Bagaimana AR & VR Berdampak / Mempengaruhi Kehidupan?

AR dan VR adalah teknologi yang sangat populer baru-baru ini karena keunikannya. Bagaimanakah dampak AR dan VR dalam kehidupan?

A. Virtual Reality
image
Kita berasumsi bahwa virtual reality adalah pengaruh yang jinak terhadap kehidupan kita dan tidak mungkin menimbulkan masalah. Tapi ini adalah bentuk teknologi yang berkembang sepanjang waktu dan akibatnya bisa menimbulkan masalah yang sebelumnya belum pernah dipertimbangkan.

Efek Fisik dari Virtual Reality

Salah satu masalah utama dengan virtual reality adalah motion sickness. Secara tanpa diketahui, pengguna mengalami mual setelah menghabiskan waktu di lingkungan virtual yang disebabkan oleh efek pergeseran persepsi terhadap keseimbangan. Beberapa orang terpengaruh oleh hal ini setelah menghabiskan waktu 30 menit di lingkungan virtual. Nama lain sensasi ini adalah ‘cybersickness’.

B. Augmented Reality
image
Augmented reality memiliki banyak kasus penggunaan. Augment berfokus pada visualisasi produk untuk memberi perusahaan-perusahaan kemampuan untuk menampilkan produk virtual secara real-time di lingkungan nyata. Berikut adalah empat cara AR memiliki kesempatan untuk mengubah dunia dalam waktu dekat.

  1. Eksplorasi Perkotaan
    image
    Augmented Reality selalu terkait erat dengan navigasi dan tidak diragukan lagi daerah yang AR akan bantu adalah perangkat mobile dan kendaraan. AR bisa mengubah bagaimana kita menavigasikan dunia, baik di dalam maupun di luar rumah. Bayangkan melihat arah sebelum anda memasuki toko untuk menemukan deterjen cucian yang anda cari. Mobil zaman baru akan menggunakan AR untuk menggambarkan secara jelas arah tanpa harus berpaling dari jalan.

  2. Operasi Keselamatan dan Penyelamatan
    image
    Salah satu kasus penggunaan augmented reality yang paling konsisten adalah operasi keselamatan dan penyelamatan. Dalam operasi penyelamatan, idealnya responden pertama akan disajikan dengan rincian informasi lingkungan. AR dapat memberikan peta 3D untuk melengkapi responden pertama dengan informasi paling banyak.

  3. Penghiburan
    image
    Augmented reality berkembang pesat melalui hiburan dan tidak diharapkan mereda dalam waktu dekat. Pokemon go adalah salah satu contoh pemanfaat AR dalam penghiburan. AR seperti Microsoft Hololens, Magic Leap, dan Meta 2 mengubah lingkungan kita menjadi interface digital. Magic leap mendemonstrasikan bagaimana game di AR akan muncul, mengubah lingkungan sekitar menjadi lanskap game interaktif.

  4. Perbelanjaan
    image
    Dampak terbesar AR dapat terjadi di ruang ritel dan omni-commerce. Inovasi di ritel sudah berakselerasi dan visualisasi produk merupakan tren berikutnya dalam mengubah industry.Augmented reality dapat dengan mudah menampilkan informasi dan visual lainnya pada barang kemasan dengan pemindaian gambar sederhana. Augment aktif dalam memungkinkan pelanggan untuk mencoba produk mereka di depan mereka sebelum mereka membuat keputusan online.

AUGMENTED REALITY


Augmented reality adalah cara untuk menggunakan teknologi untuk mendefinisikan ulang ruang, dan menempatkan lapisan virtual ke seluruh dunia dengan spesifisitas geografis yang memastikan kecocokan yang baik.

  1. Eksplorasi kota

Sedang berada di luar kota atau sedang menjelajah? Augmented reality dapat membantu kita meneliti lokasi, fungsi suatu tempat, dan menujukkan arah.

  1. Shopping

Augmented reality memungkinkan Anda menelusuri katalog pakaian virtual dari merek favorit Anda, berbelanja langsung di majalah favorit, atau kunjungi virtual pop-up store.

  1. Operasi Keselamatan dan Penyelamatan

Chris Grayson, pakar AR, mengatakan, “Ruang perusahaan dan pegawai pemerintah dapat melihat manfaat dunia nyata” dari AR. Keadaan darurat adalah fakta kehidupan, dan responden pertama, polisi dan petugas pemadam kebakaran sering kali tiba di tempat yang kacau dan perlu memahami lingkungan dan menavigasi tempat yang belum pernah mereka kunjungi. Bukankah lebih keren jika mereka bisa melihat peta situs virtual atau memiliki “visi sinar-X” untuk melihat jalur air dan listrik bawah tanah?

VIRTUAL REALITY


Berikut adalah beberapa prediksi bagaimana virtual reality akan mengubah hidup kita:

  1. Gaming

Karena kita sudah mengetahui headset Oculus Rift, masuk akal untuk memulai topik ini dengan game. Lagi pula, ini adalah contoh nyata maya yang paling nyata dan didemonstrasikan.

Bahkan sebelum menjadi mainstream, Oculus sudah mendukung sejumlah besar game. Dan daftar ini berkembang setiap saat. Sony dan Samsung juga merilis headset VR yang serupa, dan persaingan yang meningkat akan memaksa desainer untuk membuat permainan dan pengalaman mereka lebih intens, mendalam, dan mengesankan.

  1. Menonton film

Film 3D bukanlah hal yang baru, tapi tidak begitu menarik dan bagus, tiga dimensi, seperti yang diharapkan dan diharapkan oleh pemirsa. Tapi coba bayangkan berapa banyak pengalaman sinematik yang bisa ditingkatkan saat Anda melemparkan realitas maya ke dalam campuran.

Anda akan menguasai dunia perfilman. Anda bisa melihat-lihat sesuai keinginan, melihat aksi dari berbagai sudut, dan memilih tempat untuk memberi perhatian penuh. Ini semua masih teoretis saat ini, tapi sebenarnya bisa mengubah cara kita menonton film di masa depan.

  1. Operasi

Ini adalah satu area di mana virtual reality sudah digunakan, karena lebih aman bagi ahli bedah untuk menyempurnakan teknik mereka dalam lingkungan yang realistis. Ahli bedah dapat mempelajari teknik dan peserta baru / calon dapat menerapkan teori tanpa model plastik yang tidak realistis, atau tekanan pada situasi kehidupan nyata.

  1. Eksplorasi luar angkasa

Perjalanan angkasa mahal. kemungkinan untuk pergi ke stratosfer cukup kecil bahkan jika Anda seorang astronot. Tapi VR membuat petualangan mahal dan terkadang berbahaya ini jauh lebih mudah.

Para ilmuwan dapat dengan aman menjelajahi dari Ground Control, menuju jauh lebih dalam ke luar angkasa.

  1. Pelatihan dan pengembangan

Pilot sudah menggunakan simulator penerbangan. Namun, seperti ahli bedah, secara serius bisa mendapatkan manfaat dari sesuatu yang jauh lebih realistis untuk membantu menyempurnakan kemampuan mereka. Virtual reality.

Source

http://mashable.com/2012/12/19/augmented-reality-city/#0rpJYX479PqZ
https://www.engadget.com/2016/06/13/how-will-virtual-reality-change-our-lives/