Bagaimana bigrafi Ignacio S. Galán : CEO Iberdrola, Perusahaan Energi Terbesar ?

Ignacio S. Galán

-Galán-presidente-de-Iberdrola

Ignicio S. Galan adalah seorang CEO dari sebuah perusahaan bernama IBERDROLA , perusahaan tersebut beroperasi pada Listrik , Telepon, Internet, Gas Alam, Security. Perusahaan IBERDROLA ini merupakan perusahaan operator energi terbesar di seluruh dunia. Ignicio lahir di Salamanca Spanyol pada tanggal 30 September 1950, dia sudah menikah dan dikaruniai 4 anak.

Ignicio lulus sebagai Industrial Engineer dari sekolah teknik (ICIA) Universitas Pontificia Comillas yang berada di Madrid. Dia juga lulus sebagai Administrasi Bisnis dan Perdagangan Luar Negeri di Universitas yang sama. CEO IBERDROLA ini juga mampu berbicara bahasa Inggris, Perancis, Italia, dan Portugis. Dalam sebuah interview Galan mengatakan , Dulu saya mengatakan

“I used to say that up to the 19th century the most important people were those who had liquid resources, money. In the 20th century world, it was essentially the engineers, but in the 21st century, it is the ones who are able to manage talent. So talent is going to be the driver for the 21st century.”

Kedatangannya di Iberdrola pada tahun 2001 menandai dimulainya salah satu transformasi perusahaan yang paling sukses dan lengkap dalam dekade terakhir. Dukungannya yang menentukan terhadap ekspansi internasional dan energi bersih membuat Iberdrola menjadi salah satu perusahaan listrik terbesar di seluruh dunia dengan Inggris, Amerika Serikat, Brasil, Meksiko dan Spanyol sebagai pasar utamanya.

Merencanakan Jangka Panjang
Dia juga pernah menjalankan perusahaan – perusahaan terkemuka di Sektor Indutri dan Sektor Teknologi. Dimana dia berada beliau berani mengubah profil perusahaannya secara mendalam dan menerapkan pendekatan yang jauh dari kemampuannya untuk mengantisipasi kebutuhan baru perusahaan dari berbagai sektor. Dia berkomitmen bahwa menjalankan sebuah project yang sehat dan berlangsung lama harus memiliki promosi tata kelola yang baik, efisien dan kesehatan yang baik, kehati – hatian dalam pengelolaan keuangan perusahaan, pertumbuhan dengan profit yang baik, dan berkomitmen terhadap nilai etika dan profesionalitas yang kuat. Semua hal tersebut telah dijalankan oleh Ignacio S. Galan sepanjang karir. Untuk mencapai tujuan strategis, dia selalu memprioritaskan pembentukan tim yang terintegrasi secara budaya dan fokus pada proyek bersama.

IBERDROLA berencana akan melakukan investasi delapan miliar dollar AS di Amerika Serikat, dalam rencana itu semua itu sudah dipertimbangkan oleh Pimpinannya yaitu Galan. Dia mengatakan mempertimbangkan AS karena perusahaannya paling menikmati pertumbuhan ekonomi di AS. AS yang menggunakan hampir seperempat dari minyak dunia, merupakan pasar yang menjanjikan untuk sumber energi terbarukan karena kekhawatiran perubahan iklim dan meningkatnya harga minyak yang memicu permintaan untuk alternatif pengganti bahan bakar fosil.

Dalam kuartal pertama Iberdrola mencatat laba bersih 1,2 miliar euro, naik dari 458 juta euro dalam periode sama tahun lalu, sebagian besar akibat pembelian pembangkit listrik di Skotlandia.

Komunikasi yang Baik, Terbuka, Ramah
Galan yakin akan pentingnya motivasi untuk mencapai kontribusi bisa didapatkannya dari sebuah pengalaman, budaya dan ilmu pengetahuan yang beragam dari manusia. Dia menganggap itu semua sebagai aset utama perusahaan manapun. Seorang pekerja yang tidak kenal lelah dan dengan kayakinan yang teguh, begitu tujuan yang ingin dicapai telah ditetapkan. Dia harus mencapainya dengan maupun bersama tim untuk menyelesaikannya.

