Bagaimana asal mula Pennywise?

Pennywise merupakan badut peneror yang dapat kita lihat dalam Film IT. Seperti apakah asal mulanya?

Pennywise adalah tokoh jahat utama dari film dan buku IT karangan Stephen King. Pennywise juga termasuk dalam Multiverse milik Stephen King bersama novel lain IT adalah sebuah bentuk kehidupan dalam dimensi Macroverse di luar angkasa yang bahkan sudah ada jauh sebelum tata surya itu ada.karangannya. Dia digambarkan sebagai badut mengerikan yang suka meneror dan menculik anak-anak.

IT adalah sebuah bentuk kehidupan dalam dimensi Macroverse di luar angkasa yang bahkan sudah ada jauh sebelum tata surya itu ada. Belum diketahui nama asli maupun bentuk sebenarnya dari IT, namun dalam novel, dia disebut sebagai Robert Gray, dan nama IT muncul dari anak-anak yang menyebut dirinya demikian.

IT sudah ada di belahan bumi yang nantinya menjadi kota Derry. Sebelum manusia ada, IT sudah ada. Dia tertidur dan menunggu sampai adanya kehidupan. Lalu apakah dia memakan anak-anak?

Secara harfiah, IT tidak memakan anak-anak. Dia hanya memakan rasa takut dari orang-orang, yang di mana anak-anak jauh lebih penakut dan lemah dibanding orang dewasa. Karena itu IT mengincar anak kecil.

IT bisa berubah menjadi banyak bentuk, dan badut Pennywise adalah salah satu bentuk dari IT. Sepertinya bentuk Pennywise adalah yang paling disukai IT. Pennywise sering digunakan IT untuk menarik anak-anak dan menakut nakutinya.

Pennywise sendiri kemungkinan adalah badut sungguhan yang pernah hidup. Seperti sebutannya, dia adalah badut penari. Mungkin saja dia salah satu korban pertama dari IT, dan dia mengambil bentuknya.

Sebenarnya, Pennywise The Dancing Clown bukanlah badut. Dia mahkluk jahat kuno yang mungkin berumur miliaran tahun. Pennywise atau ‘It’ berasal dari kehampaan yang mengandung seluruh alam semesta yang disebut Macroverse.

Dalam novelnya, disebutkan Billy melihat bentuk asli ‘It’ dan menggambarkannya sebagai makhluk merayap tak berujung, berbulu dan terbuat dari cahaya jingga. Namun, ‘It’ kerap mengubah bentuk menjadi badut dan menyebut dirinya sebagai Pennywise the Dancing Clown.

‘It’ tiba di bumi akibat sebuah peristiwa dahsyat jutaan tahun lalu dan mendarat di Amerika Utara. Tepatnya di kota Derry, Maine yang belum dibangun.

Makhluk tersebut tertidur dibawah bumi selama jutaan tahun, menunggu kedatangan umat manusia. Ketika kota Derry akhirnya dibangun pada 1715, ‘It’ pun terbangun dan memulai sebuah siklus yang memakan rasa takut masyarakat Derry.

‘It’ lebih senang memangsa anak-anak karena rasa takut mereka lebih mudah ditanam dan dimanupulasi menjadi bentuk fisik. ‘It’ tidak hanya bangun dalam siklus 27 sampai 30 tahun sekali. Dia juga bisa terbangun oleh tindak kekerasan.

Dalam novelnya, kisah ‘It’ sendiri diawali dengan seorang bocah laki-laki bernama Dorcey Corcoran yang tewas karena dipukuli oleh ayah tirinya. Makhluk jahat tersebut tidak hanya mampu memanipulasi rasa takut. ‘It’ juga mampu memanipulasi pikiran sehingga penduduk kota Derry tidak memikirkan tragedi mengerikan yang memangsa anak-anak mereka.

Tindakkan orang dewasa hanya menempel foto baru anak yang hilang secara pasif dan terus melanjutkan kehidupan mereka seolah-olah tidak ada yang salah.

Hal-hal tersebut mungkin akan diungkap dalam film kedua dengan penjelasan yang lebih detil. Andy Muschietti pun bisa saja mempertimbangkan untuk membuat It Cinematic Universe atau mungkin Stephen King Cinematic Universe. Dengan kesuksesan film ‘It’, universe ‘It’ menjadi salah satu ekspektasi penggemar karya Stephen King.

Referensi

https://hot.detik.com/movie/d-3637191/begini-latar-belakang-pennywise-the-dancing-clown-dalam-it