Bagaimana Agar Kita dapat Mengarahkan Diri Sendiri?

mengarahkan diri sendiri

Self direction adalah menentukan arah,tujuan dan keputusan untuk mendapatkan suatu keputusan diri yang terbaik bagi dirinya.Self direction sendiri merupakan keinginan suatu individu untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya tidak peduli seberapa bagus diri sendiri sebelumnya.Kecakapan pengarahan diri mendorong individu untuk senantiasa dinamis dengan mengembangkan tujuan hidupnya secara jelas dan berupaya untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

Mengarahan diri atau self direction sendiri bukan berarti kita menolak semua nilai yang didapatkan pada masa pertumbuhan,melainkan untuk melihat,menilai,lalu menentukan sendiri apa yang terbaik.Hal-hal yang perlu dipersiapkan dan dilakukan untuk mencapai self direction ialah :

  1. Percaya pada diri.
  2. Berani mengambil keputusan.
  3. Harus yakin dengan keputusan yang telah diambil
  4. Yakin bahwa keputusan yang telah diambil merupakan keputusan yang terbaik dan sudah
    dipertimbangkan secara matang.
  5. Bertanggung jawab

Self direction sangatlah penting,karena self direction merupakan penentu arah masa depan seseorang.Self direction merupakan dorongan diri untuk memilih dan memiliki keyakinan unggul dalam karir yang dipilih.Jika kita memiliki keyakinan kuat dalam diri untuk memilih karir yang sesuai dengan keyakinan diri maka hal-hal yang kita inginkan akan tercapai.Dengan tercapainya hal-hal tersebut kita akan menjadi seorang pribadi yang memiliki mental yang kuat dan mimiliki jiwa kepemimpinan yang baik pula.

[details=Referensi :]* http://tutorialkuliah.blogspot.co.id/2010/04/makna-pengarahan-diri.html

1 Like

Setelah membaca artikel yang berjudul Self-directed Learning as a Mindset an Skill Set saya dapat menyimpulkan bahwa Self direction ialah suatu personal skill dimana kita harus menentukan arah tujuan serta memutuskan hal yang terbaik untuk diri sendiri.

Self direction merupakan hal yang sangat penting karena meskipun masuk ke dalam jenis keterampilan, tetapi akan sangat mempengaruhi pola pikir kita sendiri. Orang yang tidak mempunyai self direction mungkin tidak akan bertindak sebelum diberi arahan atau instruksi. Sedangkan seseorang yang mempunyai self direction tidak merasa terlalu bergantung dalam banyak konteks bahkan mampu berkembang di lingkungan yang tidak ada arahan atau tujuan yang jelas sekalipun.

Seseorang yang menumbuhkan pola pikir self direction akan sangat terlihatdari setiap kegiatan yang mereka lakukan, ciri – ciri mereka yaitu :

  • Mereka tidak hanya belajar sesuai dengan apa yang mereka butuhkan atau kurikulum berikan, tetapi meraka akan memiliki kapasitas yang berbeda untuk belajar dengan menganalisis metode yang berbeda serta suka untuk mencari lebih pengetahuan dan keterampilan yang baru.

  • Dengan cara belajar mereka yang seperti semakin mendekatkan mereka kea rah tujuan awal yang sudah mereka tentukan, atau bisa juga disebut cita – cita.

  • Dengan pemahaman mereka yang selalu berkembang, mereka akan banyak menemukan kekuatan dan nilai metode, teknik, dan peran penting dari karakter tertentu dalam proses pembelajaran seperti ketekunan, kesabaran, kewaspadaan, akal, dan keberanian.

  • Tujuan mereka akan selalu berganti menjadi lebih baik lagi, dan akan semakin menarik dan menantang.

  • Mereka mungkin akan menjadi sedikit frustasi dengan lingkungan yang cara kerja nya tidak akan selalu sama dengan mereka, dan tidak terlalu membantu seorang self direction untuk mencapai tujuannya atau bahkan mungkin bisa membuat tujuan menjadi semakin jauh.

  • Tetapi juga, seorang self direction akan belajar dari lingkungan biarpun itu lingkungan yang salah dan tidak membuat berkembang sekalipun. Mereka percaya itu akan membantu mereka dalam mencapai tujuan dan mereka belajara cara baru untuk belajar.

  • Mereka tidak serakah terhadap hal – hal materil seperti penghargaan, jabatan, atau uang. Walaupun itu akan menjadi berbeda bagi seseorang yang menetapkan tujuannya adalah uang. Namun, tidak sedikit yang beranggapan bahwa belajar lebih banyak hal adalah tujuan dari hidup mereka sendiri.

