teknologi mesin pencari mereka. Sehingga, mereka mendapatkan suntikan dana dari Andy Bechtolsheim teman kampus sekaligus pendiri “Sun Microsystem”. Sebuah cek senilai US$100 ribu dolar, yang uniknya di cek itu tertulis atas nama Google yang bahkan pada saat itu belum didirikan oleh Sergey dan Larry.

Google Inc. didirikan pada tahun 1998 dengan Larry Page dan Sergey Brin sebagai CO-President. Nama domain awalnya adalah ‘Googol’ yang diturunkan dari angka yang satu diikuti oleh seratus nol.
Pada tahun 2001 Google berkembang dengan kecepatan yang cepat dan menghasilkan keuntungan besar. Penawaran umum perdana perusahaan tersebut adalah $ 1,67 miliar yang memberikan kapitalisasi pasar sebesar $ 23 miliar. Page menjadi miliarder multi di hanya 27. Sebagai favorit pemegang saham, harga saham Google naik sangat. Halaman menerima Academy of Achievement 'Golden Plate Award’
pada tahun 2004.

Pada tahun 2006, Google terdiri dari lebih dari 10.000 karyawan dengan pendapatan tahunan lebih dari sepuluh miliar dolar. Google membeli beberapa perusahaan perangkat keras dan perangkat lunak yang mana yang paling menguntungkan adalah pembelian YouTube seharga 1,65 miliar dolar. Saat ini, Google adalah salah satu situs web yang paling sering digunakan dengan lebih dari satu juta server di seluruh dunia. Ini memproses lebih dari satu miliar permintaan pencarian setiap hari.

Larry Page adalah salah satu pengusaha paling sukses yang meletakkan dasar bagi usaha yang telah mengubah cara internet digunakan.

Basically, our goal is to organize the world’s information and to make it universally accessible and useful. -Larry Page

Sumber :




(Syifa Basyasyah Bysi) #3

Larry Page adalah salah seorang pendiri Google dan saat ini Presiden Produk-produk Google Inc. Bersama dengan rekannya Serger Brin mereka membuat Google menjadi mesin pemcari yang paling populer. Karena Larry Page terlahir dari keluarga yang sangat berpendidikan, Larry Page pun tumbuh menjadi anak yang sangat pintar. Sejak kecil dia telah akrab dengan komputer. Karena itu tidak heran bila ia mendapat gelar Bachelor of Science degree dari Michigan State University dan mendapat beasiswa dari NationalScience Foundation untuk belajar di Stanford University, bidangkomputer dan mendapatkan gelar master disana.

Google lahir dari sebuah pertemuan tanpa disengaja dari Larry Page dan Sergey Brin di Universitas Stanford. Semasa kuliah di Stanford, Page diperkenalkan kepada Sergey Brin. Pada awalnya Page dan Brin tidak berteman. Mereka tidak sepakat pada kebanyakan topik pembicaraan. Sebagai orang yang sama-sama cerdas, Larry dan Brin tidak jarang berdebat satu sama lain walau hanya urusan dan hal yang sepele. Namun akhirnya mereka menemukan topik yang menarik bagi keduanya, yaitu informasi dari kumpulan data besar. Dan kesamaan itu membuat mereka menjadi sepasang sahabat. Pasangan ini kemudian menulis makalah berjudul “The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine”. Makalah tersebut menjadi satu dari sepuluh makalah ilmiah yang paling banyak diakses di Universitas Stanford.

Ketika kuliah, mereka sering harus menyusun makalah. Suatu makalah akan mendapat nilai tinggi jika terdapat banyak sumber referensi penting. Untuk tujuan itu Larry Page dan Sergey Brin pun mengakses internet, dengan tujuan mendapat sumber-sumber referensi yang mereka cari. Yang menjadi masalah, waktu itu pencarian di internet masih sangat sulit. Meski ada banyak informasi yang tersimpan di internet, namun orang-orang kesulitan mengaksesnya, karena tidak ada sarana (mesin pencari) yang dapat digunakan. Waktu itu memang telah ada mesin pencari namun tidak bisa diandalkan. Masalah itulah yang sama-sama menarik minat Larry Page dan Sergey Brin. Kedua mahasiswa cerdas itu lalu bekerja sama untuk menemukan sarana yang mereka butuhkan, yaitu suatu mesin pencari yang dapat digunakan untuk mencari informasi di internet dalam waktu singkat dan dapat diandalkan.

