Bagaimana awal mula hadirnya UNAIDS di Afrika Selatan?

image

Joint United Nations Programme on HIV and AIDS, atau UNAIDS, adalah pendukung utama untuk aksi global terhadap epidemik HIV yang cepat, luas dan terkoordinasi. UNAIDS mempunyai misi untuk memimpin, memperkuat dan mendukung respon yang meluas terhadap HIV dan AIDS yang termasuk mencegah transmisi HIV, menyediakan fasilitas dan dukungan untuk orang yang sudah terlanjur hidup dengan virus, mengurangi kerentanan seseorang dan komunitas terhadap HIV dan mengurangi dampak epidemik. Bagaimana awal mula hadirnya UNAIDS di Afrika Selatan?

Kemiskinan, sistem kesehatan yang masih belum berkembang dengan baik, serta infrastruktur yang juga masih belum memadai, sudah pasti Afrika tidak akan bisa untuk menangani masalah HIV/AIDS dengan cepat dan baik, sebagaimana yang seharusnya dilakukan, apabila benua Afrika memutuskan untuk melakukannya dengan menggunakan sumber daya yang mereka miliki (Goliber,2002).

Bantuan keuangan dan teknis dari komunitas internasional merupakan sebuah kunci dalam menangani masalah HIV/AIDS yang ada di Afrika. PBB sebagai sebuah badan internasional, kemudian membentuk sebuah kerjasama yang diberi nama IPAA (International Partnership Against AIDS in Africa), yang bertujuan untuk membantu negara-negara yang ada di Afrika dalam menangani masalah HIV/AIDS. IPAA merupakan sebuah kerjasama yang terdiri dari pemerintah negara-negara Afrika, badan PBB, donor, serta sektor privat dan komunitas (UNAIDS, 2001).

Setelah UNAIDS terbentuk, UNAIDS kemudian menempatkan sekretariatnya di Afrika Selatan. Sekretariat UNAIDS yang berada di Afrika Selatan mendukung upaya pemerintah Afrika Selatan dalam menangani masalah HIV/AIDS dengan cara bekerja sama dengan pemerintah, komunitas sosial, danMsektor bisnis. Sekretariat UNAIDS yang berada di Afrika Selatan didukung oleh penasihat pengawas dan evaluasi, penasihat kerjasama, dan sebuah staff pendukung lainnya.

Sekretariat UNAIDS mengkoordinasi dan memfasilitasi upaya dari United Nations Theme Group on AIDS yang bekerja melalui joint UN Team on AIDS (UNAIDS dan kosponsors), mendukung partner lokal di seluruh bagian Afrika Selatan dengan cara memberikan bantuan teknis dalam perencanaan program, pengimplementasian, penyebarluasan, dan pengevaluasian Dukungan yang diberikan antara lain:

  1. Kepemimpinan dan advokasi untuk mengatasi epidemi AIDS secara lebih efektif.

  2. Informasi strategis untuk membimbing upaya dalam menangani AIDS.

  3. Mengikuti, mengamati, dan mengevaluasi dari epidemi AIDS dan meresponnya.

  4. Pengembangan masyarakat sipil dan pengembangan kerjasama.

  5. Mobilisasi sumber daya untuk mendukung respon yang efektif.