Bagaimana biografi Frederick Herzberg ?

tokoh_ekonomi

(girindra.negara31) #1

Frederick Irving Herzberg

Frederick Irving Herzberg (18 April 1923 - 19 Januari 2000) adalah seorang psikolog Amerika yang menjadi salah satu nama paling berpengaruh dalam manajemen bisnis. Salah satu yang membuatnya terkenal adalah ketika dia memperkenalkan teori Motivator-Hygiene.

Bagaimana biografi Frederick Herzberg yang anda ketahui ?


Apa yang dimaksud dengan Teori Dua-Faktor (Two Factor Theory) atau Teori Motivasi Hygiene ?
(Himawat Aryadita) #2

Frederick Herzberg lahir di Lynn, Massachusetts, pada tahun 1923, dan kuliah di City College of New York mengambil jurusan Sejarah dan Psikologi. Pada akhir masa kuliahnya, dikarenakan kehabisan uang, dia mendaftar ke Angkatan Bersenjata Amerika dan berada di kamp konsentrasi Dachau ketika dia dibebaskan, sebuah pengalaman traumatik yang memberikan inspirasi terhadap karya-karya akademis dia di kemudian hari.

Pada akhir masa perang, Hezberg menyelesaikan kuliahnya di New York dan kemudian mengambil Master dan Doktoral di Universitas Pittsburgh. Sebagai bagian dari pembelajarannya pada program Doktor, dia belajar metode metode kuantitatfi dengan John Flanagan yang mengembangkan metode Critical Incident untuk digunakan dalam menseleksi individu-individu dengan kapastias yang dibutuhkan sebagai pilot, Angkatan Udara Amerika.

Hezberg sangat terkesan dengan cara kerja Flanagan yang fokus pada “kejadian nyata didalam kehidupan individu” dibandingkan dengan hanya sekedar analisis statistika. Seperti yang belia tekankan, pendekatan Flanagan “memiliki validitas eksternal yang tertanam didalamnya” (Herzber et al, 1959 / 1993, hal.xii).

Hezberg kemudian menghabiskan waktunya di Pitsburgh Graduate School of Public Health, dimana dia menulis tesisnya yang berjudul Mental Health is Not the Opposite of Mental Illness. Pada pertengahan tahun 1950, dia menjadi direktur peneliti pada Psychological Service of Pittsburgh, sebuah perusahaan konsultan psikologi nirlaba, dan melakukan banyak sekali survei terkait dengan perilaku kerja sebagai alat ukur untuk mengukur semangat atau moral pekerja, sehingga dia menjadi semakin tertarik dengan informasi-informasi yang kontradiktif hasil dari survei-survei yang dikumpulkannya.

Dengan adanya pendanaan dari Buhl Foundation dan industri lokal, Herzberg ‘mengklasifikasikan masalah-masalah di area perilaku kerja dalam ulasan-ulasannya di hampir 2000 tulisannya (hampir semua tulisannya telah diterbitkan dari 1900 hingga 1955’ (Herzberg et al, 1959/1993, p.xii).

Setelah melakukan pembelajaran pada literatur-literatur yang ada, Herzberg berpendapat bahwa beberapa faktor yang berkaitan dengan sikap kerja individu dapat digambarkan sebagai ‘kepuasan’, sedangkan yang lain, faktor yang berlawanan dengan sikap kerja dapat digambarkan sebagai ‘ketidakpuasan’.

Hal ini konsisten dengan pendekatan yang dia ambil dalam Mental Health is Not the Opposite of Mental Illness dan dari hal tersebut, Dia menurunkan hipotesis dasar untuk penelitiannya yang kemudian dipublikasikan sebagai The Motivation to work pada tahun 1959.

Pada tahun 1966 dia menerbitkan tulisannya yang berjudul Work and the Nature of Man, yang meringkas sepuluh replikasi pertama dari studi penelitian aslinya. Pada 1968, artikelnya ‘One More Time: How Do You Motivate Your Employees?’ muncul di Harvard Business Review, dan menjadi artikel jurnal dengan penjualan terbesar, dengan lebih dari satu juta

Herzberg mungkin menjadi “guru manajemen” internasional pertama. Hal ini berkaitan dengan komentar dia, ‘Saya memberikan konsultasi atau memberikan seminar di lebih dari 30 negara, 275 organisasi industri, pemerintah dan sosial yang berbeda, 175 perkumpulan profesional, dan 100 universitas. Buku The Motivation to Work dan buku-buku lainnya serta artikel-artikel berikutnya benar-benar membuat saya tetap “mengangkasa”’(Herzberg et al, 1959/1993, p.xiv).

Frederick Herzberg quote

Frederick Herzberg adalah seorang profesor manajemen di Case Western Reserve University (di mana ia mendirikan Department of Industrial Mental Health) dan sejak tahun 1972, menjadi Distinguished Professor Manajemen di Universitas Utah. Dia meninggal pada tahun 2000.

Sumber : John Sheldrake, Management Theory, Thomson, 2003