2 Likes

Cara agar dapat menentukan arah sendiri menurut Jeff Cobb

Self Direction adalah kemampuan untuk mandiri dimana seseorang harus dapat menentukan tujuan dan mengambil keputusan untuk dirinya sendiri. Berikut adalah cara agar kita dapat mengarahkan diri sendiri :

  1. Inisiatif
    Jika kita menjadi orang yang mandiri kita tidak akan menunggu orang lain untuk mengerjakan sessuatu ataupun mengambil keputusan, kita harus memiliki inisiatif untuk melakukannya.

  2. Nyaman dengan kemandirian
    Mandiri tidak selalu bertindak secara independen, akan tetapi semakan sering melakukan suatu hal sendiri kita akan merasa nyaman dengan kemandirian dan terbiasa dengan hal itu.

  3. Gigih
    Seseorang yang ingin mandiri harus gigih, sabar akan belajar sesuatu hal, dan membutuhkan latihan yang terus menerus untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

  4. Bertanggung jawab
    Karena seseorang yang mandiri melakukannya sendiri maka dia harus bertanggung jawab atas apa yang dia kerjakan dan dilakukan dengan baik.

  5. Melihat masalah sebagai tantangan, bukan hambatan
    Masalah akan membuat kita belajar akan sesuatu hal yang baru , dan sebaiknya kita tidak hanya melihat dari satu sisi melainkan dari banyak sisi agar kita dapat memberikan keputusan yang baik untuk diri sendiri.

  6. Disiplin
    Untuk belajar mandiri kita juga harus belajar menjadi sesorang yang disipilin, agar dapat mengarahkan diri sendiri ke arah yang baik.

  7. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi
    Orang mandiri yang sukses cenderung untuk bertanya dan ingin tahu.

  8. Memiliki keinginan yang kuat untuk belajar/berubah
    Keberhasilan belajar mandiri termotivasi secara intrinsik. Dia memiliki kemauan untuk belajar dan melihat belajar sebagai jalur positif ke depan.

  9. Percaya Diri
    Sukses peserta didik mandiri memiliki rasa yang kuat dari “self-efficacy” - keyakinan bahwa seseorang mampu melakukan dengan cara tertentu untuk mencapai tujuan tertentu

  10. Mengatur waktu
    Seorang yang mandiri tahu bagaimana menemukan dan mengelola waktu secara efektif yang memunkinkan.

“Belajar mandiri adalah dengan bertahan hidup. Bertahan hidup sebagai individu, dan juga bertahan hidup dari umat manusia. Mandiri adalah kompetensi dasar manusia, kemampuan untuk belajar sendiri, yang suatu saat akan menjadi prasayat hidup di dunia baru”. - Malcom Knowles, 1975

referensi : http://www.missiontolearn.com/self-directed-learning-success/

2 Likes

Studi menunjukkan bahwa 95% dari orang tidak pernah menetapkan tujuan yang jelas untuk mencapai impian mereka dengan melakukan kepada mereka dan menuliskannya. Kenyataannya adalah bahwa belajar keterampilan baru sulit dan membutuhkan banyak fokus dan tekad untuk berhasil, terutama ketika kita melakukannya pada diri kita sendiri. Tanpa mendefinisikan apa yang ingin kita capai, proses atau rencana kita akan mencapainya dan tujuan yang lebih dalam mengapa kita menginginkannya, kemungkinan kegagalan akan sangat tinggi.

Dalam panduan instruksional ini, akan ditunjukkan proses menciptakan rencana pembelajaran mandiri atau self directioning :

  1. Mulailah dengan mengapa Anda benar-benar ingin belajar keterampilan baru.
    Ini berarti kita harus secara intrinsik termotivasi, yang berarti memiliki motivasi diri dari perasaan internal diri kita sendiri, penguasaan dan tujuan. Ketika kita menentukan tujuan untuk belajar dan bagaimana mencapai tujuan maka akan membuat kita merasa emosional, dan menjadi lebih mudah untuk tetap termotivasi untuk jangka waktu yang panjang.

