Bagaimana Bentuk Dukungan untuk Penderita Sindrom Tourette?

Tidak ada obat yang dapat menyembuhkan sindrom Tourette. Penanganan terhadap sindrom ini ditujukan untuk mengendalikan gejala yang mengganggu kehidupan sehari-hari penderita. Bagaimana Bentuk Dukungan untuk Penderita Sindrom Tourette?

image

Dukungan untuk Penderita Sindrom Tourette
Penderita sindrom Tourette umumnya memiliki tantangan atau masalah ketika berada di ruangan terbuka atau ketika harus berinteraksi dengan orang lain. Kepercayaan diri mereka dapat berkurang dan menjadi malu dengan kondisi yang mereka miliki sehingga turut meningkatkan stres dan depresi yang dapat berujung kepada penyalahgunaan obat atau zat tertentu. Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membantu penderita sindrom Tourette melalui kondisi mereka, antara lain:

  1. Usahakan untuk selalu mendapatkan informasi yang akurat dan terkini mengenai sindrom ini, baik bagi penderita, dan keluarga. Upaya menyebarkan informasi kepada orang lain di sekitar Anda juga bisa dilakukan.
  2. Ingatlah bahwa tic akan mencapai puncaknya pada saat penderita mencapai usia remaja, namun kondisi ini akan membaik seiring bertambahnya usia.
  3. Pupuklah kepercayaan diri penderita sindrom Tourette, salah satunya dengan cara mendukung olahraga pilihannya atau kegiatan lain yang menarik perhatiannya serta menjaga hubungan baik dengan teman bermainnya.
  4. Jadilah pendukung yang baik dan setia bagi penderita sindrom Tourette dengan membantu mengedukasi guru, teman sekolah, hingga pengemudi mobil jemputan sekolah atau orang lain di sekitar anak secara rutin. Anak dengan sindrom Tourette dapat berkembang lebih baik dalam lingkungan belajar yang lebih kecil atau melalui pelajaran tambahan yang dilakukan secara individual. Anda dapat mendukungnya dengan mengajukan kedua ide ini kepada manajemen sekolah atau perwakilan orang tua murid.
  5. Temukan atau dirikan kelompok dukungan yang sesuai dan cocok dengan kebutuhan penderita atau Anda dan seluruh anggota keluarga.

Sumber : sindrom-tourette