Bagaimana biografi Douglas McGregor ?

tokoh_ekonomi

(girindra.negara31) #1

Douglas Murray McGregor (1906 - 1 Oktober 1964) adalah seorang profesor manajemen di MIT Sloan School of Management dan presiden Antioch College dari tahun 1948 hingga 1954. Douglas McGregor berkontribusi banyak pada pengembangan teori manajemen dan motivasi. Dia terkenal karena Teori X dan Teori Y seperti yang disajikan dalam bukunya ‘The Human Side of Enterprise’ (1960).

Bagaimana biografi Douglas McGregor ?


(Himawat Aryadita) #2

Douglas McGregor lahir pada 1906 dan belajar di City College of Detroit dan Sekolah Pascasarjana Seni dan Ilmu Pengetahuan di Harvard. Ia menerima gelar doktornya dalam psikologi sosial dari Harvard dan kemudian mengajar di sana selama beberapa tahun sebelum pindah ke Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada tahun 1937.

Di MIT ia membantu membentuk Divisi Hubungan Industri sebelum meninggalkan MIT, pada tahun 1948, untuk menjadi presiden Antioch College. Perguruan tinggi dimana ia tinggal hingga tahun 1954. Pada tahun itu ia kembali ke MIT sebagai Sloan Fellows Professor pertama, dan tetap tinggal disana sampai kematiannya pada tahun 1964. Pada awal 1950-an McGregor mulai merumuskan ide-idenya tentang manajemen, yang akhirnya diterbitkan dalam krya besarnya, The Human Side of Enterprise pada tahun 1960.

Didalam kata pengantar untuk buku tersebut, dia mengatakan :

… some years ago during a meeting of the Advisory Committee of MIT’s School of Industrial Management, Alfred Sloan raised some questions related to the issue of whether managers are born or made … The discussion … served to sharpen certain interests I had had for some time in a systematic examination of the many common but inconsistent assumptions about what makes a manager. In 1954 the Alfred P. Sloan Foundation made a grant to me to explore some of these ideas more fully.

… beberapa tahun yang lalu ketika melakukan pertemuan di Advisory Committee of MIT’s School of Industrial Management, Alfred Sloan mengangkat beberapa pertanyaan yang terkait dengan masalah apakah manajer dilahirkan atau dibuat … Diskusi … berfungsi untuk mempertajam kepentingan tertentu yang saya miliki selama beberapa waktu dalam pemeriksaan sistematis terhadap banyak asumsi umum tetapi asums tersebut tidaklah konsisten terkait dengan pertanyaan “apa yang membuat seorang manajer”. Pada tahun 1954, Yayasan Alfred P. Sloan memberi saya dana untuk mengeksplorasi beberapa gagasan ini secara lebih lengkap. (McGregor, 1960/1987, hal.vii)

Penelitian yang dilakukan oleh McGregor mengarahkannya pada pandangan bahwa pertanyaan kunci untuk manajemen puncak adalah, 'apa asumsi Anda (implisit dan juga eksplisit) tentang cara paling efektif untuk mengelola orang” dan dia menambahkan “Dari jawaban atas pertanyaan ini mengalir jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan Sloan serta jawaban atas banyak pertanyaan lain yang membingungkan dan mengacaukan manajemen karena manajemen berusaha untuk mencapai tujuan ekonomi perusahaan yang lebih berhasil (McGregor, 1960/1987, p .viii).

Douglas McGregor quote

Didalam karyanya yang berjudul The Human Side of Enterprise, McGregor memperluas keyakinannya bahwa di balik setiap keputusan atau tindakan manajerial ada asumsi tentang sifat manusia dan perilaku manusia yang menjadi pusat dalam menentukan setiap gaya individu manajer dalam mengoperasikan perusahaan. Ia membagi asumsi-asumsi ini ke dalam dua kategori besar, yang ia sebut Teori X (berdasarkan asumsi arah dan kontrol) dan Teori Y (berdasarkan asumsi integrasi dan dukungan).

Sumber : John Sheldrake, Management Theory, Thomson, 2003