Management Hebat
Sebagai CEO IBERDROLA , Ignacio Galan selalu mengembangkan sebuah kebijakan yang sangat aktif mendukung kesempatan yang sama, yang mengakibatkan sejumlah besar wanita bergabung dengan perusahaannya , dan dia mempromosikan sejumlah wanita itu ke posisi yang cukup besar pengaruhnya. Maka dari itu IBERDROLA terdaftar di index Ibex ke 35 dengan jumlah wanita terbanyak di jajaran direksi. Dia juga telah mendorong keseimbangan kehidupan kerja, mempromosikan langkah-langkah yang bagus dalam sektor ini, seperti pelaksanaan jam kerja terkompres.

Ignacio Galán juga telah berkomitmen penuh kepada kaum muda, untuk pendidikan mereka dan pengembangan profesional mereka, yang telah menghasilkan persetujuan tindakan dan kebijakan untuk berkontribusi pada spesialisasi dan penempatan pasar tenaga kerja mereka. Sekitar 700 orang muda mendapatkan pengalaman langsung di Grup Iberdrola setiap tahun dan perusahaan tersebut telah menerapkan program beasiswa untuk mahasiswa pascasarjana dan PhD di universitas internasional di mana ratusan siswa telah mengambil bagian.

REFERENSI

Interview CEO IBERDROLA
Profile Ignacio S. Galán

Ignacio Galán, CEO Iberdrola dengan Segudang Prestasi



Seorang yang teguh dan berkomitmen


Dia telah menjalankan perusahaan-perusahaan terkemuka di sektor industri dan teknologi mutakhir, di mana dia mengubah profil perusahaan tersebut secara mendalam dan menerapkan pendekatannya dan kemampuannya untuk mengantisipasi kebutuhan baru dari berbagai sektor. Komitmen terhadap proyek yang stabil dan berkelanjutan; promosi tata kelola perusahaan yang baik, efisiensi dan kestabilan finansial; kehati-hatian dalam pengelolaan neraca; pertumbuhan dengan profitabilitas; dan komitmen terhadap nilai etika dan profesional yang kuat telah menandai gaya manajemen Ignacio Galán sepanjang karirnya yang panjang. Untuk mencapai tujuan strategis, dia selalu memprioritaskan tim yang dia bentuk terintegrasi dan fokus pada proyek bersama. Galán merupakan seorang komunikator yang baik, terbuka dan ramah. Galán yakin akan pentingnya motivasi untuk mencapai pengalaman berkontribusi, budaya dan pengetahuan yang beragam dari semua tim, yang dia anggap sebagai aset utama perusahaan manapun. Dia seorang pekerja yang tidak kenal lelah dan mempunyai keyakinan yang teguh, begitu tujuan yang ingin dicapai telah ditetapkan, dia sama menuntutnya dengan dirinya sendiri saat berada bersama timnya ketika harus menyelesaikannya.


Kedatangan Ignacio Galán di Iberdrola pada tahun 2001 sebagai wakil ketua eksekutif dan CEO dan pengangkatannya berikutnya sebagai ketua eksekutif pada tahun 2006 memicu dimulainya salah satu proses transformasi paling sukses yang dilakukan oleh sebuah perusahaan besar di tahun-tahun tersebut. Komitmennya terhadap ekspansi internasional, energi terbarukan dan keberlanjutan telah mengubah perusahaan menjadi salah satu utilitas utama dunia berdasarkan kapitalisasi pasar, setelah lima belas tahun pertumbuhannya tidak terusik.


Selain itu, komitmennya yang kuat terhadap perlindungan lingkungan dan tanggung jawab sosial telah membuat perusahaan ini menjadi pemimpin dunia dalam energi terbarukan. Iberdrola adalah satu-satunya orang yang berpengaruh di Eropa yang terdaftar di Dow Jones Sustainability Index sejak itu dibuat dan telah menjadi salah satu orang yang berpengaruh terbaik di dunia, menurut Carbon Disclosure Leadership Index and FTSE4Good. Iberdrola juga telah diakui untuk praktik terbaiknya dalam tata kelola perusahaan oleh publikasi World Finance and Ethical Boardroom, dan sebagai salah satu perusahaan paling etis di dunia oleh Ethisphere Institute saat masa kepemimpinannya.

