Bagaimana agar kita terbiasa untuk selalu melakukan perencanaan jangka panjang?


(Muhammad Hafidz Novriantama) #1

Perencanaan jangka panjang adalah rencana yang di atur sedemikian rupa agar hasil dari rencana tersebut dapat di nikmati dalam waktu atau tempo yang lama, biasanya perencanaan jangka panjang mempunyai jangka waktu 10-25 tahun. Karena mempunyai jangka waktu yang panjang perencanaan jangka panjang bersifat umum, global, dan belum terperinci.

Terdapat 4 hal yang diperlukan untuk perencanaan jangka panjang, yaitu:

  1.   Menetapkan tujuan/serankaian tujuan. Perencanaan dimulai dengan keputusan-keputusan tentang keinginan atau kebutuhan perusahaan/organisasi. Tanpa ada rumusan tujuan yang jelas, organisasi akan menggunakan sumber dayanya secara tidak efektif.
    
  2.   Merumuskan keadaan saat ini. Pemahaman akan posisi perusahaan sekarang untuk pencapaian tujuan itu sangat penting, karena tujuan dan rencana menyangkut waktu yang akan datang. Rencana dapat dirumuskan untuk menggambarkan rencana kegiatan lebih lanjut, oleh karena itu hal ini memerlukan data yang akurat.
    
  3.   Mengidentifikasikan segala kemudahan dan hambatan. Dalam perencanaan kita tidak hanya memerlukan analisis SWOT tetapi juga memerlukan identifikasi kemudahan dan hambatan untuk mengukur kemampuan perusahaan/organisasi dalam mencapai tujuan/visi. Oleh karena itu perlu diketahui faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang dapat membantu perusahaan/ organisasi mencapai tujuannya, atau yang menimbulkan masalah.
    
  4.   Mengembangkan rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaian tujuan. Hal terakhir dalam proses perencanaan jangka panjang adalah pengembangan berbagai alternatif kegiatan untuk pencapaian tujuan/visi, pemilihan dan penilaian alternatif tersebut, alternatif terbaik di antara berbagai alternatif lainnya-lah yang akan kita ambil.
    

Alasan mengapa perencanaan jangka panjang itu penting adalah

  1. “protective benefits” yang dihasilkan dari pengurangan kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pembuatan keputusan
  2. “positive benefits” dalam bentuk meningkatnya peluang sukses dalam pencapaian tujuan.

Kompetensi soft skill apa saja yang dibutuhkan saat ini ?
(putri puspitasari) #2


" Rencana Jangka panjang Sebuah Usaha"


Jika seseorang ingin memulai sebuah bisnis atau sedang menjalankan bisnis, tentu akan terlintas dibenaknya beberapa pertanyaan seperti dibawah ini :

  - Apa tujuan kita dalam memulai bisnis?
  - Mau seperti apa usaha yang kita jalankan?
  - Apa yang akan kita lakukan 5 atau 10 tahun kedepan?

Tentu hal-hal tersebut sering telintas dalam benak orang-orang yang melakukan sebuah usaha. Ketika seseorang mulai atau menjalankan usahanya sudah sepatutnya memiliki rencana-rencana masa depan untuk usahanya. Apa lagi jika orang tersebut menjadi pimpinan sebuah perusahaan, tentunya harus memikirkan mau di bawa kemana usaha tersebut. Sudah sepatutnya jika sebuah pimpinan berada satu tingkat atau bahkan lebih dari pegawai bahkan pesaing usahanya, agar usaha yang dia bangun dapat terus bertahan ditengah persaingan yang semakin ketat.

Rencana jangka panjang sangat diperlukan karena akan menjadi penentu apakah usaha yang anda bangun akan mencapai kesuksesan atau tidak. Jadi, mulai saat ini rencanakan hal-hal apa yang akan anda lakukan untuk masa depan perusahaan anda. Jika anda sudah mengetahui apa yang akan anda capai, tentunya anda memiliki rencana masa depan.

