© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana agar Opor Dan Rendang anti basi atau bisa bertahan lama ?

Opor ayam dan rendang adalah 2 hidangan utama yang wajib hadir di Lebaran. Keduanya juga termasuk hidangan yang bisa disetok mulai dari sekarang. Buat jauh-jauh hari sebelum lebaran lalu menjelang hari H, tinggal dipanaskan saja. Jadinya, pekerjaan Lebaran bisa sedikit berkurang.

Saya akan berikan tips agar opor tahan lama

Pilih kelapa tua dan masih segar
Saat masak opor, pastikan membeli kelapa parut segar dari satu buah kelapa tua. Kamu juga bisa membeli kelapa tua dan memarut sendiri di rumah. Peras santannya dengan air panas atau cukup hangat untuk santan kental untuk mengurangi potensi berkembangnya bakteri. Begitu juga jika ingin mengambil santan cair, tapi cukup dengan air matang saja.

Masak hingga benar-benar tanak/masak
Saat pertama kali masak, pastikan kamu membiarkan opor ayam matang benar, bukan hanya asal mendidih dan bumbunya sudah pas dan sedap. Tumis bumbunya hingga matang baru menuangkan bahan-bahan. Biarkan opor mendidih dan kuahnya agak berkurang kurang lebih 10 menit lamanya agar santan benar-benar matang sehingga tak mudah basi.

Hangatkan sebelum disantap
Opor ayam dengan bumbu santan memang lebih enak jika disajikan hangat, tapi bukan itu tujuan utamanya. Menghangatkan makanan bersantan sebelum disantap bisa mencegah mudahnya makanan jadi basi.

Jangan diaduk setelah dihangatkan
Jika sudah tak ada keluarga yang ingin makan opor lagi, saatnya menghangatkan makanan. Dan untuk opor ayam, setelah dihangatkan hingga tanak, jangan diaduk lagi. Kontak dengan benda asing atau udara dari luar setelah dihangatkan justru membuat opor basi.

Jangan menutup panci setelah dihangatkan
Jika biasanya kamu suka menutup panci saat menghangatkan sayur agar cepat mendidih. Jangan lakukan ini pada makanan bersantan. Biarkan opor mendingin sendiri dalam suhu ruangan. Menutup opor ayam dengan tutup panci saat kuah masih panas juga bisa membuat opor basi karena udara yang terjebak di dalam.

Simpan dalam kulkas
Jika opor akan ditinggal lama, setelah opor dihangatkan dan dibiarkan mendingin sendiri di suhu ruangan, tempatkan pada wadah plastik dan masukkan ke dalam kulkas yang paling dingin atau di dalam freezer.

Sumber: