Bagaimana anjing menjadi kelebihan berat?

Kegemukan adalah masalah yang dapat terjadi pada semua anjing. Tetapi, selayaknya manusia, akan lebih baik dan lebih sehat jika ia memiliki berat badan yang normal dibandingkan kegemukan. Apa yang menyebabkan anjing kelebihan berat?

Umumnya anjing mengalami kelebihan berat badan akibat dari konsumsi makanan yang berlebih dari yang mereka butuhkan dan kurang beraktivitas. Kalori dari makanan mereka yang tidak digunakan untuk kegiatan sehari-hari, akan tersimpan dan lama kelamaan membuat gemuk. Makan terlalu banyak bisa disebabkan oleh sifat rakus, rasa bosan dan pemberian makan yang berlebih.

Kelebihan memberikan makan atau terlalu sering memberikan snack atau sesuatu yang menyenangkan sering kali menambah masalah kelebihan berat.

Anak anjing yang di beri makanan berlebih, cenderung menjadi anjing dewasa yang kelebihan berat, dan juga memiliki resiko bagi pertumbuhan tulangnya. Jika anak anjing diberikan makanan dengan benar sedari muda, maka ia akan bebas dari masalah kelebihan berat di masa hidupnya.

Cara cepat untuk mengetahui apakah anjing Anda kelebihan berat badan adalah dengan merasakan dengan tangan bagian tulang rusuknya. Jika Anda kesusahan untuk merasakannya, anjing Anda mungkin butuh mengurangi berat badan.