Dengan perencanaan jangka panjang anda sudah dapat memperkirakan apa yang anda lakukan 5 tahun bahkan 10 tahun kedepan. Segalanya harus jelas, mulai dari tujuan dan antisipasi masalah-masalah yang kira-kira akan ada dan menghadang usaha anda. Mulailah mencoba hal-hal yang anda sukai, dan aplikasikan pada usaha yang sedang anda bangun. Jika anda memulai merancang perencanaan jangka panjang, jangan lupa anda harus memastikan bahwa rencana anda SMART :

  1. Specific
  2. Measurable
  3. Action-oriented
  4. Realistic with Timelines (SMART)

Tujuan yang ingin anda capai harus memiliki setidaknya lebih dari satu rencana. Rencana yang anda lakukan harus spesifik apa lagi hal ini mengangkut jangka panjang usaha anda. Harus terukur, dimana anda memastikan waktu, rancangan, batasan, dengan baik. Sehingga rencana anda tidak melebihi rencana awal. Usaha anda juga harus berorientasi pada aksi-aksi yang dilakukan dan yang penting rencana anda akan masa depan harus realistis.

Semua rancangan yang anda bangun tersebut nantinya akan memudahkan anda dalam menentukan sikap. Selain itu, jika anda memiliki rancangan masa depan yang matang, anda akan mengerti langkah apa selanjutnya yang akan anda tempuh. Disisi lain pada kolega anda, jika anda sudah mempunyai rancangan masa depan tentu kolega bisnis anda akan memiliki gambaran terhadap usaha yang sedang anda bangun dan memiliki gambaran apa yang akan kolega anda berikan kepada usaha yang sedang anda bangun. Jadi, tidak menutup kemungkinan jika anda memiliki rancangan masa depan, kolega anda akan menanamkan investasi pada perusahaan.

Ada juga hal ini berpengaruh kepada bawahan anda. Jika seorang pemimpin memiliki rancangan masa depan, otomatis bawahan anda akan memiliki gambaran bagaimana perusahaan ini 5 atau 10 tahun kedepan. Maka segalanya akan menjadi mudah jika anda sudah memiliki rencana jangka panjang yang matang.


Sumber : https://www.topresume.com/career-advice/defining-job-goals


(Moch Dian Fahmi) #3

Perencanaan jangka panjang sangat penting untuk diperhatikan, pada jaman sekarang banyak yang mencoba menjadi entrepreneur, contohnya diMalang sudah ada beberapa startup, pengusaha makanan, pengusaha cuci sepatu dan lain – lain. Tidak hanya sekedar ingin membuka usaha, tentunya harus ada planning baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Planning jangka panjang menjadi penting karena menjadi seorang pengusaha harus memikirkan bagaimana usahanya akan bertahan dan berkembang. Berkembang yang dimaksud disini yaitu merespon perkembangan yang berubah – ubah secara cepat apalagi yang berhubungan dengan teknologi. Dengan adanya planning jangka panjang ini menjadi sebuah kerangka kerja ketika ada perubahan atau perkembangan dimasa mendatang.

Ada beberapa hal yang patut diperhatikan untuk membuat sebuah planning jangka panjang, langkah – langkah mudah yang dapat membantu pengusaha dalam menyusun planning jangka panjang. Berikut beberapa langkah – langkahnya.

  • Yang pertama adalah mengumpulkan dan menganalisa informasi,
    Dalam menyusun rencana jangka panjang akan menggabungkan data baik kualitatif dan kuantitatif. Mulailah dengan mengumpulkan informasi seperti rencana bisnis, misi dan visi, anggaran tahunan dan proyeksi penjualan, pasar dan data riset konsumen. Menganalisis informasi yang anda kumpulkan untuk memastikan semua orang yang terlibat dalam proses perencanaan sepenuhnya memahami posisi saat bisnis dan tujuan bisnis jangka panjang. Sebuah kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman analisis, misalnya, dapat membantu Anda menilai mana bisnis saat ini berdiri dan mengevaluasi lingkungan operasi Anda. Data riset konsumen dapat membantu Anda mengidentifikasi target pasar dan lebih memahami perilaku pembelian. riset pasar dapat membantu Anda lebih memahami persaingan usaha.

  • Yang kedua adalah Mengidentifikasi Long-Range Perencanaan Pilihan,
    Mengidentifikasi opsi perencanaan jangka panjang yang sesuai dengan tujuan bisnis jangka panjang dan membantu bisnis memanfaatkan kekuatan, meminimalkan risiko dan menciptakan keunggulan kompetitif. Untuk mengidentifikasi biasanya memerlukan pemikiran yang cermat dan beberapa sesi brainstorming. Potensi Pilihan perencanaan jangka panjang dapat mencakup fokus pada penyediaan produk mutakhir, kampanye pemasaran gaya hidup berorientasi dan strategi harga laba-driven.

