Bagaimana algoritma diimplementasikan dalam bahasa pemrogaman

Algoritma merupakan suatu metode atau langkah-langkah umum yang disusun secara sistematis dan logis yang dugunakan untuk menyelesaikan masalah atau kasus-kasus tertentu. Dalam menuliskan algoritma, dapat digunakan bahasa natural atau menggunakan notasi matematika, sehingga masih belum dapat dijalankan pada komputer , Bagaimana algoritma diimplementasikan dalam bahasa pemrogaman ?

Sesuai dengan deskripsi soal algoritma diatas, sudah disebutkan bahwa algoritma adalah serangkaian metode yang harus diikuti demi memecahkan masalah atau kasus-kasus tertentu. Dalam beberapa pertemuan mengenai pemrograman dasar yang sudah di tempuh dalam masa perkuliahan. Langkah awal membuat algoritma dengan cara membuat pseudocode, dimana pseudocode menggunakan bahasa formal yang belum di terjemahkan ke dalam kode. Guna pseudocode tersebut juga mempermudah pemrograman karena bahwasanya ada berbagai macam bahasa pemrograman. Sebelum terjun dalam kode-kode pemrograman ada baiknya berlatih dengan pseudocode.

Ada beberapa bahasa pemrograman yang berada dalam dunia komputasi. Bahasa tersebut dibuat untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan sendiri. Jika kita sudah tuntas mempelajari algoritma dari sini kita sudah boleh belajar mengenain bahasa pemrograman yang di tuju. Dimulai dengan masalah yang sederhana lalu disusunlah algoritma baru kita dapat menterjemahkan algoritma tersebut ke bahasa pemrograman. Beberapa percobaan seperti trial error juga di perlukan jika mulai mempelajari bahasa pemrograman. Dibutuhkan latihan yang rutin jika ingin mengetahui seluk beluk cara kerja mesin komputasi, karena bahwasanya apa yang dilakukan komputer sangat linear dan melewati gerbang logika. Dari sinilah istilah coding menjadi skill.

Algoritma adalah jantung ilmu komputer atau informatika. Banyak cabang ilmu komputer yang mengarah ke dalam terminologi algoritma. Namun, jangan beranggapan algoritma selalu identik dengan ilmu komputer saja. Dalam kehidupan sehari-hari pun banyak terdapat proses yang dinyatakan dalam suatu algoritma. Komputer hanyalah salah satu pemroses. Agar dapat dilaksanakan oleh komputer, algoritma harus ditulis dalam notasi bahasa pemrograman sehingga dinamakan program. Jadi program adalah perwujudan atau implementasi teknis algoritma yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu sehingga dapat dilaksanakan oleh komputer .

Pada dasarnya algoritma adalah sekumpulan langkah yang disusun secara logis sehingga suatu masalah dapat terpecahkan. Langkah-langkah ini disusun secara berurutan agar masalah dapat terselesaikan. Nah, algoritma dapat diterapkan dalam bahasa pemrograman juga dengan suatu aktivitas yang disebut coding atau menuliskan sebuah kode. Algoritma yang merupakan sekumpulan langkah atau cara kemudian diterjemahkan oleh para programmer kedalam kode-kode dengan syntax tertentu sehingga kode tersebut dapat dijalankan demi membangun sebuah program atau memecahkan masalah yang telah didefinisikan terlebih dahulu oleh para programmer. Kemampuan penerjemahan ini perlu dilatih sedemikian rupa sehingga tidak ada salah tafsir dan berdampak pada pengimplementasian solusi yang tidak tepat dan berbuntut pada program yang berjalan tidak sesuai keinginan atau gagal terpecahkannya sebuah masalah.
Pemakaian algoritma tentu bergantung pada kemampuan dan pemikiran sang programmer yang berbuntut pada algoritma yang berbeda-beda setiap orangnya. Pengimplementasiannya tentu juga akan berbeda pada pemrograman. Namun, hal itu tidak terlalu dipermasalahkan karena hal tersebut juga terhitung sebagai style para programmer yang berbeda. Yang penting pada nantinya, hasil atau outputnya tetap sama