Eksekutif terbaik ke 5 se antero Spanyol


Sebagai chairman dan CEO Iberdrola, José Ignacio Galán memperoleh total remunerasi sebesar 6,17 juta euro pada tahun 2015, ditambah saham senilai 3,2 juta euro. Pada Rapat Umum Pemegang Saham Iberdrola tahun 2016 (diadakan pada tanggal 8 April), pemberian suara pada Laporan Tahunan mengenai Remunerasi Anggota Dewan mengungkapkan dukungan 97,84% dari para pemegang saham yang hadir dalam pertemuan tersebut, sehingga menjadikan Galán eksekutif terbaik kelima Spanyol di 2015.



Dia telah dianugerahi berbagai penghargaan selama karirnya. Pada tahun 2011, ia menerima gelar kehormatan dari University of Edinburgh dan dari University of Salamanca, karena “kemampuannya yang terbukti untuk menghasilkan perubahan dan inovasi serta visi masa depannya”, sedangkan pada tahun 2013 dia diberi gelar kehormatan dalam sains dari University of Strathclyde di Glasgow. Saat Galán dinobatkan dengan gelar kehormatan di Salamanca juga itulah dia memberikan sedikit quotes yang mana dia mengambil dari kata-kata Miguel de Unamuno.


“We should look to be fathers of our future rather than sons of our past, and in any event, the nucleus of all that which is behind us in order to radiate what will be.”



Selama tiga tahun berjalan, ia dinobatkan sebagai “CEO Terbaik dalam Hubungan Investor” oleh Majalah IR (2003-2005). Penghargaan tersebut didasarkan pada pendapat yang dikumpulkan dari analis pasar saham dan manajer investasi. Dia juga dinobatkan sebagai “CEO Terbaik Tahun Ini” pada tahun 2006 di Platts Global Energy Awards.


Pada tahun 2008 ia juga menerima “Penghargaan Ekonomi Internasional” dari Yayasan Cristóbal Gabarrón. José Ignacio Galán juga telah ditunjuk sebagai Dewan Bilbao oleh Kamar Dagang Bilbao dan memperoleh Medali Emas 2009 dari Provinsi Salamanca.


Pada tahun 2011, dia diberi penghargaan Lagun Onari oleh Pemerintah Basque, yang diberikan kepada orang-orang non-Basque terkemuka sebagai pengakuan atas usaha mereka untuk mempromosikan sejarah dan budaya Basque dan memperbaiki kawasan ekonomi.




Sumber :

Ignacio Sanchez Galan

Jose Ignacio Galan Iberdrola

THE UNIVERSITY OF SALAMANCA AWARDS IGNACIO GALAN AN HONORARY DOCTORATE

Company Profile Jose S. Galan

image

Ignacio Galán adalah Chairman dan CEO Iberdrola, yang telah ia bangun selama 14 tahun terkahir dan saat ini menjadi perusahaan utilitas listrik terbesar di Spanyol dan pemimpin di Eropa. Iberdrola menawarkan salah satu platform energi terbarukan dan terbesar di dunia. Pengusaha ini memiliki 14.000 megawatt kapasitas tenaga angin, terutama di Spanyol dan Amerika Serikat.

Memiliki gaya manajemen yang berbeda


Galán telah banyak menjalankan perusahaan-perusahaan terkemuka di sector industry dan teknologi mutakhir, di mana dia mengubah profil perusahaan secara mendalam dan menerapkan pendekatan yang lebih baik serta kemampuannya untuk mengantisipasi kebutuhan baru dari berbagai sector.
Promosi tata kelola perusahaan yang baik, efisiensi dan kesehatan finansial, kehati-hatianya dalam pengelolaan, pertumbuhan dengan profitabilitas dan komitmen terhadap nilai etika serta professional yang kuat telah menjadi gaya manajemen Ignacio Galán sepanjang karirnya. Galán selalu memprioritaskan pembentukan tim yang saling terintegrasi secara budaya dan focus pada proyek untuk dikerjakan secara bersama.