Pada awal 1996, Larry Page dan Sergey Brin mengambangkan teori mengenai mesin pencari berdasrkan analisis matematika dan hubungan antara situs-situs web di internet. Sistem itu semula dinamakan BackRub. Teori mengenai hal itu bahkan mereka tulis dalam sebuah paper berjudul “The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine”. Sejak saat itu, paper yang mereka buat menjadi salah satu dari sepuluh makalah ilmiah yang paling banyak diakses di Universitas Stanford. Lalu, Page dan Brin menciptakan sebuah mesin pencari yang mengurutkan hasil pencarian menurut popularitas halaman. Mereka menyimpulkan bahwa situs website yang paling populer merupakan situs yang paling berguna. Pada awalnya Page dan Brin mencoba menjual gagasan mereka. namun, upaya mereka ditolak AltaVista, Excite, dan (terakhir) Yahoo, hingga akhirnya Larry dan Brin melanjutkan proyeknya secara mandiri walau mempunyai dana yang terbatas.

Mesin pencari itu diberi nama “Google”. Nama tersebut merupakan plesetan dari istilah matematika “Googol,” yang merupakan bilangan 1 diikuti oleh 100 angka nol di belakangnya. Pemilihan nama ini dimaksudkan untuk mencerminkan misi mereka dalam mengatur milyaran hingga trilyunan informasi yang tersedia di website. Teknologi Search Engine itu terus di sempurnakan. Dengan dana yang terbatas Page dan Brin harus memutar otak. Page menemukan cara membangun server-server komputer dengan menggunakan barang-barang bekas yang tak terpakai dan mudah didapatkan, dan bukannya membeli mesin-mesin buatan khusus yang dijual perusahaan komputer dengan harga ratusan ribu dollar. Page dan Brin membangun pusat data pertama mereka di kamar asrama Page dari suku cadang PC murah dan 15 ribu dollar yang dipinjam melalui credit card.

Keduanya mulai mencari Investor untuk mengembangkan kecanggihan teknologi mesin pencari mereka. Sehingga, mereka mendapatkan suntikan dana dari Andy Bechtolsheim teman kampus sekaligus pendiri Sun Microsystem. Sebuah cek senilai 100 ribu dolar AS, yang uniknya di cek itu tertulis atas nama Google yang bahkan pada saat itu belum didirikan oleh Sergey dan Larry. Lalu, melihat ide cemerlang dari duo sahabat ini. Investor di Silicon Valley, Michael Moritz (Sequa Capital) dan Jhon Doer (Kleiner Perkins) yang saling berkompetisi akhirnya bisa diyakinkan untuk menyuntik modal senilai 12,5 juta dolar AS ke perusahaan Google yang pada 7 Desember 1998 ini didirikan.

Akhirnya Perusahaan Google diluncurkan pada September 1998 di Menlo Park, California.Perusahaan tumbuh begitu cepat dan mendapatkan begitu banyak karyawan beberapa kantor di Relokasi karena kurangnya ruang, akhirnya Google Inc menetap di tempat yang sekarang di sebut Mountain View, California. Perkembangan google tahun ke tahun sangat pesat. terlebih situs Blogger.com sudah mereka kuasai. Tidak seperti sebagian besar perusahaan besar di Silicon Valley, Google tidak buru-buru dan berusaha menahan diri untuk go public. Ketika akhirnya mereka memutuskan untuk terjun ke bursa tahun 2004, mereka disebut-sebut sebagai IPO terbesar saat itu, dengan perkiraan nilai awal sebesar 20 miliar dollar (Ini membuat Brin dan Page menjadi multimiliarder di atas kertas). Pada Juni 2007, perusahaan itu bernilai 160 miliar dollar.

