Bagaimana awal mula Perjanjian Pertahanan Bersama Amerika Serikat dan Taiwan?

perjanjian_internasional

(hanaaa) #1

Perjanjian antara Amerika dan Taiwan dibidang pertahanan sebenarnya sudah lama dilakukan bahkan semenjak perang dunia ke-2. Namun, bagaimana awal mula Perjanjian Pertahanan Bersama tersebut?


(aditya) #2

Menurut Dr. Alexander Chiehcheng Huang, perjanjian kerjasama di bidang pertahanan antara Amerika Serikat dan Taiwan telah dilakukan semenjak Perang Dunia ke-2 hingga saat ini. Dari waktu ke waktu perjanjian Amerika Serikat – Taiwan telah mengalami beberapa reformasi (perubahan) dan semakin diperkuat hingga sekarang.

Dimulai dari Perang Dunia ke-2 Amerika Serikat memberikan beberapa bantuan militer kepada Taiwan yakni diantaranya, The American Volunteer Group (Flying Tigers) yang merupakan bantuan AS kepada Taiwan untuk mendukung pemerintahan nasionalis Cina melawan Jepang di perang Sino – Jepang ke-2, pasukan ini dipimpin oleh General Claire Chennouli. Amerika Serikat kemudian mengirimkan US Naval Group China ( Sino – American Cooperative Organization) yang dipimpin oleh Admiral Milton Miles operasi ini merupakan operasi inteligen mutual antara AS dan Taiwan. Pada awal tahun 1950an juga melakukan Cooperation in Land Operation Between Chinese, British and American Forces in South Asia against Japanese in the China – Burma – India Theater.

Kepentingan strategis dari Amerika Serikat kepada Taiwan ini menurut Huang (2010) adalah melakukan kebijakan containing terhadap ekspansi komunis di Asia Pasifik pada masa Perang Dingin. Pemerintah Taiwan menyatakan bahwa kepentingan politik, keamanan dan ekonomi Amerika Serikat sangat sejalan dengan perdamaian dan stabilitas keamanan di Pasifik Barat sehingga dengan menjalin kerjasama dengan Taiwan dapat memenuhi tujuan tersebut. Untuk mempererat kerjasama AS – Taiwan setelah perang dunia kedua, ditandatanganilah US – ROC Mutual Defense Treaty tahun 1954 yang aktif hingga 1 Januari 1980 dan US Military Assistance Advisory Group (MAAG).