Galán meyakini pentingnya motivasi untuk mencapai kontribusi yang dapat memperkaya pengalaman, budaya dan pengetahuan yang beragam dari tim kerja perusahaan, yang di anggap sebagai asset utama perusahaan di manapun. Galán adalah seorang pekerja keras dengan keyakinannya yang teguh, begitu dia memiliki suatu tujuan yang harus dicapai, maka dia akan menuntut dirinya sendiri untuk selalu berada bersama dengan timnya dan menyelesaikan tujuan tersebut dengan baik.

Sebagai seorang pemimpin di perusahaan Iberdrola, Ignacio Galán selalu mengembangkan sebuah kebijakan yang aktif dan mendukung kesempatan yang sama. Galán juga telah memberikan keseimbangan kehidupan kerja, mempromosikan langkah-langkah untuk berada di garis depan sektornya, seperti penekanan pada pelaksanaan jam kerja.

CEO pembawa perubahan


Ignacio Galán juga memiliki komitmen penuh kepada kaum muda, untuk Pendidikan dan pengembangan professional mereka. Sekitar 700 orang kaum muda mendapatkan pengalaman langsung di Iberdrola Group setiap tahunnya, perusahaan juga memberikan program beasiswa untuk mahasiswa pascasarjana dan PhD di Universitas Internasional.

Kedatangan Ignacio Galán di perusahaan Iberdrola pada tahun 2001 sebagai executive vice-chairman dan chief executive officer dan pengangkatan selanjutnya sebagai executive chairman pada tahun 2006 memicu transformasi yang dapat dikatakan paling sukses untuk perusahaan besar pada tahun tersebut. Komitmennya pada ekspansi internasional, energi terbarukan, perlindungan lingkungan dan tanggung jawab social telah membuat perusahaan ini menjadi pemimpin dunia dalam sector energi terbarukan. Iberdrola adalah satu-satunya utilitas Eropa yang terdaftar di Dow Jones Sustainability Index dan menjadi salah satu utilitas terbaik di dunia, menurut Carbon Disclosure Leadership Index dan FTSE4Good. Perusahaan ini juga diunggulkan dalam tata kelola perusahaan oleh publikasi World Finance dan Ethical Boardroom, juga sebagai salah satu perusahaan paling etis di dunia oleh Ethisphere Institute.

Penghargaan yang diraih


Sepanjang karirnya, Ignacio Galán telah menerima banyak penghargaan, diantaranya adalah :

• Best Chief Executive Officer (CEO) dalam kategori utilitas (untuk kesebelas kalinya) menurut Institutional Investor Research Group 2017 yang prestisius.
• Medal of Honour of the Royal National Academy of Medicine (RANM) pada tahun 2016.
• Responsible Capitalism Award pada tahun 2014, oleh First Group.
• Gold Medal of the City of Salamanca pada tahun 2013.
• Best CEO perusahaan utilitas Eropa dan perusahaan yang terdaftar di Spanyol dalam hubungan investor, menurut Thomson Extel Survey 2011.
• Lagun Onari (Friend of the Basque People), diberikan oleh Pemerintah Daerah Basque pada tahun 2011.
• Gold Medal of the Province of Salamanca tahun 2009.
• Bilbao Consul di tahun 2009
• Business Leader of the Year 2008, oleh the Spain-United States Chamber of Commerce.
• International Economy Award 2008, oleh Cristóbal Gabarrón Foundation.
• Best CEO of the Year di tahun 2006, di Platts Global Energy Awards.
• ward for Best CEO in Investor Relations, oleh IR Magazine dalam tiga kesempatan berturut-turut
(2003-2005).

Pemikiran jangka panjang Galán


Pada satu kesempatan, Galán menyampaikan pemikiran jangka panjangnya untuk Iberdrola melalui sebuah interview.