  • Yang ketiga adalah mempersempit daftar pilihan,
    Pada saat sesi brainstorming pasti akan muncul banyak pilihan dan arah di mana bisnis anda dapat berkembang. Ini adalah waktu untuk memprioritaskan pilihan perencanaan dan mempersempit daftar untuk membuat gol dikelola dan dapat dicapai. Sangat penting untuk diingat bahwa tujuan jangka panjang tetap konstan, seiring waktu dan kondisi bisnis berubah, mungkin perlu untuk mengubah langkah-langkah bisnis anda untuk mencapai tujuan tersebut. Jangan pernah membuang opsi yang ada untuk saat ini, atau mungkin tidak bekerja, karena anda tidak tahu apa masa depan akan berguna. Buat daftar tujuan jangka panjang dan tiga hingga empat pilihan untuk mencapai setiap tujuan.

  • Yang keempat buat rencana aksi,
    Setelah dibuat semua daftar rencana jangka panjang dan mengetahui tujuan akhir setiap rencaana tersebut, langkah selanjutnya buat milestone untuk setiap rencana yang sudah ada didaftar, untuk mengukur apakah rencana yang kita buat sesuai dengan tujuan akhir yang diinginkan, jika ada sesuatu yang salah atau kurang pada hasil akhir, maka harus ada modifikasi atau perubahan terhadap rencana yang sudah dibuat. Untuk mencapai tujuan besar yang diingikan.

Rencana jangka panjang jangan dianggap sebelah mata, rencana ini harus dipikirkan terlebih dahulu sebelum memulai suatu usaha agar kedepannya dapat membantu dan mengarahkan pengusaha jika ada perubahan atas permintaan dan perkembangan jaman yang pesat pada saat ini. Perencanaan yang baik juga akan memudahkan untuk setiap pengusaha bisa berkembang dan tidak panik dalam menghadapi sebuah masalah. Jadi pikiran rencana jangka panjang anda untuk menjadi sebuah acuan yang akan kita capai nantinya.

Artikel ini ditulis dengan sumber: http://smallbusiness.chron.com/prepare-longrange-plan-74145.html


(Achmad Isa Anshori) #4

Long-term career planning, salah satu soft skill yang wajib dikuasai dan dikembangkan untuk bisa berkesempatan dalam mendapatkan promosi. Berikut ada 5 cara untuk membantu anda dalam perencanaan jangka panjang:

  1. Mengetahui kemampuan, motivasi, serta hal-hal yang menginspirasimu. Berpikirlah tentang apa yang benar-benar anda sukai. Ketika anda melakukan hal tersebut maka sama saja dengan melakukan sebuah hobi.

  2. Tanya mengapa. Ketika anda sudah menulis 5-7 list hal-hal tsb, tanyalah pada diri anda mengapa anda menyukai dan terinspirasi oleh hal-hal tersebut. Apakah terlibat didalam pekerjaan anda? Apakah hal-hal tersebut memberikan kesempatan anda untuk menikmati waktu dengan orang-orang yang mendukung anda?

  3. Carilah pekerjaan / bekerjalah yang selaras dengan apa yang kalian sukai. Sebagai contoh ketika anda sangat menyukai project yang menuntut anda untuk memecahkan masalah dengan solusi yang kreatif, anda bisa menjadi seorang entrepreneurial atau programmer computer atau apps.

  4. Mulai berpikir tentang jangka pendek, target ke depan dan perubahan-perubahan. Mulailah membuat tujuan yang konkrit, terukur, dan realistis dan share-lah kepada rekan kerja anda yang anda percayai akan membantu anda tetap pada jalur.

  5. Bekerjalah dengan seorang recruiter. Mitra anda akan membantu menemukan pekerjaan yang cocok kepada anda sehingga anda memiliki segala yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan yang terbaik.

SUMBER


(Simson Hasian Pangaribuan) #5

Tujuan seperti peta jalan, menghubungkan Anda dari satu titik ke titik lain. Tujuan menyediakan arah yang Anda butuhkan. Untuk mencapai tujuan Anda, motivasi adalah cara untuk mempertahankan Anda tetap di jalan tersebut. Cara terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal adalah dengan menciptakan tujuan jangka panjang yang membantu Anda merencanakan masa depan.

