Bagaimana biografi Dmitri Mendeleyev?

Dmitri Mendeleyev adalah ilmuwan Rusia yang terkenal dengan jasanya dalam bidang kimia. Salah satunya adalah penemuan tentang tabel periodik.

Dmitri Mendeleyev lahir di Tobolsk, Rusia, pada 8 Februari 1834. Setelah menerima pendidikan sains di Rusia dan Jerman, ia menjadi profesor dan melakukan penelitian di bidang kimia. Mendeleyev terkenal karena penemuannya tentang hukum periodik, yang ia perkenalkan pada tahun 1869, dan untuk formulasi tabel unsur periodik. Dia meninggal di St. Petersburg, Rusia, pada 2 Februari 1907.

Pemuda dan Pendidikan

Dmitri Ivanovich Mendeleyev lahir pada 8 Februari 1834, di kota Siberia, Tobolsk di Rusia. Ayahnya, Ivan Pavlovich Mendeleyev, menjadi buta pada sekitar waktu putra terakhirnya lahir, dan meninggal pada tahun 1847. Ibunya, Mariya Dmitriyevna Kornileva, bekerja sebagai manajer sebuah pabrik kaca untuk menghidupi dirinya dan anak-anaknya. Ketika pabrik itu terbakar pada tahun 1848, keluarga itu pindah ke St. Petersburg.

Mendeleyev menghadiri Institut Pedagogis Utama di St. Petersburg dan lulus pada 1855. Setelah mengajar di kota-kota Rusia, Simferopol dan Odessa, ia kembali ke St. Petersburg untuk mendapatkan gelar master. Mendeleyev melanjutkan studinya di luar negeri selama dua tahun di Universitas Heidelberg.

Penemuan Hukum Berkala

Sebagai seorang profesor, Mendeleyev mengajar pertama kali di Institut Teknologi St Petersburg dan kemudian di Universitas St. Petersburg, tempat ia bertahan hingga tahun 1890. Menyadari bahwa ia membutuhkan buku teks berkualitas untuk membahas topik kimia anorganik, ia mengumpulkan salah satu miliknya sendiri, The Principles of Chemistry.

dmitri mendeleyev's quotes

Ketika ia meneliti dan menulis buku itu pada tahun 1860-an, Mendeleyev membuat penemuan yang mengarah pada pencapaiannya yang paling terkenal. Dia memperhatikan pola berulang tertentu antara kelompok elemen yang berbeda dan, menggunakan pengetahuan yang ada tentang sifat kimia dan fisik elemen, dia mampu membuat koneksi lebih lanjut. Dia secara sistematis mengatur lusinan elemen yang diketahui berdasarkan berat atom dalam diagram seperti grid; mengikuti sistem ini, ia bahkan bisa memprediksi kualitas elemen yang masih belum diketahui. Pada tahun 1869, Mendeleyev secara resmi mempresentasikan penemuannya tentang hukum periodik kepada Masyarakat Kimia Rusia.

Pada awalnya, sistem Mendeleyev memiliki sangat sedikit pendukung di komunitas ilmiah internasional. Temuannya secara bertahap memperoleh penerimaan selama dua dekade berikutnya dengan penemuan tiga elemen baru yang memiliki kualitas yang telah diprediksi sebelumnya. Di London pada tahun 1889, Mendeleyev mempresentasikan ringkasan penelitian yang dikumpulkannya dalam sebuah ceramah berjudul “Hukum Berkala Unsur Kimia.” Diagramnya, yang dikenal sebagai tabel unsur periodik, masih digunakan sampai sekarang.

Prestasi dan Kegiatan Lainnya

Di luar pekerjaan teoretisnya di bidang kimia, Mendeleyev dikenal karena studi ilmiahnya yang lebih praktis, sering kali untuk kepentingan ekonomi nasional. Dia terlibat dalam penelitian tentang produksi minyak Rusia, industri batu bara, dan metode pertanian canggih, dan dia bertindak sebagai konsultan pemerintah untuk berbagai masalah mulai dari jenis baru bubuk mesiu hingga tarif nasional.

Mendeleyev tetap sibuk dengan kegiatan ilmiah setelah meninggalkan pos mengajar pada tahun 1890. Dia menyumbangkan banyak artikel ke Brockhaus Encyclopedia yang baru, dan pada tahun 1893 ia diangkat sebagai direktur Dewan Pusat Berat dan Ukuran Rusia yang baru. Dia juga mengawasi beberapa cetak ulang The Principles of Chemistry.

Mendeleyev menikah dua kali, dengan Feozva Nikitichna Leshcheva pada tahun 1862 dan dengan Anna Ivanova Popova pada tahun 1882. Ia memiliki enam anak gabungan dari dua pernikahan itu.

Tahun-tahun akhir dan Warisan

Pada tahun-tahun terakhir karirnya, Mendeleyev diakui secara internasional atas kontribusinya di bidang kimia. Dia menerima penghargaan kehormatan dari Oxford dan Cambridge, serta medali dari Royal Society of London.

Mendeleyev meninggal pada 2 Februari 1907. Pada pemakamannya di St. Petersburg, murid-muridnya membawa salinan besar tabel periodik unsur-unsur sebagai penghargaan atas karyanya