1. Di mana Anda ingin menumbuhkan Iberdrola?
Galán : Strategi kami sangat jelas dan sangat fokus di empat bidang. Di negara-negara berkembang Meksiko dan Brasil adalah prioritas kami. Reformasi yang dilakukan oleh Peña Nieto memberi kita lebih banyak kesempatan di Meksiko, di mana kita adalah penghasil listrik terbesar kedua. Kami memiliki empat pembangkit listrik yang sedang dibangun, dan kami mungkin akan mengumumkan lebih banyak investasi baru di masa depan.

2. Apa ambisi Anda di A.S ?
Galán : Kami hadir di 24 negara bagian. Kami adalah penghasil listrik tenaga angin terbesar kedua di negara ini: Hampir 10 sampai 15 persen listrik di A.S. diproduksi oleh Iberdrola. Dan kita terkonsentrasi pada bisnis yang sangat diatur di Northeast. Kami memiliki distribusi di negara bagian New York dan Maine.

3. Anda adalah penghasil energi terbarukan yang besar, namun tren terbesar dalam energi akhir-akhir ini adalah jatuhnya harga minyak. Apakah itu menimbulkan ancaman?
Galán : Rencana kami adalah berinvestasi selama 60 tahun di sebagian negara besar. Berbicara dengan seorang politisi atau perdana menteri sekitar 60 tahun, dan mereka berkata, ‘Apa yang sedang Anda bicarakan?’ Tapi itu wajar untuk bisnis kita. Dalam waktu 60 tahun harga naik dan turun, tapi kita harus melihat ke depan, jangka panjang. Kita tidak bisa mengubah strategi kita hanya karena sesuatu bisa berubah.



Sumber :
http://www.institutionalinvestor.com/article/3442222/banking-and-capital-markets-corporations/iberdrola-ceo-ignacio-galn-targets-north-america-for-growth.html?ArticleId=3442222&p=1#.Wan0dztLfIU

presidente

Ignacio Galán merupakan pebisnis papan atas dunia yang berasal dari Spanyol. Galán saat ini menjabat sebagai seorang CEO di sebuah perusahaan yang bernama Iberdola. Darah spanyol ini Lahir di Salamanca pada tanggal 30 September 1950. Galán lulus sebagai Insinyur Industri dari Sekolah Teknik (ICAI) Universidad Pontificia Comillas (Madrid). Dia juga lulus di bidang Administrasi Bisnis dan Perdagangan Luar Negeri dari ICADE di Universidad Pontificia Comillas (Madrid) dan di General Business Administration dan Foreign Trade dari School of Industrial Organization (EOI) di Madrid. Dengan pengalamannya di dunia bisnis global, Galán mampu menguasai beberapa bahasa antara lain seperti, berbicara bahasa Inggris, Perancis, Italia dan Portugis.

Awal Mula Karir Galán

650517594

Ignacio Galán memulai karir profesionalnya pada tahun 1972 di Sociedad Española del Acumulador Tudor, di mana dia memegang posisi eksekutif dan manajemen yang berbeda, memulai ekspansi internasional perusahaan.

Pada awal tahun 90an, ia mengelola Industria de Turbopropulsores (ITP) pada awalnya, mendorong disain, pembuatan dan perawatan mesin pesawat terbang dan turbin gas. Di ITP, Galán membawa pekerja dan teknisi dari restrukturisasi sektor angkatan laut Muara Bilbao, yang memiliki kesempatan untuk memulai karir profesional baru di industri aeronautika.

Dari tahun 1993 sampai 1995, dia adalah ketua Eurojet, yaitu ebuah konsorsium Eropa yang bergerak dalam pengembangan dan pembuatan mesin Eurojet 200 untuk Eurofighter. Ignacio Galán kemudian menjadi Chief Executive Officer dari sebuah perusahaan telekomunikasi Airtel Móvil yang sekarang bernama Vodafone, di mana dia berhasil mengatasi tantangan besar liberalisasi sektor telekomunikasi di Spanyol.

Bergabung Dengan Iberdola

sanchez-galan1

Kedatangan Ignacio Galán di Iberdrola pada tahun 2001 sebagai Executive Vice-Chairman serta Chief Executive Officer dan pengangkatannya berikutnya sebagai Executive Chairman pada tahun 2006, yang memicu dimulainya salah satu proses transformasi paling sukses yang dilakukan oleh sebuah perusahaan besar di tahun-tahun ini. Komitmennya terhadap ekspansi internasional, energi terbarukan dan keberlanjutan telah mengubah perusahaan menjadi salah satu utilitas utama dunia berdasarkan kapitalisasi pasar, setelah lima belas tahun pertumbuhannya tidak terganggu.

