Bagaimana anak ayam dapat memecahkan telurnya saat menetas?

Telur ayam menetas

Telur ayam terkenal akan kekuatannya, tetapi mengapa anak ayam dapat memecahkannya ketika menetas ?

Anak ayam dapat memecahkan telurnya karena peran protein osteopontin yang terkandung di cangkang telur.

Protein osteopontin akan menguatkan cangkang telur supaya calon anak ayam terlindungi sebelum akhirnya menetas. Dengan kata lain, semakin tinggi kadar protein tersebut, akan semakin tebal dan kuat cangkang telur.

Kandungan protein ini semakin hari kian berkurang mengikuti waktu penetasan telur. Cangkang pun kian menipis sehingga anak ayam nantinya mudah untuk menembus keluar dari telur.

Hal ini terungkap berkat studi yang dilakukan oleh para peneliti asal Amerika Serikat, Kanada, Jerman, dan Spanyol. Kerja keras mereka terdokumentasikan dalam Jurnal Science Advances.

Mereka memperoleh kesimpulan demikian setelah mengambil sejumput tipis lapisan kulit telur. Selanjutnya, lapisan tersebut ditaruh di bawah mikroskop yang canggih demi mendapatkan hasil yang akurat.

Mikroskop tersebut mampu mengamati hingga struktur nano sehingga konsentrasi mineral pada kulit telur pun bisa terlihat.

Dari pengamatan tersebut, didapatkanlah protein osteopontin, sebagai struktur nano cangkang telur.

Lewat temuan protein dalam cangkang telur ini, lantas timbul ide dari peneliti untuk merancang nanomaterial yang ringan tapi kuat. Diharapkan nanomateri tersebut membantu dunia industri, dari mulai bidang elektronik hingga kesehatan.