Bagaimana belajar teknik Pointilisme dalam melukis?


(Shiella Regina Febriyanisa) #1

Pointillisme adalah sebuah aliran yang menggunakan titik-titik kecil atau sapuan kuas untuk menciptakan sebuah gambar. Titik-titik cat yang dibuat di atas kanvas dibuat sedemikian rupa sehingga warna berbaur secara visual untuk menciptakan kesan halus. Pointilisme pertama kali disebut ‘divisionisme’. ‘Pointilisme’ merupakan nama yang diberikan kemudian yang dimaksudkan untuk mengejek gaya tersebut.

Sekarang ini, pointilisme merupakan aliran yang diterima luas dan tidak lagi memiliki konotasi negatif. Sebagian orang masih menggunakan istilah ‘divisionisme’ untuk merujuk lukisan yang mirip dengan pointilisme. Sementara pointilisme menggunakan titik-titik kecil untuk menciptakan bentuk dan struktur, divisionisme menciptakan kesan warna yang unik dengan menyandingkan titik-titik warna yang berbeda sesuai dengan prinsip-prinsip warna.

Bagaimana belajar teknik Pointilisme dalam melukis?


(Nikita Tsalis) #2

Cara-cara sederhana yang bisa dilakukan dalam belajar teknik Pointilisme:

  1. Sekitar highlights, menggunakan pena terbaik Anda dan membuat titik-titik berjauhan. Hindari menempatkan setiap titik di satu titik, tapi pastikan bahwa poin secara bertahap menjadi lebih dan lebih jauh terpisah lebih dekat ke satu titik.
    image

  2. Setelah puncak, alihkan pena ke arah tengah. Tapi sebelumnya ganti dulu penamu dengan yang berukuran menengah, dan mulai membuat poin-poin.
    image

  3. Untuk bayangan, gunakanlah pena yang sedikit besar yang memudahkan kamu. Di daerah tergelap, titik-titik yang kamu buat terlihat berdekatan. Tapi pastikan, kamu tidak membuat garis!
    image

  4. Kamu juga bisa buat pointilisme ini dengan pulpen berwarna supaya karyamu lebih menarik. di bawah ini Kopling berikan karya-karya pointilisme yang keren. Contohnya:
    image

image