Bagaimana asal mula seni lukis di daerah Keliki, Bali?

Bali adalah salah satu pulau di Indonesia yang memiliki keindahan alam luar biasa. Bali terkenal dengan keseniannya yang khas dengan karakter yang berbeda beda. Terutama pada seni lukis, daerah pengembangan seni lukis menjadi pengaruh karakter lukisan-lukisan yang dihasilkan di Bali. Di daerah Keliki , bagaimana asal mula seni lukis muncul?

:performing_arts: :performing_arts: :performing_arts: :performing_arts: :performing_arts: :performing_arts: :performing_arts: Asal mula seni lukis di Keliki,Bali :performing_arts: :performing_arts: :performing_arts: :performing_arts: :performing_arts: :performing_arts:

Sebuah desa kecil di ujung utara Ubud bernama Keliki merupakan salah satu daerah penyumbang seniman Bali yang menghasilkan karya-karya yang luar biasa. Contohnya karya I Lunga yang berjudul Rajapala merupakan salah satu karya yang fenomenal. Lukisan-lukisan yang dihasilkan daerah Keliki menguak kehidupan pedesaan Bali dengan berbagai legenda yang tersimpan dan dituangkan dalam warna-warna yang menarik mata. Seperti lukisan I Lunga tersebut di atas, Rajapala yang menjadi judul lukisan ini merupakan legenda yang ceritanya dikenal dengan sebutan Jaka Tarub dan Bidadari namun versi Bali sang pengembara yang menemukan selendang bidadari dikenal dengan nama Rajapala.