Langkah pertama dalam membuat rencana tujuan jangka panjang adalah dengan mulai memikirkan masa depan Anda. Ketika Anda berpikir tentang masa depan, apa yang Anda pikir itu akan membuat Anda bahagia dan ingin untuk segera melakukannya. Kuncinya adalah temukan motivasi untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Langkah kedua untuk membuat rencana jangka panjang adalah mencoba untuk memvisualisasikan keinginan anda 3-5 tahun ke depan. Apa yang Anda ingin lakukan? Di mana Anda ingin hidup? Apa jenis liburan yang ingin Anda ambil? Rumah yang bagaimana yang Anda inginkan? Jenis mobil yang Anda ingin pakai? Apa warna mobil itu? Sebisa mungkin pikirkan secara spesifik impian dan harapan anda. Jika impian Anda spesifik, tujuan Anda akan spesifik. Cobalah Anda bertanya pada diri sendiri afirmasi positif apa yang akan Anda lakukan dan hal-hal negatif apa yang dapat menyertai perencanaan tujuan Anda tersebut. Memprioritaskan tujuan Anda. Apa tujuan yang paling penting bagi Anda dan apa hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk mulai bekerja menuju tujuan itu. Setelah Anda punya jawaban untuk pertanyaan itu, maka Anda harus menguraikan langkah-langkah utama yang dibutuhkan untuk tiba di tujuan masa depan.

Setelah Anda memiliki gambaran besar, mulai memecahnya secara garis besar secara realistis, tujuan jangka pendek. Tujuan jangka pendek harus berkisar dari tujuan harian, tujuan satu tahun, tujuan jangka menengah harus berkisar dari 2-3 tahun, dan tujuan jangka panjang hingga 5 tahun. Anda harus membuat daftar anda dengan sangat spesifik dan realistis. Anda ingin sukses dalam mencapai tujuan Anda, tetapi pada saat yang sama, tujuan tersebut harus menantang Anda.

Kita biasanya memiliki tujuan jangka panjang umum, disertai dengan strategi yang samar-samar untuk mencapainya. Lalu menulis rencana strategis untuk tahun mendatang yang mungkin tampak seperti membosankan dan abstrak ketika Anda terjebak dalam persidangan sehari-hari dan kesengsaraan menjalankan bisnis Anda.

Tetapi memiliki visi praktis dan jelas dari lintasan jangka panjang perusahaan Anda adalah penting untuk memastikan keberhasilannya. Beri diri Anda waktu untuk berpikir dan menulis rencana strategis sederhana.

Berikut ini adalah langkah-langkah agar terbiasa menciptakan rencana jangka panjang menurut Georgia Travers:

Di mana kita sekarang. Menulis sebuah paragraf singkat yang menjelaskan status dari bisnis Anda. Sebagai contoh, berikut adalah uraian mengenai Ice Cream Mama, sebuah startup yang menjanjikan di Muscat, Oman. Mereka telah membuka lima cabang menguntungkan. Mereka dikenal dengan rasa kreatif dan penekanan pada kebanggaan nasional Oman. Dalam kasus ini, mereka fokus pada indikator umum (total pendapatan, laba bersih, jumlah produk, staf, dan pelanggan dilayani) serta indikator media baru (website hits, keterlibatan Instagram / Twitter / Facebook).

Dimana kita berada di satu tahun. Tulis paragraf kedua mengkonsolidasikan tujuan prioritas Anda. Sespesifik mungkin. Contohnya: Ice Cream Mama ingin 1) mencapai popularitas pengenalan merk / penjualan antara ekspatriat serta pelanggan lokal dan 2) menjadi ancaman kompetitif untuk waralaba global seperti Tropical dan Baskin Robbins. 3) Staf, cabang & jasa diperluas. 4) Twitter, Facebook, dan Instagram diperbarui secara teratur. 5) Tiga rasa baru diperkenalkan.

Solusi Brainstorm untuk setiap masalah. Jika Anda seperti kebanyakan dari kita, tujuan Anda mungkin cukup luas: peluncuran X produk yang sukses, memperluas layanan W, menjangkau pelanggan Y, bersaing dengan alternatif Z. Setelah Anda menggambarkan mereka, lalu menentukan 3-5 langkah-langkah spesifik yang dapat Anda ambil untuk langsung maju. Apakah Anda perlu menyewa seorang staf khusus untuk bertanggung jawab mengelola dan mengintegrasikan platform media sosial bagi merk Anda? Apakah Anda perlu memperbarui kemasan atau dekorasi toko untuk lebih efektif dan menarik bagi target pasar Anda? Apa produk atau jasa baru yang Anda buat dapat melebihi pesaing? Untuk memfasilitasi proses ini, pertimbangkan pemasaran & harga, produk, promosi dan tempat.