“Sometimes it’s important to wake up and stop dreaming. When a really great dream shows up, grab it.” -Larry Page

Sumber:


http://www.sepositif.com/2017/01/kisah-inspiratif-pendiri-google-inc-larry-page-dan-sergey-brin.html


(Puras Handharmahua) #4

Larry Page adalah seseorang yang bisa dibilang dapat mempengaruhi dunia saat ini. Bagaimana tidak, Google yang dibuatnya telah menjamur dan menjadi salah satu perusahaan yang sangat membantu banyak orang dan membuat orang-orang sangat membutuhkannya. Page memanglah seorang programmer yang handal. Sejak kecil memang sudah dikenalkan oleh orang tuanya terhadap ilmu komputer. Di rumahnya terdapat banyak buku tentang ilmu komputer dan karenanya ia dapat semakin mengembangkan kemampuannya itu. Ini juga tidak lepas karena orang tuanya juga berkecimpung di dunia ilmu komputer.

Larry tentu saja tidak semudah membalikan telapak tangan dalam membangun google. Awalnya google hanyalah sebuah project dalam kuliah pascasarjananya bersama Sergey Brin yang membuat search engine. Pada awalnya mereka berdua sempat ditolak oleh investor namun mereka tidak menyerah dan tetap memngembangkan google dan mendapat investasi dari investor lain. Larry benar benar sangat gigih, dia mendirikan google benar-benar dari 0. Larry menggunakan gudang yang seadanya sebagai tempat awal memulai google yang akhirnya dapat mendapat kantor yang megah dan bisa dibilany nyaman bagi karyawannya.

Page sempat pernah turun dari CEO Google karena desakan investor. Ia sebenarnya berat hati dalam melakukan hal tersebut namun ia akhirnya sadar bahwa Google butuh CEO kelas dunia dan sudah berpengalaman agar google bisa berkembang. Ia pun melepas status CEO pada Eric Schmidt. Keputusan ini terbukti tepat dimana dia mampu membuat Google melead dan membuat Page menjadi miliuner. Kemudian Page kembali jadi CEO namun juga kembali turun dan mendirikan Alphabet.

Hal yang membuat Page sangat menginspirasi adalah keteguhannya dalam mengembangkan Google walaupun banyak rintangan yang menghadang. Page juga sangat tepat dalam mengambil keputusan dalam dunia bisnis walaupun backgroundnya adalah ilmu komputer. Dimana dia mampu merelakan jabatannya demi Google yang lebih baik. Hal ini menunjukan bahwa kesuksesan tentu tidak mampu jika kita berjuang seorang diri, ada kalanya kita butuh bantuan dari orang lain untuk mewujudkannya. Page juga mengajarkan bahwa kita juga harus mengambil sebuah keputusan dengan tepat.

Quote :

  • “Always remember the saying ‘Money doesn’t buy happiness.’ I used to think that a lot of money would buy happiness. But in reality, this isnt true.” – Larry Page
  • “If you’re changing the world, you’re working on an important things. You’re excited to get up in the morning.” – Larry Page

Referensi :


(Marisania Pramesti Cahyani) #5

Larry Page adalah seorang pengusaha internet dan ilmuwan komputer yang bekerja sama dengan teman sekolah tingkat atasnya Sergey Brin untuk meluncurkan mesin pencari atau yang kita tau adalah “Google” pada tahaun 1998. Larry Page lahir di Michigan pada tanggal 26 Maret 1973, sejak kecil ia sudah mewarisi kecerdasaan kedua orang tuanya di bidang komputer dan programming. Ayahnya bekerja sebagai professor bidang ilmu komputer dan ibunya yang bekerja sebagai guru pemrogramman di Universitas Michigan. Setelah lulus sekolah Senior High School, ia melanjutkan ke Universitas Michigan dan mendapatkan gelar Bachelor of Science, seperti belum kenyang ilmu komputer, Larry kembali melanjutkan kuliah di Stanford University. Nah, di Standford lah karir Larry pendiri Google, Inc dimulai.

