Bagaimana bahayanya jika hutan di bumi terus dieksploitasi secara berlebihan?

Eksploitasi Hutan dalam sejarahnya sudah terjadi sejak masa kerajaan tradisional. Bagaimana bahayanya jika hutan di bumi terus dieksploitasi secara berlebihan?
eksploitasi hutan

  1. Banjir
    Banjir adalah kondisi dimana terjadi curah hujan yang tinggi namun tidak diimbangi oleh peresapan air yang baik di dalam tanah. Salah satu fungsi tumbuhan yang ada di hutan adalah untuk menampung air yang ada di dalam tanah dan membuat tidak terjadi pengikisan tanah yang akan menjadi penyebab erosi tanah. Banjir biasanya akan terjadi pada daerah yang tidak memiliki sistem drainase yang baik seperti karena terlalu banyak aspal dan tidak ada penyerapan ke dalam tanah serta ruang hijau yang sangat minim.

  2. Tanah longsor
    Tanah longsor merupakan keadaan dimana tanah pada bagian yang lebih tinggi turun menimpa bagian yang lebih rendah. Tanah longsor sebenarnya tidak berbahaya namun yang berbaya adalah jika terdapat pemukiman dibawahnya yang bisa tertimbun. Tanah longsor terjadi karena tidak ada penyangga tanah yang kokoh yaitu pohon. Jika hutan digunduli maka dapat menyebabkan tanah terkikis dan kehilangan penompangnya.

  3. Rusaknya keseimbangan alam
    Jika hutan terus dirusak maka akan terjadi rusaknya keseimbangan alam. Jika salah satu ada yang hilang pasti akan terjadi bencana yang lebih menakutkan yang akan memberikan dampak akibat kerusakan hutan pada lingkungan sekitar yang dapat merugikan seluruh makhluk hidup.

  4. Punahnya berbagai jenis tumbuhan dan hewan
    Hutan sebagai tempat tinggal hewan dan tumbuhan jika terus dirusak dapat mengakibatkan salah satu dari tumbuhan dan hewan punah.