Membuat garis waktu. Apakah anda membuatnya di Excel, Word atau tergantung di dinding Anda, menyiapkan kalender visual untuk 12 bulan ke depan. Isi dengan liburan internasional dan lokal / ibadah dan tanggal penting untuk bisnis Anda. Dari kerangka ini, kembangkan dan gabungkan tanggal target untuk menyelesaikan kedua tujuan keseluruhan dan langkah-langkah khusus yang diperlukan untuk mencapainya.

Prioritas, delegasi, eksekusi. Apakah Anda mengelola 20 karyawan atau dua, menentukan titik awal, mendelegasikan tugas, dan mulai menerapkan strategi Anda.


(Jebi Hayi Tamami) #7

6 Cara untuk Meningkatkan Perencanaan Jangka Panjang Anda

menurut situs river logic

perencanaan jangka panjang merupakan proses menentukan strategi terbaik untuk bergerak maju untuk tujuan strategis dan mencapai keberhasilan dalam pasar. Dialam hal ini berguna untuk efisiensi yang optimal, sebuah perusahaan yang menerapkan perencanaan jangka panjang akan merencanakan aset yang dialokasikan lebih efisien, dan melakukan investasi yang ideal pada sisi keuangan, personil, dan sumber daya lain untuk kelangsungan perusahaan jangka panjang. Untuk melakukanya berikut 6 tips yang dapat dilakukan:

  • Berfikir Menyeluruh
    Mengambil pendekatan menyeluruh dalam strategi. Menurut penelitian oleh Ventana Research, perusahaan-perusahaan yang melaporkan integrasi tingkat tinggi antara strategi tingkat tinggi dan strategi proyek individu mereka juga melaporkan kepuasan tertinggi berdasarkan proses mereka, meningkatkan efisiensi, dan mendapatkan hasil yang terbaik. Pada saat perusahaan mengembangkan strategi tingkat tinggi untuk sukses, proyek-proyek individu yang menangani semuanya perlu bersatu, bukannya menghasilkan hasil yang kontradiktif dan tidak efisien. melakukan pemikiran yang menyelurh=uh menyusun strategi sehingga mau tidak mau akan membantu Anda mengoptimalkan perencanaan jangka panjang

  • Memanfaatkan software dengan baik
    Menggunakan software yang lebih baik untuk mengolah kompleksitas bisnis pada era modern saat ini. bisnis modern beroperasi berdasarkan tingkat kompleksitas. Pada saat ini perangkat lunak yang digunakan untuk membuat keputusan perencanaan jangka panjang tetap sama. Sehingga jika anda melakukan pengoptimalan perencanaan jangka panjang, pastikan memiliki perangkat yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan itu.

  • Mengintegrasikan
    Mengintegrasikan perencanaan jangka panjang dengan proses budgeting. Tetapi tidak sedikit juga perusahaan yang tidak melakukanya, dengan mengambil langkah ini sangat penting untuk mendapatkan hasil maksimal dari proses perencanaan jangka panjang Anda.

  • Mengetahui poin perbaikan anda
    Memahami poin perbaikan utama dari bisnis Anda. Apapun jenis bisnisnya, pasti akan ada periode dimana yang dapat menghancurkan strategi yang sedang berlangsung. Pada periode ini sangat penting untuk menjaga perencanaan jangka panjang anda tetap reaktif dan relevan sebagai ‘kondisi di lapangan’ yang terus berkembang.

  • Berfikirlah berdasarkan "presisi ilmiah"
    Anda harus berpikir berdasarkan data yang tepat. Perencanaan jangka panjang tanpa pengumpulan data yang tepat dan tindakan berdasarkan fakta-fakta hanya merupakan dugaan bukanlah perencanaan. Pastikan anda mengumpulkan data yang relevan, dan mengambil tindakan sesuai dengan data yang lebih presisi sehingga data yang diperoleh berdasarkan fakta. Sehingga mendapatkan hasil yang lebih optimal.

  • Optimalkan end-to-end bisnis Anda
    Optimalkan dalam semua aspek bisnis; strategis, taktis, dan operasional. perencanaan bisnis jangka panjang bukanlah konsep yang semata-mata diterapkan pada tingkat tertinggi dari strategi bisnis Anda. Tidak ada hal yang terlalu spele untuk dimasukkan dalam perencanaan jangka panjang Anda, asalkan anda memiliki data dan alat perencanaan yang diperlukan.
    .