Larry Page

Sebagai proyek penelitian di Standford University, Page dan Brin menciptakan mesin pencari yang mencantumkan hasilnya sesuai dengan popularitas halaman. Setelah menyimpulkan bahwa hasil yang paling popular yang akan mereka gunakan. Alhasil mereka menyebut mesin pencari “Google” setelah istilah matematika “googol”, yang mengacu pada nomor 1 diikuti oleh 100 angka nol untuk mencerminkan misi mereka dalam mengatur sejumlah besar informasi yang tersedia di web. Setelah mengumupulkan $ 1 juta dari keluarga, teman, dan investor lainnya, mereka meluncurkan perusahaan tersebut pada tahun 1998. Google sejak saat itu telah menjadi mesin pencari terpopuler di dunia, menerima rata-rata 5,9 miliar pencarian per hari pada tahun 2013, dan menjadikan Page dan Brin menjadi seorang milyarder sejak tahun 2004 setelah mengadakan penawaran umum perdana pada bulan Agustus.

Pada tahun 2006, Google membeli situs web terpopuler untuk video streaming yang dikirim oleh pengguna yaitu YoTube seharga $ 1,65 miliar. Sebagai CEO Google, Page berbagi tanggung jawab untuk operasi sehari-hari perusahaan dengan Brin yang bertugas sebagai direktur proyek khusus untuk Google, serta Eric Schmidt sebagai ketua eksekutif perusahaan. Obsesi Page terhadap teknologi-teknologi di luar bisnis iklan Google yang bernilai triliunan Dolar AS, direalisasikan dengan menjadikan Google sebagai anak usaha dari Alphabet, induk usaha yang membawahi proyek ambisius Page. Struktur perusahaan baru ini memberikan peran baru bagi Page dan Brin untuk merekrut dan memantau CEO di setiap bisnis baru Alphabet, sehingga otomatis menanggalkan hampir seluruh fokusnya terhadap Google dan Android di pundak Sundar Pichai semenja Agustus 2015 lalu.

STRATEGI BISNIS DARI LARRY PAGE

Ada banyak hal yang dapat dipelajari oleh para pengusaha lain dari seorang Larry Page. Strategi bisnis yang dilakukan oleh Page membawa kesukseksan besar dalam karirnya, ada beberapa kebiasan unik dari google yang dikembangkan untuk memupuk budaya inovasi dan kreativitas dalam perusahaanya. Salah satunya adalah pertemuan mingguan dimana setiap karyawan Google dari seluruh dunia bebas memberikan pertanyaan kepada eksekutif Google. Para karyawan dapat memberikan kritik ataupun pendapat kreatif mereka kepada para pemimpin perusahaan. Hal lain yang bisa diambil sebagai motivasi dalam perusahaan maupun diri kita sendiri adalah melakukan sesuatu hal yang gila, kita bisa berkaca pada apa yang telah diciptakanya yaitu sebuah layanan email yang menawarkan kapasitas penyimpanan 100 kali lebih besar disbanding layanan email lainya yang biasa kita sebut dengan Gmail. Inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Page bukan hanya sekedari inovasi namun diikuti dengan adanya komersialisasi, strategi bisnis seperti itulah yang dilakukan oleh seoarang Larry Page. Ia tidak hanya berfokus pada persaingan semata dengan perusahaan besar lainnya, namun ia memilih untuk focus mengembangkan produk-produk dan layanan yang diberikan oleh Google.

REFERENSI


(Hetty Mukammilah) #6

Larry Page (Lawrence Edward Page) lahir di Michigan pada tanggal 26 Maret 1973. Kedua orang tua Larry Page adalah ahli komputer, jadi tidak mengherankan jika dia belajar teknik komputer di Stanford University. Di situlah dia bertemu dengan Sergey Brin. Bersama-sama, Page dan Brin mengembangkan mesin pencari yang mencantumkan hasilnya sesuai dengan popularitas halaman, yang mereka sebut “Google.” Sejak meluncurkan Google pada tahun 1998, perusahaan ini telah menjadi mesin pencari halaman website terpopuler di dunia, yang pada tahun 2013 menghasilkan rata-rata hampir 6 miliar pencarian setiap hari.

Page adalah chief executive officer (CEO) perusahaan induk Google, Alphabet Inc. Setelah mengundurkan diri sebagai CEO Google pada bulan Agustus 2001 untuk mendukung Eric Schmidt, dia kembali mengambil peran pada bulan April 2011. Dia mengumumkan niatnya untuk mundur kedua kalinya pada bulan Juli 2015untuk menjadi CEO Alphabet, dimana aset Google akan direorganisasi. Di bawah Page, Alphabet berusaha untuk memberikan kemajuan besar dalam berbagai industri.

