Bagaimana bentuk gitar Model Telecaster?

Kunci Palang

Selain memainkan fungsi menghasilkan nada suara, gitar juga memiliki identitas dan ciri tersendiri dari bodinya, yang telah lama diwariskan oleh tradisi pembuatannya. misalnya seperti gitar model telecaster. bagaimana bentuknya?

‘Telecaster’ dimulai sebagai gitar populer untuk penggemar musik country Amerika dan sebenarnya diperkenalkan lebih awal dari saudaranya, Stratocaster pada tahun 1951. Didesain dengan menggunakan gagasan yang didapat dari gitar lama, Telecaster asli adalah gitar yang sangat mudah dalam perawatan maupun perbaikan.

Model desain telecaster sempat ditertawakan saat diperkenalkan dalam pameran dan disamakan dengan dayungan perahu karena terlalu sederhana. Tapi saat dipegang dan dipetik, Telecaster asli memiliki identitas suara yang berbeda dari model lainnya. Suara lebih terang dan dengungannya unik, membuat Telecaster sempurna untuk musik country dan blues, serta grup rock indie yang memanfaatkan Telecaster sebagai identitas mereka. Di antara para seniman yang identik dengan gitar Telecaster adalah Graham Coxon dari kelompok Blur, Bob Dylan dan penyanyi ternama asal Amerika Keith Urban.