Bagaimana Angellist mulai menggunakan MVP (Minimum Viable product) sebagai solusi dari permasalahannya?

Sebagaimana yang kita tahu bahwa angellist merupakan suatu aplikasi yang dapat menghubungkan startup dan investor. MVP mempunyai peran penting dalam membangun suatu produk seperti halnya yang dijelaskan diatas. Bagaimanakah Angellist mulai menggunakan MVP?

AngeList menciptakan sebuah pasar yang dapat menghubungkan startup-startup yang ada dengan investor. Karena startup sulit untuk menemukan investor yang mau untuk menginvestasikan dananya untuk mereka dan investor juga terkadang kesulitan untuk mencari startup yang cocok dan sesuai dengan keinginannya. Sehingga dari situlah Angelist mengambil peluang yang ada dengan menciptakan sebuah pasar antara startup dan investor. Angelist menggunakan MVP untuk projek yang ia lakukan yaitu dengan memulai dengan suatu hal yang kecil dan sederhana. MVP merupakan produk dengan spesifikasi seminimal dan pembuatan secepat mungkin, namun mampu melayani kebutuhan inti pengguna semaksimal mungkin. MVP biasanya digunakan oleh user experience (UX) designer untuk membaca arah pasar produk yang tengah dibuatnya. Tujuan pembuatan MVP ialah menguji asumsi bisnis dan memastikan pengembangan aplikasi sudah sesuai dengan tujuan bisnis. Dengan begitu, aplikasi yang sudah dibuat dapat terus berkembang sesuai dengan harapan desainer. Selain itu, MVP dibuat untuk meningkatkan efisiensi biaya pengembangan aplikasi.

Awalnya Angelist membuat perkenalan melaui email. Mereka membuat intro email yang menghubungkan startup yang mereka tahu mencari pendanaan dan investor yang mereka tahu mencari investasi. Alih-alih membangun situs web yang rumit, dan menghabiskan banyak uang untuk memasarkan diri mereka sendiri kepada para investor dan pendiri, AngelList membuatnya tetap sederhana,mengandalkan jaringan kontak yang ada, dan email lama biasa, untuk mengatur beberapa peluang investasi pertama mereka. Begitu mereka mencapai sukses dalam skala kecil ini, menjadi lebih mudah untuk membenarkan waktu dan sumber daya yang diperlukan untuk meningkatkan layanan yang ada dan membuktikan bahawa layanan yang diberikan aman dan terpercaya.

Referensi :