Bagaimana biografi Guglielmo Marconi?

)

Ringkasan

Guglielmo Marconi lahir di Bologna, Italia, pada tahun 1874. Guglielmo Marconi adalah seorang fisikawan dan peraih Hadiah Nobel yang diberi penghargaan atas karya inovatifnya yang diperlukan untuk semua teknologi radio masa depan. Melalui eksperimennya dalam telegrafi nirkabel, Marconi mengembangkan sistem komunikasi radio pertama yang efektif. Pada tahun 1899, ia mendirikan Marconi Telegraph Company. Pada tahun 1901, ia berhasil mengirim sinyal nirkabel melintasi Samudra Atlantik, menyangkal keyakinan dominan kelengkungan Bumi yang mempengaruhi transmisi. Marconi berbagi dengan Karl Braun peraih Hadiah Nobel Fisika tahun 1909. Dia meninggal di Roma pada tahun 1937.

Kehidupan Awal dan Pendidikan

Marconi dilahirkan pada tanggal 25 April 1874, di Bologna, Italia, dari keluarga kaya. Sebagian besar pendidikan yang ia enyam berasal dari rumah. Guglielmo Marconi memiliki minat yang kuat dalam sains dan listrik. Pada tahun 1894, ia mulai bereksperimen dengan gelombang radio sebagai mahasiswa di Institut Teknis Livorno. Ia menggabungkan karya ilmiah sebelumnya dari Henry R. Hertz dan Oliver Lodge dalam radiasi elektromagnetik, ia mampu mengembangkan sistem dasar telegrafi nirkabel. Meskipun bukan seorang ilmuwan, Marconi mengakui nilai teknologi nirkabel dan mahir dalam menempatkan orang yang tepat untuk berinvestasi di dalamnya. Pada 1897 ia menerima paten pertamanya di Inggris.

Terobosan dan Hadiah Nobel

Marconi mendirikan Marconi Telegraph Company yang berbasis di London pada tahun 1899. Meskipun transmisi aslinya hanya menempuh jarak satu setengah mil, pada 12 Desember 1901, Marconi mengirim dan menerima pesan nirkabel pertama melintasi Samudra Atlantik, dari Cornwall, Inggris, ke sebuah pangkalan militer di Newfoundland. Eksperimennya signifikan, karena membantah keyakinan dominan kelengkungan bumi yang mempengaruhi transmisi.

Mulai tahun 1902, Marconi mengerjakan percobaan yang memperluas jarak yang bisa ditempuh oleh komunikasi nirkabel, hingga akhirnya ia dapat membangun layanan transatlantik dari Glace Bay di Nova Scotia, Kanada, ke Clifden, Irlandia. Untuk pekerjaannya dengan komunikasi nirkabel, Marconi berbagi Hadiah Nobel dalam Fisika dengan Karl Braun pada tahun 1909. Tidak lama kemudian, sistem nirkabel Marconi digunakan oleh kru RMS Titanic untuk meminta bantuan.

Marconi memegang beberapa posisi di Angkatan Darat dan Angkatan Laut Italia selama Perang Dunia I. Ia memulai jabatan sebagai letnan pada tahun 1914 dan berakhir sebagai komandan angkatan laut. Ia dikirim pada misi diplomatik ke Amerika Serikat dan Prancis. Setelah perang, Marconi mulai bereksperimen dengan teknologi radio gelombang pendek dasar. Di kapal pesiar kesayangannya, Elettra, ia melakukan eksperimen pada 1920-an untuk membuktikan kemanjuran " beam system " untuk komunikasi jarak jauh. (Langkah selanjutnya akan mengarah pada transmisi gelombang mikro.) Pada 1926, " beam system " Marconi telah diadopsi oleh pemerintah Inggris sebagai desain untuk komunikasi internasional.

Selain riset pertamanya dalam komunikasi nirkabel, Marconi berperan penting dalam mendirikan British Broadcasting Company, yang dibentuk pada 1922. Dia juga terlibat dalam pengembangan radar.

Tahun-tahun Kemudian

Marconi terus bereksperimen dengan teknologi radio di Italia, negara asalnya, sampai kematiannya, pada 20 Juli 1937, di Roma, karena gagal jantung.

Pada tahun 1943, Mahkamah Agung A.S. memutuskan bahwa beberapa sumber penemuan patennya dipertanyakan dan sebagai hasilnya ia mengembalikan beberapa paten sebelumnya kepada ilmuwan lain, termasuk Oliver Lodge dan Nikola Tesla, sebelum beberapa temuannya ditemukan. Keputusan Pengadilan tidak berpengaruh pada klaim Marconi bahwa ia adalah orang pertama yang memproduksi transmisi radio, ia hanya tidak dapat mengklaim kredit atas pekerjaan mereka.

Kehidupan pribadi

Marconi menikah untuk pertama kalinya pada tahun 1905, dengan Beatrice O’Brien, putri Edward Donough O’Brien, Baron Inchiquin ke-14. Dia dan Beatrice memiliki tiga anak — seorang putra, Giulio, dan dua anak perempuan, Degna dan Gioia — sebelum persatuan mereka dibatalkan pada tahun 1927. Pada tahun yang sama, Marconi menikahi Countess Bezzi-Scali dari Roma, yang dengannya ia memiliki satu putri, Elettra, seperti nama yacht-nya.

Di waktu luangnya, Marconi dikabarkan menikmati hobi bersepeda, mengendarai motor, dan berburu.