Selama masa jabatan pertamanya sebagai CEO, Page memulai usaha yang telah berlalu untuk memecat semua manajer proyek Google pada tahun 2001. Rencana Page melibatkan semua insinyur Google untuk melapor kepada wakil ketua engineering, yang kemudian akan melapor langsung kepadanya. Page menjelaskan bahwa dia tidak ingin insinyur dibawahi atau diawasi oleh non-insinyur karena pengetahuan teknis mereka yang terbatas. Page bahkan mendokumentasikan prinsip manajemennya agar digunakan sebagai referensi:

  • Jangan mendelegasikan: Lakukan semua hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat segalanya berjalan lebih cepat.

  • Jangan menghalangi jika Anda tidak menambahkan nilai. Biarkan orang yang benar-benar melakukan pekerjaan berbicara satu sama lain saat Anda melakukan sesuatu yang lain.

  • Jangan menjadi birokrat.

  • Gagasan lebih penting daripada usia. Hanya karena seseorang junior tidak berarti mereka tidak pantas dihormati dan kerja sama.

Hal terburuk yang bisa Anda lakukan adalah menghentikan seseorang melakukan sesuatu dengan mengatakan, “Tidak. Titik.” Jika Anda mengatakan tidak, Anda harus membantu mereka menemukan cara yang lebih baik untuk menyelesaikannya.

Meskipun model baru Page tidak berkelanjutan dan menyebabkan ketidakpercayaan di antara karyawan yang terkena dampak, masalahnya dengan insinyur yang dikelola oleh staf non-insinyur memperoleh daya tarik lebih banyak. Akhirnya, praktik untuk hanya menanamkan insinyur ke dalam peran manajemen tim teknik ditetapkan sebagai standar di Silicon Valley.

Page juga percaya bahwa mesin pencari Google semakin cepat menampilkan hasil pencarian, maka semakin banyak Google akan digunakan. Dia mendorong para insinyurnya yang mengembangkan algoritma yang membangun pusat data untuk memikirkan jeda waktu. Dia juga mendorong agar halaman awal Google tetap simple dalam desainnya karena akan membantu hasil pencarian lebih cepat.

Sebelum dua investor terkemuka di Silicon Valley, Kleiner Perkins Caufield & Byers dan Sequoia Capital, setuju untuk menginvestasikan total gabungan 50 juta Dollar Amerika ke Google, mereka memberi tekanan pada Page untuk mundur sebagai CEO sehingga pemimpin yang lebih berpengalaman dapat membangun sebuah “tim manajemen kelas dunia”. Page akhirnya setuju dengan ide tersebut setelah bertemu dengan CEO teknologi lainnya, termasuk Steve Jobs dan Andrew Grove dari Intel. Eric Schmidt, yang dipekerjakan sebagai Ketua Google pada bulan Maret 2001, meninggalkan posisi sebagai CEO Novell untuk mengambil peran yang sama di Google pada bulan Agustus di tahun yang sama, dan Page pindah ke samping untuk mengambil posisi Presiden Peran produk.

Di bawah kepemimpinan Schmidt, Google menjalani periode pertumbuhan dan ekspansi yang pesat, termasuk penawaran umum perdana (initial public offering / IPO) pada tanggal 20 Agustus 2004. Namun, dia selalu bertindak dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan Page dan Brin saat memulai inisiatif seperti perekrutan sebuah tim eksekutif dan penciptaan sistem manajemen sales force. Selanjutnya, Page tetap menjadi atasan di Google di mata para karyawan, karena dia memberikan persetujuan akhir untuk semua karyawan baru dan Page yang memberikan tanda tangan untuk IPO, yang membuatnya menjadi miliarder pada usia tiga puluh.