  2. Tetapkan tujuan yang jelas tentang apa yang Anda berencana untuk belajar.
    Terapkan konsep SMART yaitu :
    Specific : Langkah pertama untuk mendapatkan hal yang benar-benar spesifik tentang apa yang ingin kita capai. Menuliskan satu kalimat yang mengidentifikasi apa yang kita lakukan pada diri kita untuk belajar.
    Measurable : kita perlu memastikan bahwa kita dapat dengan mudah mengukur tujuan kita. Yang baik untuk memulai adalah melakukan beberapa kali setiap minggu untuk mengejar tujuan kita tanpa gangguan.
    Achievable : kita harus realistis. Jika kita telah berjuang di masa lalu dengan pembelajaran online, kita perlu mengatur kebiasaan awal dan kemudian bekerja dengan cara kita dengan lebih banyak waktu dan usaha agar kepercayaan kita membaik.
    Relevant : kita perlu untuk membuatnya relevan dengan kehidupan kita, ini adalah dimana kita ingin berkomitmen untuk tujuan karena kita telah berpikir secara mendalam bagaimana hal itu akan berdampak dan meningkatkan kehidupan dan kesejahteraan kita.
    Timely : kita perlu mengatur waktu sehingga memiliki milestone untuk merayakan ketika kita sudah mencapai tujuan. Lebih baik menetapkan tujuan jangka pendek untuk belajar yang dapat dicapai dalam waktu kurang dari 30 hari.

  3. Atur struktur waktu dan jadwal sesi belajar Anda.
    Kita dapat menggunakan alat seperti Google Calendar, MyStudyLife, atau bahkan alat manajemen proyek yang lebih maju seperti Asana atau Trello. Kita harus menyisihkan waktu dimana dapat menghabiskan waktu belajar tanpa interupsi. Idealnya, sisihkan 2-3 jam pada suatu waktu dan mengambil istirahat pendek setiap setengah jam ataubeberapa jam. Kita juga harus mengatur pengingat untuk meninjau catatan kita dan menghafal informasi kunci kita akan butuhkan nanti.

  4. Cari mitra belajar atau memulai sebuah kelompok studi online.
    Kunci untuk membangun kebiasaan belajar mandiri adalah untuk membuat diri kita bertanggung jawab. Jadi itu sebabnya dibutuhkan komitmen untuk belajar keterampilan baru dengan teman dekat, kolega atau anggota keluarga. Jika kita tidak memiliki seseorang untuk menemani belajar, bergabung dengan kursus online yang populer atau komunitas belajar berbasis keanggotaan dengan siswa lain yang berkomitmen untuk belajar. Kita juga dapat memulai Group Facebook sendiri atau Google Hangout sehingga dapat berbagi tentang apa yang kita belajar dan saling membantu.

1 Like

Menurut Knowles (dalam Zulharman, 2008), Self Direction didefinisikan sebagai sesuatu proses di mana seseorang memiliki inisiatif, dengan atau tanpa bantuan orang lain, untuk menganalisis kebutuhan belajarnya sendiri, merumuskan tujuan belajarnya sendiri, mengidentifikasi sumber–sumber belajar, memilih dan melaksanakan strategi belajar yang sesuai serta mengevaluasi hasil belajarnya sendiri. Sebuah artikel tentang Self Direction mengatakan bahwa, terdapat 5 elemen pendekatan diri yang berkelanjutan.

  1. Beyond ‘self’ - Building my tribe
    Kita membutuhkan orang lain yang memegang visi hidup kita dan mendukung kita mencapai ke dalam jangka panjang. Jika kita hanya mengandalkan jasa maka kita lebih rentan. Bekerjalah dengan orang-orang untuk membangun jaringan yang kuat dan untuk berpartisipasi penuh dalam komunitas.

  2. Living my potential
    Self direction adalah arah untuk mencapai tujuan. Bekerja dengan orang-orang untuk berpikir tentang kehidupan mereka dan apa yang mereka inginkan untuk diri mereka sendiri. Lihat potensi diri yang ada, dan hidup dalam potenasi tersebut membantu memotivasi diri.

  3. Unleashing possibility
    Pada awal reformasi besar seperti National Disability Insurance Scheme kita perlu contoh nyata dari kemungkinan yang akan terjadi. Kemungkinan selalu terjadi baik yang telah kita pikirkan maupun tidak.

  4. My mindset
    Pencipta solusi kita sendiri, apa keterampilan dan pengetahuan baru yang diperlukan? Membangun keterampilan dan pengetahuan. Tetapkan pola pikir self-direction yang akan membantu kita menjadi lebih mandiri.

  5. Finding allies
    Self-direction sangat berkelanjutan ketika kita terhubung dengan orang lain yang bisa bersama kita dalam cara yang sangat praktis.

