Bagaimana analisa user experience (UX) pada mobile game?

Analisa user experience merupakan salah satu hal yang harus dilakukan sebagai pertimbangan dalam perancangan sebuah game , terutama pada mobile game , dimana game akan dimainkan melalui gadget. Lantas, bagaimana analisa UX pada mobile game ?

Sebuah game tentunya dituntut untuk menyenangkan dan berguna. Oleh karena itu sangat penting untuk membuat user interface yang baik dan representatif agar dapat menghasilkan UX yang baik pula. Dalam perancangan mobile game , user interface diharapkan dapat membangun pengalaman bermain dari pengguna yang sesuai. Bermain game pada platform mobile tentunya akan berbeda dengan bermain di PC atau console lainnya seperti XBOX, PlayStations, dll. Maka hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Ukuran Layar
    Layar dari PC ataupun konsol game lainnya menggunaka layar yang lebih besar bila dibandingkan dengan layar pada platform mobile . Hal ini pastinya akan mempengaruhi bagaimana game akan didesain menyesuaikan dengan ukuran tersebut.

  • Ergonomis
    Tantangan terbesar dalam merancang UX untuk pengguna mobile game adalah pengguna memegang perangkat game di tangan mereka. Ini berarti, pemain memegang kedua aspek yaitu kontrol permainan dan layar. Hal ini membuat perancangan user interface pengguna yang ergonomis lebih sulit dirancang.

  • Layar Sentuh
    Kendali sentuh kurang akan feedback . Maka dari itu akan sulit untuk menghasil sebuah pengalaman bermain untuk UX yang sebaik game pada PC atau game console lainnya, apalagi untuk game yang sangat kompleks.

Mengingat akan keterbatasan yang ada pada platform mobile , maka untuk perancangan mobile game terdapat beberapa poin yang diperhatikan untuk menghasilkan UX yang baik untuk UI yang akan dirancang.

  • Membuat Tutorial yang Mudah dan Bersahabat
    Kebanyakan pengguna tidak menyukai tutorial yang membuang dapat membuang waktu bermain. Maka untuk perancangan UI mobile game , tutorial perlu disediakan melalui tombol tersendiri yang mudah dilihat dan diakses oleh pengguna, sehingga pengguna tidak terganggu dengan munculnya tutorial yang muncul di awal permainan.

    Selain itu tutorial harunya muncul secara situasional, disaat pengguna berhenti pada jangka waktu yang telah ditentukan, yang dapat diartikan pengguna kebingungan dengan apa yang harus dilakukan untuk berinteraksi pada saat bermain. Tutorial sangat penting dalam pembentukan UX, karena akan membantu pengguna dalam memahami jalan cerita dan kendali yang akan digunakan, sehingga pengguna merasa aman saat bermain dan tidak takut kebingungan ditengah permainan.

  • Perancangan untuk Layar Kecil
    Layar untuk platform mobile dikategorikan sebagai layar kecil bila dibandingkan dengan platform game lainnya. Maka dari itu, setiap area pada layar sangat penting dalam perancangan user interface dan harus dimanfaatkan dengan baik. Dalam hal ini, area yang akan digunakan untuk meletakkan tombol kendali ataupun informasi perlu diperhatikan. Dengan begitu, UX yang dihasilkan nantinya akan membuat pengguna atau pemain game ini tidak mengalami kesulitan dalam melakukan interaksi dengan game .

  • Menggunakan Gestur yang Didasari oleh Intuisi
    Gestur kendali yang berdasarkan intuisi tentunya akan lebih membantu pengguna dan dapat meningkatkan UX yang baik dari pengguna. Contoh gestur yang berdasarkan intuisi adalah pada game racing , kendalinya berupa menggunakan devices selayaknya sebuah stir mobil. Gestur yang sesuai intuisi tentunya akan membuat permainan akan lebih menyenangkan, karena dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan sesuai. Gestur yang digunakan dalam perancangan mobile game ini akan mencoba untuk menggunakan intuisi kebiasaan manusia dalam berinteraksi, dimana hal ini akan bermanfaat untuk UX.

  • Menyenangkan dan Penuh Arti
    Game pastinya harus menyenangkan. Untuk membangun sebuah UX yang baik, mobile game harus dirancang agar tidak membosankan. Mobile game juga harus dirancang agar penuh arti, dengan membuat jalan cerita yang jelas dan membuat pengguna merasakan kontrol penuh pada game , serta memastikan bahwa game dapat dimenangkan dengan tahap yang sesuai pada ceritanya.