Bagaimana Air dapat menghantarkan listrik?

Air murni atau suling sama sekali tidak bisa menghantarkan listrik. Penyebab air dapat mengantarkan listrik karena kandungan mineral, kotoran, dan hal-hal lain yang akan menghantarkan listrik.

Setelah lebih dari 200 tahun diteliti, akhirnya suatu tim peneliti berhasil memecahkan misteri di balik alasan mengapa air adalah konduktor listrik yang sangat baik.

Dilansir Science Alert, tim peneliti yang dipimpin oleh Mark Johnson dari Yale University ini berhasil melihat secara langsung bagaimana molekul air menghantarkan proton, partikel subatomik yang memiliki muatan positif, menggunakan spektroskopi, proses yang membuat para peneliti bisa mengobservasi interaksi antara massa dan radiasi elektromagnetik.

“Proses dasar di kimia dan biologi ini telah lama mengelak dari penjelasan yang pasti,” kata Anne McCoy, peneliti dari University of Washington dan juga salah seorang anggota tim peneliti.

“Dan sekarang kita telah memiliki potongan yang hilang, yang dapat memberikan kita gambaran yang lebih luas tentang bagaimana proton ‘bergerak’ melalui air.”

Tak Semua Air adalah Konduktor yang Baik

Kendati para peneliti berhasil mendapatkan bukti langsung bahwa molekul air dapat menghantarkan proton yang bermuatan listrik positif, ternyata tak semua air dapat menghantarkan listrik.

Memang selama ini kita sering kali beranggapan bahwa setiap air yang ada merupakan konduktor yang baik. Tetapi air murni, yang jarang ditemukan di luar laboratorium, biasanya tak bisa menghantarkan listrik. Sebab, air murni tersebut kekurangan elektron bebas, partikel subatomik yang memiliki muatan negatif.

Namun begitu, kenyataan di alam bebas, kebanyakan air telah bercampur dengan sedimen dan mineral, yang membuat molekul air mengalami ionisasi lalu menjadikan air tersebut dapat menghantarkan arus listrik.

Sumber:
kumparan.com