1 Like

Belajar untuk mengarahkan diri sendiri bisa memberikan sebuah tantangan, bahkan untuk orang yang memiliki kemampuan lebih. Memotivasi diri sendiri adalah hal yang sangat sulit dilakukan karena tidak semua yang kita hadapai mungkin menarik untuk dilaukan. Menurut universitas Waterloo ada 4 tahapan yang untuk mengarahkan diri sendiri,

- Being ready to learn

Langkah ini menganalisis bagaimana keadaan kita saat ini,kebiasaan kita, keadaan keluarga, dan lingkungan baik rumah dan diluar. Tanda untuk siap belajar mandiri dapat dilihat dari , cara bersosialisasi, disiplin, berkomunikasi dengan baik, dan menerima feedback dari orang lain.

- Setting Learning goals

Menentukan tujuan adalah salah hatu hal penting dalam mengarahkan diri sendiri. Dengan menentukan tujuan kita bisa tau kemana kita akan mengarahkan diri sendiri. Dalam menjalankannya dapat dibantu dengan membuat jadwal untuk mengerjakannya,sumber daya yang dibutuhkan, dan disiplin.

- Engaging in the learning process

Anda juga harus memahami apa yang anda sedang kerjakan saat ini, dengan itu kita bisa mengetahui apa yang kurang dan sudah terpenuhi pada saat pengerjaan. Untuk lebih memahami lagi mungkin bisa dengan mengingat kembali apa tujuan yang ingin kita capai.

- Evaluating learning

Anda harus melakukan evaluasi tentang proses yang sudah anda lakukan, mungkin dapat melakukan konsultasi pada orang lain. Anda harus mencari hal-hal yang dapat memotivasi diri anda yang mungkin akan membantu untuk kedepannya

Sumber : uwaterloo

1 Like

9 Tips for Effective Self-Directed Learning

oleh Matthew Manning dari blog.uncollege

Kita semua pasti memiliki banyak keinginan untuk melakukan sesuatu seperti membaca, mempelajari bahasa asing, atau mungkin belajar bermain musik, tetapi pada akhirnya tak satupun yang kita lakukan. Itu bukan dikarenakan anda kurang motivasi atau kurang berusaha keras. Kita harus menyadari bahwa motivasi itu mempunyai batas dan tidak bisa dipaksakan. Oleh karena itu berikut ini ada beberapa tips untuk mengefektifkan hal tersebut:

1. Fokus
Dalam mencapai sesuatu kita harus fokus, sebisa mungkin hindari untuk melakukan sesuatu secara bersamaan sehingga hasil yang dicapai lebih maksimal.

2. Tentukan Target
Anda harus menentukan target apa yang ingin anda capai terlebih dahulu.

3. Mulailah Secara Perlahan
Anda tidak bisa mencapai sesuatu secara instan. Untuk itu mulailah secara perlahan dan buatlah target “mini” yang harus anda capai dalam tempo yang singkat untuk mencapai target utama anda.

4. Tetap Berada dalam Sistem
Anda harus komitmen terhadap sistem yang sudah anda tentukan untuk mencapai target yang telah anda tentukan.

5. Tes Taktik yang Telah Anda Buat
Taktik yang anda buat untuk mencapai target yang telah anda tentukan untuk mengetahui kendala apa saja yang anda temui dalam mencapai target. Sehingga ketika anda mengalami jalan buntu anda masih mempunyai taktik cadangan.

6. Paksa Diri Anda
Jika anda memiliki motivasi yang lemah, anda bisa melakukan hukuman terhadap diri anda sendiri jika molor dari target yang telah ditentukan. Hukuman bisa berupa tidak boleh menonton acara kesukaan anda atau mungkin tidak boleh makan makanan kesukaan anda selama seminggu.

7. Bicarakanlah Hal-Hal yang Anda Lakukan, Bukan yang Akan Anda Lakukan
Ketika orang lain bertanya apa kegiatan anda belakangan ini jawablah dengan kegiatan yang sedang sibuk anda jalani, karena hal tersebut membuat anda lebih percaya diri dan yakin dalam menuntaskan target tersebut.

8.Mintalah Bantuan kepada Orang Lain
Mengarahkan diri sendiri tidak bisa dilakukan secara mandiri, anda harus meminta bantuan orang lain untuk membantu dan mengingatkan anda akan target yang telah anda tentukan.

9. Hitunglah Hasil yang Telah Dicapai
Setelah semua kerja keras anda, hitunglah sudah sejauh mana kemajuan yang anda lakukan.

1 Like