Selain itu, komitmennya yang kuat terhadap perlindungan lingkungan dan tanggung jawab sosial telah membuat perusahaan ini menjadi pemimpin dunia dalam energi terbarukan yang terdaftar pada indeks keberlanjutan utama. Iberdrola adalah satu-satunya utilitas Eropa yang terdaftar di Dow Jones Sustainability Index sejak dibuat dan telah menjadi salah satu utilitas terbaik di dunia, menurut Carbon Disclosure Leadership Index and FTSE4Good. Perusahaan juga telah diakui untuk praktik terbaiknya dalam tata kelola perusahaan oleh publikasi World Finance and Ethical Boardroom, dan sebagai salah satu perusahaan paling etis di dunia oleh Ethisphere Institute.

Pengembangan Bisnis Iberdrola Oleh Galán

Sejak bergabungnya Galán sayap bisnis dari Iberdrola mulai berkembang dan lebih menglobal. Mulai dari banyaknya negara yang bekerjasama dengan Iberdrola. Gaya pendekatan yang dilakukan manajemen Iberdrola sejak bergabungnya Galán sungguh berubah dari awalnya yang hanya sebatas bisnis di satu negara kini sudah menjaring beberapa negara mitra. Menurut jajaran direktur eksekutif dari Iberdrola, Almarhum Íñigo de Oriol pada tahun 2006 lalu ia menyebutkan bahwa Iberdrola telah memiliki kekuatan absolut selama 10 tahun terakhir ini di bawah pimpinan dari Ignacio Galán.

Iberdrola sendiri kini telah menjadi perusahaan listrik swasta pertama di Eropa dengan kapitalisasi pasar dan pemimpin dunia dalam energi listrik tenaga angin, salah satu taruhan terbesar Galán, yang telah menjadi rintangan bagi energi terbarukan di Spanyol dalam beberapa tahun terakhir.

Pengambilalihan Iberdrola oleh Beberapa Perusahaan Eropa

Pada tahun 2008 lalu sempat ada beberapa isu dari perusahaan Iberdrola yang saat itu sudah di pegang oleh Galán. Perusahaan energi Prancis, dan ACS, yaitu sebuah perusahaan konstruksi Spanyol, akan melakukan penawaran pengambilalihan untuk Iberdrola, sebagai penyedia listrik Spanyol. Galan yang saat itu menjabat sebagai CEO langsung mengeluarkan statement “tidak ada yang bisa berperan sebagai perantara yang bisa menjual perusahaan secara sepotong-sepotong". Dia mengungkapkan akan berhenti menjabat sebagai CEO bila hal itu terwujud. Beberapa direksi dari perusahaan berpikir bahwa sangat rugi bila perusahaan melepas begitu saja CEO handal mereka yang sudah membangun pondasi yang bagus di jajaran manajemen Iberdrola. Dengan rasa berat hati tersebut akhirnya perusahaan itu gagal diambilalih oleh perusahaan lain.

Salah Satu Tokoh Paling di Hormati di Eropa

Pada bulan Mei 2014, Ratu dari kerajaan Inggris menyetujui penghargaan kehormatan kepada Ignacio Galán dari Kerajaan Inggris (Divisi Sipil), atas karyanya untuk mempromosikan sektor energi Inggris dan hubungan perdagangan dan investasi antara Inggris dan Spanyol. Selain itu, Galán mengetuai Forum Industri Cluster Listrik Dunia dan berada di Komite Pengarah Meja Bundar Eropa untuk Industriis. Dia adalah anggota Global Sustainable Electricity Partnership yang didukung oleh Persatuan Bangsa-Bangsa dan G10, yang menyatukan perusahaan listrik utama Eropa.

Refrensi :
http://knowledge.wharton.upenn.edu/article/at-iberdrola-the-organizational-chart-is-hardly-traditional/