Bagaimana asal usul seni lukis Ebru?


Seni lukisan Ebru merupakan salah satu seni melukis dengan teknik baru. Ebru sendiri merupakan sebuah seni melukis yang dilakukan di atas air. Bagaimana asal usul seni lukis Ebru yang Anda ketahui?

Asal Usul Seni Lukis Ebru

  • Seni Lukis ‘Ebru’ merupakan kesenian khas dari Turki. Dalam bahasa Turki, ‘Ebru’ berarti ‘Awan’ atau ‘Berawan’. Tetapi ternyata kesenian tersebut bukan berasal dari Turki, tetapi dari peradaban China kuno. Sebuah tulisan tentang seni lukis ‘awan’ dari jaman dinasti Tang (618-907) menyebutkan tentang proses mewarnai kertas menggunakan media air dengan lima warna. Kuat dugaan inilah cikal bakal seni lukis ‘awan’ yang kemudian menyebar hingga ke Iran.

  • ‘Ebru’ di Iran digunakan untuk mewarnai sampul naskah maupun kitab. Seni Ebru kemudian menjalar hinga ke Anatolia, dan Turki bagian Asia. ‘Ebru’ juga sempat berkembang menjadi seni ‘Kaligrafi’. Sejak pertengahan abad ke-15 Ebru dikenal sebagai seni Turki, yaitu membuat corak pada kertas dengan media air. Pada masa itu, teknik Ebru adalah mencipratkan cat yang mengandung empedu sapi ke permukaan air yang sudah dicampur “kitre” (getah tragacanth). Kemudian corak yang telah terbentuk ‘diambil’ dengan menggunakan kertas yang diletakkan ke permukaan cairan sehingga corak warna di permukaan cairan tadi menempel ke kertas.

Berikut ini merupakan salah satu hasil karya dari seni lukis dengan teknik Ebru