Bagaimana Agar Kehidupan Ini Seimbang?

Kehidupan ini seimbang, Tuan. Barangsiapa hanya memandang pada keceriannya saja, dia orang gila. Barangsiapa memandang pada penderitaannya saja, dia sakit

seimbang

Memang kehidupan ini sangatlah seimbang, ada sedih ada bahagia. Ketika kita hanya memandang pada satu sisi dari hidup ini, akan membuat kita diri kita ‘sakit’.

Saat memahami bermacam peristiwa dalam hidup sebagai hal yang lumrah, akan membuat hidup kita bersinergi. Hidup yang seimbang pun juga akan sangat indah dan bermakna.

Referensi

https://www.kutipkata.com/kata-kata-inspirasi-hidup/

Hidup yang seimbang adalah bagaimana kita mampu menyeimbangkan setiap aspek dalam kehidupan yang dijalani. Hidup harus seimbang antara sedih dan bahagia. Hidup dikatakan seimbang jika memperoleh kebahagiaan maksimal atas setiap aspek kehidupan. Biasanya seseorang mengukur tingkat kebahagiaan berdasarkan tingkat materi, padahal indikator kebahagiaan yang sebenarnya tidak hanya dipengaruhi oleh harta, masih ada faktor lainnya yang mempengaruhi kebahagiaan seperti keluarga yang bahagia, ibadah yang sempurna, ilmu yang tinggi, hubungan sosial yang baik, dan masih banyak indikator kebahagiaan lainnya. Bagaimanapun, kita tidak perlu mencari kebahagiaan karena Allah telah memberikan kepada manusia kebahagiaan dan kesulitan yang sama. Tapi yang perlu kita cari adalah bagaimana agar kita bisa hidup seimbang, sehingga resiko stress dan depresi bisa berkurang. Selain itu kita akan memperoleh standar hidup yang lebih baik. Bukan sekedar standar hidup yang diukur oleh materi, tapi standar hidup yang diukur oleh indikator keseimbangan yang sebenarnya.