Bagaimana bentuk pengelompokan pendapatan per kapita seluruh negara di dunia?

Yang melakukan pengelompokkan tersebut adalah Bank Dunia.

pendapatan per kapita seluruh negara

Bank Dunia telah mengelompokkan seluruh negara di dunia ke dalam empat kelompok berdasarkan tingkat pendapatan per kapita mereka pada tahun 2004, yaitu:

  1. Kelompok negara berpendapatan rendah (low income economies). Ini adalah kelompok negara yang memiliki PDB per kapita sekitar $765 atau kurang.

  2. Kelompok negara berpendapatan menengah bawah (lower-middle income economies). Ini adalah kelompok negara yang memiliki PNB per kapita sekitar US $766 - US $3,035.

  3. Kelompok negara yang berpendapatan menengah atas (upper-middle income economies). Kelompok negara yang memiliki PNB per kapita sekitar US $3,036 - US $9,385.

  4. Kelompok negara yang berpendapatan tinggi (high income economies). Kelompok negara yang memiliki PNB per kapita sekitar $9,386 ke atas.

Pengelompokkan tersebut tidak bersifat tetap, namun akan terus berubah setiap tahunnya sesuai dengan kemajuan perekonomian yang dicapai oleh negara masing-masing. Jika terus giat membangun maka tidak mustahil bahwa negara Indonesia suatu saat bisa beralih ke kelompok negara berpendapatan menengah atas atau bahkan kelompok negara berpendapatan tinggi.

Referensi:
Noviani, Leny. 2009. Ekonomi : Untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.