Page memimpin akuisisi Android seharga 50 juta Dollar Amerika pada tahun 2005 untuk memenuhi ambisinya untuk menempatkan komputer genggam yang dimiliki konsumen sehingga mereka bisa mengakses Google dari manapun. Pembelian itu dilakukan tanpa sepengetahuan Schmidt, namun CEO tidak terganggu oleh akuisisi yang relatif kecil. Page berambisi penuh terhadap Android, dan menghabiskan banyak waktu dengan CEO Android yaitu Andy Rubin. Pada September 2008, T-Mobile meluncurkan G1, ponsel pertama yang menggunakan perangkat lunak Android dan pada tahun 2010, 17,2% pasar handset terdiri dari penjualan Android, menyalip Apple untuk pertama kalinya. Android menjadi sistem operasi mobile paling populer di dunia tak lama kemudian.

Sumber :

Editors, Biography.com. 2017. Larry Page. Diambil dari: https://www.biography.com/people/larry-page-12103347 (10 September 2017)


(Restivanny Tikupadang) #7

Larry Page adalah salah seorang pendiri Google dan saat ini Presiden Produk-produk Gogle Inc. Lawrence E. Page lahir tahun 1973 di Lansing, Michigan dari orangtua Carl Vincent age, adalah seorang profesor ilmu komputer di Universitas Michigan dan Gloria Page, yang merupakan guru pemrograman komputer di Universitas Michigan. Setelah lulus dari East Lansing High School ia belajar dan mendapatkan gelar Bachelor of Science di bidang rekayasa komputer dari University of Michigan dan melanjutkan studi program Master di Universitas Stanford.

Karier

Pada awalnya Larry yang bertemu dengan Sergey Brin merasa tidak cocok karena perbedaan dari setiap topik yang mereka bicarakan. Namun, pada akhirnya mereka kemudian memiliki ketertarikan yang sama yaitu mengenai mesin pencari (search engine). Mereka kemudia bersama-sama menjalankan mesin pencari Google yang didasarkan pada teknologi PageRank. Page menjalankan Google sebagai presiden bersama dengan Brin.

Strategi yang dilakukan dalam proses bisnisnya

Berikut adalah beberapa startegi yang dilakukan dalam proses bisnis majunya perusahaan Google.

  1. Lakukan hal-hal “gila”
    Sejak kecil, Page bermimpi untuk menjadi seorang penemu. Dia tidak hanya ingin bisa menciptakan produk tetapi juga ingin mengubah dunia. Mimpi itu tetap hidup hingga kini dan dia wujudkan bersama Google. Goole menciptakan penerjemah bahasa Google translate, google Maps dan Goodle Drive. Serta berbagai layanan cloud cmputing lainnya yang hngga kini terus ditemukan.

  2. Inovasi harus diikuti komersialisasi
    Inovasi yang sukses harus diikuti dengan komersialisasi yang sukses. Page mencontohkan Xerox Parc, salah satu anak perusahaan Xerox Corp. Mereka berperan pentin dalam dunia komputasi moder sebagai pengembang ethernet, GUI dan teknologi laser printing.

  3. Jangan fokus pada pesaing
    Google berbeda dari perusahaan-perusahaan teknlologi lainnya. Google fokus pada pengembangan produk-produk dan layanannya, bukan fokus pada kompetisi.

  4. Budaya kerja yang menyenangkan
    Google berulangkali dinobatkan sebagai tempat kerja yang paling diidamkan. Salah satu faktornay adalah suasana kerja yang menyenangkan.

  5. Tidak berhenti berinovasi
    Meskipun sudah berjaya, Google tidak lantas tinggal diam. Mereka terus berinovasi dengan berbagai macam produk baru. Memang sejak awal, Google sudah fokus pada inovasi

  6. Produk yang hebat tapi sederhana
    Banyak pebisnis yang melakukan banyak cara agar orang tetap mengakses situs mereka lama-lama. Namun Google tidak melakukan hal itu. Brin dan Page ingin agar user bisa melakukan pencarian secepa mungkin. Karena itulah, produk mesin cari Google terekesan sangat sederhana dan to the point meski sejatinya sangat canggih

  7. Menjadikan Google bagian hidup orang
    Banyak oranh hanya mengenal Google sebagai mesin cai online utamanya. Begitu ingin mencari tahu informasi tertentu, mereka langsung mngakses Googe.

Sumber